logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

8 Tips Sukses Pertahankan Bisnis Yang Sudah Berkembang

 > Tips  > 8 Tips Sukses Pertahankan Bisnis Yang Sudah Berkembang

8 Tips Sukses Pertahankan Bisnis Yang Sudah Berkembang

Bisnis yang sudah Anda dirikan sejak dahulu sudah berjalan dengan baik dan cukup berkembang? Mungkin perjuangan menuju titik ini bukan suatu yang mudah bagi Anda, bahkan Anda pun sebenarnya sudah cukup lelah dalam mengembangkan bisnis yang Anda dirikan sejak dari nol tersebut.

Ketika bisnis sudah berjalan dengan baik, bukan berarti itu menjadi waktu Anda untuk berleha-leha. Tetapi ini mungkin menjadi jalan baru Anda untuk terus menjaga bisnis tetap eksis dan lebih maju. Tidak mudah memang melakukan hal ini. Tetapi ketika Anda melakukannya dengan konsisten dan penuh kesabaran, maka hal itu terlihat sangat menyenangkan dan hasilnya akan terlihat, meskipun tidak dalam waktu dekat.

Bisnis seperti tanaman bunga, meskipun ia sudah memiliki bunga yang indah kita tetap harus merawatnya sebagaimana sebelum bunga tersebut mekar. Jika bunga yang sudah mekar tidak dirawat, tentunya  akan membuat keindahannya sirna.

Begitupun dengan sebuah bisnis yang sudah kita jalankan dari kecil hingga berkembang dan berjalan saat ini. Bisnis tetap memerlukan perawatan yang cukup baik agar bisnis yang kita punya terus tumbuh dan berkembang.

Ketika usaha yang sudah kita jalankan tumbuh, berkembang, dan dikenal oleh banyak orang maka akan hadir pesaing-pesaing baru. Disaat bisnis berkembang juga menjadi perjuangan yang baru bagi kita untuk mulai dengan bobot yang lebih besar. Maka kita harus terus belajar, berinovasi, dan juga menjaga konsumen agar bisnis yang kita punya bisa terus bertahan dan konsumen yang kita miliki tetap bisa loyal dengan produk milik kita.

Tentunya kita harus bisa merawat bisnis yang sudah berjalan agar tidak goyah dan hilang ditelan bumi. Berikut kiat yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan bisnis yang sudah berjalan dan ingin terus berjalan hingga berpuluh-puluh tahun bahkan bisa kita turunkan kepada anak cucu.

 

  1. Sumber Daya Manusia Pegawai

Saat bisnis yang sudah berjalan dan cukup berkembang, satu hal yang harus kita persiapkan adalah sumber daya manusianya. Sebuah bisnis memang sudah sepatutnya memiliki sumber daya manusia yang profesional. Meski si pegawai yang kita miliki belum dikatakan profesional, asalkan SDM tersebut dapat mengikuti apa yang kita impikan maka dia akan sangat membantu perkembangan bisnis yang kita miliki.

Bisnis yang sudah berkembang tidak akan mungkin bisa kita jalankan seorang diri. Anda pun harus merekrut sumber daya yang dapat membantu anda untuk mengerjakan sesuatu yang sebelumnya Anda kerjakan. Karena saat bisnis sudah berjalan dan berkembang maka tugas Anda sebagai pemilik harus lebih fokus untuk mengerjakan hal-hal yang lebih penting demi memajukan bisnis Anda.

Untuk itu Anda sebagai pelaku usaha harus memiliki  pegawai yang bisa anda percaya dapat membantu mengelola bisnis yang anda kembangkan. Ada baiknya memang dalam melakukan perekrutan untuk pertama kali kita bisa mencoba untuk mengajak saudara, kerabat ataupun tetangga terdekat. Sebab jika kita mengajak mereka, kita sudah mengetahui latar belakang dan cara mereka bekerja.

Namun sebagai pemilik usaha Anda pun harus bisa menghadirkan suasana yang cukup nyaman, sehat, dan aman agar mereka dapat bekerja dengan baik dan sangat produktivitas.

 

  1. Perencanaan yang Baik

Setiap hal yang kita lakukan haruslah dengan perencanaan yang matang, termasuk bisnis. Sebab tanpa adanya perencanaan yang matang maka tidak mungkin bisnis yang Anda sudah dirikan akan bisa bertahan hingga masa depan.

Dengan perencanaan yang baik maka Anda akan tahu apa saja yang ingin Anda lakukan dan harus Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis yang lebih besar lagi. Sebuah bisnis selalu berjalan mengikuti tren ekonomi yang sedang berkembang.

Anda pun tidak akan pernah tahu kapan ekonomi lesu, dan kapan bisnis Anda tidak memiliki pemasukan. Untuk itu jika Anda sudah melakukan perencanaan yang baik, hal tersebut bisa Anda hindari. Sebagian besar para pebisnis tidak pernah tahu akan hal itu, dengan perencanaan yang baik maka Anda bisa menghadapi segala situasi apapun dan kapanpun.

 

  1. Terus Bermimpi Untuk Bisnis Anda

Banyak para pebisnis pemula yang enggan bermimpi lebih besar. Padahal mimpi itu gratis. Tidak ada salahnya jika Anda selalu bermimpi untuk bisa memiliki bisnis yang lebih besar dari saat ini. Kebanyakan para pebisnis pemula selalu mengatakan ‘Saya cukup segini aja dulu.’

Padahal kalimat tersebut adalah kalimat yang melemahkan Anda untuk menggembangkan bisnis secara flat. Sehingga tanpa mimpi besar maka impian Anda untuk menggembangkan bisnis menjadi lebih besar dari apa yang sudah Anda peroleh saat ini, hanya menjadi buaian saja.

Tanpa memiliki mimpi, maka Anda akan merasa cukup puas dengan apa yang sudah Anda peroleh saat ini. Dengan memiliki mimpi untuk menggembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi merupakan motivasi yang cukup baik buat Anda. Ketika Anda memiliki mimpi, maka Anda akan selalu berjuang untuk terus berusaha agar mimpi yang Anda impikan bisa terwujud.

 

  1. Perhatikan Keinginan Pelanggan

Pelanggan adalah raja bagi setiap pebisnis. Untuk itu segala kebutuhan dan keinginan pelanggan harus kita ketahui. Dengan begitu, maka mereka akan selalu kembali datang dan membeli produk yang kita miliki. Mungkin mereka juga akan membantu mempromosikan produk milik kita secara tidak langsung.

Pelanggan adalah segalanya bagi setiap pebisnis, tanpa pelanggan bisnis yang kita miliki tidak akan menjadi apa-apa. Maka untuk itu Anda harus selalu menjaga pelanggan Anda. Anda harus memiliki berbagai macam strategi untuk mengikat para pelanggan Anda.

Pelanggan adalah hal paling utama dalam setiap bisnis yang Anda miliki, tanpa ada pelanggan maka bisnis yang Anda miliki tidak akan pernah menjadi apa-apa. Dan mungkin setiap bisnis yang sudah berkembang hingga saat ini dikarenakan dengan pelanggan yang setia dan loyal kepada produk Anda. Maka Anda harus selalu menjaganya hingga bisnis Anda bisa menjadi bisnis yang cukup besar di masa mendatang.

 

  1. Cara Memasarkan Produk

Pemasaran merupakan ujung tombak dari setiap produk yang anda miliki, bagaimana cara produk yang Anda punya bisa sampai kepada konsumen adalah dengan cara memasarkannya. Tekhnik pemasaran produk bisnis salah satu hal terpenting dalam setiap bisnis yang anda miliki.

Mungkin cara pemasaran saat ini berbeda dengan cara pemasaran yang berlaku di masa lalu. Dan juga cara pemasaran masa kini berbeda dengan cara memasarkan yang akan ada di masa depan. Untuk itu sebagai pebisnis Anda harus terus melakukan perkembangan dalam pemasaran yang Anda lakukan. Perbanyaklah membaca buku dan melihat cara para pebisnis sukses dari luar dan dalam negeri cara mereka memasarkan produk.

Meskipun Anda belajar dari mereka, bukan berarti anda mencontek cara mereka dalam memasarkan. Tetapi Anda harus melakukan perubahan atau inovasi baru maupun dengan budaya yang ada pada perusahaan Anda. Tentunya hal ini akan meningkatkan penjualan Anda serta membantu membesarkan bisnis Anda.

 

  1. Gunakan Teknologi !

Di era saat ini penggunaan teknologi di tempat bisnis anda adalah hal terpenting sebagai pendorong majunya suatu bisnis. Banyak sekali pebisnis yang sudah mulai melihat hal ini dan menjadikan hal terpenting dalam suatu bisnis.

Teknologi tidak hanya untuk memasarkan produk. Teknologi juga bisa Anda lakukan untuk penghitungan pembukuan bisnis Anda. Anda bisa menggunakan software accurate  Accounting sebagai cara penghitungan setiap transaksi yang dilakukan.

Software tersebut akan membantu bisnis Anda dalam kegiatan transaksi. Baik transaksi keluar maupun transaksi masuk.  Accurate Accounting software akan menolong bisnis Anda dalam menghasilkan laporan keuangan yang cukup akurat.

Apa lagi setiap bisnis yang Anda jalankan selalu menginginkan untuk menghasilkan laporan keuangan yang tidak hanya akurat, tetapi juga cepat. Accurate Accounting menjadi pilihan yang cukup baik bagi laporan keuangan bisnis Anda.  Dengan fitur yang cukup lengkap dalam menghasilkan laporan keuangan, seperti PSAK dan juga fitur perpajakan.  Semuanya terbungkus lengkap di Accurate Accounting Software.

Accurate Accounting tidak hanya bisa digunakan untuk laporan keuangan perusahaan besar. Tetapi juga sangat cocok bagi UKM dan UMKM. Penggunaannya pun tidak terlalu sulit seperti software akuntan lainnya. Hampir semua jenis perusahaan dan UKM bisa menggunakan software ini dengan mudah.ad-web-solusiukm-02

 

  1. Perhatikan Kualitas dan Perkembangan Zaman Untuk Menghasilkan Produk

Sebagai pebisnis yang profesional, maka Anda wajib memperhatikan kualitas dari produk yang Anda miliki. Jangan sampai pelanggan Anda tidak kembali kepada Anda karena produk yang Anda miliki selalu monoton.

Jika Anda tidak pernah memperhatikan kualitas produk yang dimiliki, maka itu bisa menghancurkan perusahaan Anda. Sebagai pebisnis, Anda sudah tahu kisah perusahaan terbesar telepon genggam  dunia, Nokia yang harus hancur karena tidak memperhatikan perkembangan zaman dan kualitas produk yang dimiliki. Anda pun tidak akan mau kan menjadi seperti Nokia yang harus jatuh akibat tidak mau mengikuti perkembangan. Kisah Nokia sudah menjadi pembicaraan dan pelajaran bagi para pebisnis dunia.

 

  1. Perbanyak Sumber Pendapatan dan Jangan Mudah Menghabiskan Uang Perusahaan

Sebagai seorang pebisnis jika ingin dikatakan sebagai pebisnis profesional, maka tuntutannya adalah Anda harus menjadi orang yang kreatif. Ini adalah hal tersulit yang bisa Anda lakukan. Kreatif bukan sekedar menciptakan produk dan kreatif dalam mengelola keuangan. Bagaimanapun Anda harus bisa mendukung setiap bisnis yang sudah ada.

Anda pun jangan puas dengan pendapatan yang sudah Anda miliki saat ini. Teruslah Anda perbanyak dan melipatgandakan sumber uang bagi bisnis yang Anda miliki. Bagaimana caranya ? Yah pastinya Anda harus terus menggembangkan produk-produk baru untuk membantu lini bisnis Anda.

Namun satu hal yang perlu Anda ingat, Anda bisa mencoba membuat suatu produk baru asalkan produk yang pertama kali Anda buat sudah eksis di pasaran dan dikenal oleh banyak orang. Jangan mudah tergoda dengan tawaran-tawaran bisnis lainnya. Biasanya hal ini selalu terjadi kepada setiap pebisnis pemula yang mudah tergoda dengan apa yang ditawarkan orang lain dengan iming-iming pendapatan yang lebih besar.

Sebuah bisnis akan berjalan dengan baik jika Anda sebagai pebisnis bisa melakukan banyak inovasi dan terus berkembang mengikuti zaman. Jangan mau menjadi pebisnis yang teringgal zaman. Karena bukan hanya zaman yang akan meninggalkan Anda, tetapi pelanggan pun akan meninggalkan Anda.