logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

5 Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Pemilik Bisnis Kecil Untuk Mencapai Sukses

 > Tips  > 5 Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Pemilik Bisnis Kecil Untuk Mencapai Sukses

5 Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Pemilik Bisnis Kecil Untuk Mencapai Sukses

Jika anda melihat pemilik bisnis kecil yang sukses di internet, anda akan menemukan nama – nama dan cerita cerita mencapai kesuksesan. Anda akan menemukan orang – orang dan cerita yang berbeda seperti siang dan malam.

Menjalankan sebuah bisnis kecil tentu harus dikaitkan dengan tanggung jawab yang besar, satu hal berhubungan dengan memperdulikan para investor dan karyawan, melayani client & customers, dan yang paling penting adalah mencapai goal anda dan standart anda.

Dalam menjalankan sebuah bisnis baru tentu anda akan menemukan banyak penghalang seperti hal – hal yang tidak pernah anda pikirkan, termasuk waktu yang sangat terbatas, tenaga kerja dan berbagai macam anggaran.

Bersama dengan team yang solid dan tools yang tepat, mau bagaimanapun, anda akan segera mencapai potensi bisnis anda. Untuk membantu mencapai kesuksesan seperti pemilik bisnis kecil, saya telah menyusun 5 keterampilan penting yang harus anda ingat :

  1. Terorganisir

Tidak ada perbedaan pekerjaan yang anda lakukan pada bisnis anda dengan apa yang telah dilakukan oleh para pemilik bisnis lain. Akan tetapi mungkin ada beberapa perbedaan dalam bagaimana anda menjalankan bisnis anda.

Coba bayangkan ketika anda membuat daftar belanjaan, sehingga anda membeli semua bahan & item yang anda inginkan hanya dalam sekali jalan, tanpa harus bolak balik ke tempat yang sama.

Demikian juga, anda harus menyusun pekerjaan – pekerjaan bisnis anda. Hal serupa juga anda harus lakukan pada pekerjaan team yang memiliki tujuan sama, sehingga anda dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut pada waktu yang sudah direncanakan.

Seperti, dibandingkan anda harus mengecek email terus – menerus setiap saat, lebih baik anda membalas email hanya pada saat pagi hari dan sore hari.

Hal ini bertujuan untuk membantu anda dapat fokus pada pekerjaan – pekerjaan penting yang sudah anda susun tadi.

  1. Informasi yang Sudah Siap

Untuk membuat keputusan yang tepat untuk bisnis Anda, pastikan bahwa team anda sudah dibekali dengan informasi yang tepat seperti mengenai market bisnis, customer, para pesaing dan proses bisnis anda.

Mengkondisikan team anda dimana mereka harus mencari informasi tidaklah produktif untuk sebagian jenis bisnis. Hal itu malah akan membuat mereka frustasi dan mengurangi akurasi kinerja team anda. Pada akhirnya mereka akan menebak – menebak saja dibandingkan mencari informasi yang akurat.

Pikirkan bagaimana anda dapat memberikan segala informasi penting secara real time kepada team anda. Lebih efektif manakah mereka masih harus meminta informasi tersebut pada manajer atau anda sudah menggunakan sistem manajemen online database?

Tentu akan lebih efektif bila anda menggunakan sistem manajemen database online agar membantu team anda mendapatkan segala informasi secara real time dimanapun mereka berada.

  1. Gunakan Software berbasis Cloud

Menurut berita baru pada Forbes, diperkirakan bahwa 78% bisnis kecil di US akan mulai menggunakan teknologi cloud untuk membangun bisnis lebih berkembang lagi pada tahun 2020.

Penggunaan aplikasi berbasis cloud dan software memang dapat meningkatkan efisiensi bisnis anda secara signifikan. Karena anda dapat memberikan akses kepada anggota team anda untuk bekerja darimanapun mereka berada.

Ketika anda dan anggota team anda bekerja dari lokasi manapun, makan hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas anda.

Dengan mengelola penjualan dan persediaan barang pada web atau cloud akan memudahkan team penjualan anda untuk bekerja di lapangan, sehingga meningkatkan angka penjualan secara signifikan.

Keuntungan hal tersebut bisa anda dapatkan dari beberapa software berbasis cloud yang sudah ada, dan salah satu software berbasis cloud yang saya sarankan adalah Software Accurate Online.

ad-web-solusiukm-02

 

  1. Motivasi

Sebagai pemilik sebuah bisnis, kepemimpinan memiliki skill penting untuk mencapai kesuksesan. Agar mendapatkan hasil yang terbaik dari setiap anggota team, anda harus selalu memberikan motivasi kepada mereka.

Keberhasilan pada bisnis anda akan sangat tergantung pada semangat dan juga tingkat produktivitas para karyawan anda, dan anda sebagai pemimpin bertanggung jawab untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan apa saja yang mereka butuhkan. Anda harus siap untuk menerima masukan dari para staf anda.

  1. Mengetahui kinerja

Hal ini sangatlah penting untuk menetapkan tujuan bisnis & tujuan perusahaan anda, dan juga untuk mengetahui kemajuan apa yang sudah anda dapatkan.

Mengukur dan mengetahui kinerja bisnis akan membantu dalam mengidentifikasi sebuah masalah dan hal – hal apa saja yang dapat membantu anda dalam meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Anda dapat mengetahui kinerja bisnis anda dengan melihat laporan penjualan dalam jangka waktu tertentu ataupun melacak bagaimana team anda melakukannya.

Jangan lupa untuk juga mencari tools yang memungkinkan anda dapat melakukan hal itu semua tanpa menghambat pekerjaan anda yang lainnya.