logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

Hindari 6 Kesalahan Ini Agar Bisnis Cepat Berkembang

 > Bisnis #GoLimitless  > Hindari 6 Kesalahan Ini Agar Bisnis Cepat Berkembang

Hindari 6 Kesalahan Ini Agar Bisnis Cepat Berkembang

Sering kali banyak kesalahan dilakukan oleh pelaku bisnis, terutama bagi mereka yang baru memulai berbisnis. Banyak dari mereka yang menganggap apa yang dilakukannya adalah hal yang wajar, namun dapat berimbas fatal pada perjalannya bisnis anda.

Berikut kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis ketika sedang memulai usaha:

  1. Enggan Berkonsultasi Dengan Pengusaha Sukses

Beberapa pebisnis pemula kadang merasa malu untuk berbagi cerita pada pelaku bisnis yang lebih senior. Tidak ada salahnya jika Anda sering bertukar pikiran dengan para pengusaha sukses. Anda bisa berkonsultasi mengenai kesalahan-kesalahan apa yang telah mereka perbuat sehingga kedepannya anda dapat belajar dan tidak perlu mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama. Mereka juga dapat memberikan tips-tips saat tantangan datang dan menjadikan mereka sebagai mentor bisnis anda.

  1. Tidak Memiliki Visi dan Misi Dalam Menjalankan Usaha

Anda diharuskan memiliki visi dan misi saat menjalankan usaha. Jika Anda tidak memiliki visi dan misi yang jelas, maka bisnis yang Anda jalankan tidak akan memiliki arah yang jelas pula. Banyak pengusaha pemula yang mengabaikan hal ini, mereka lebih mementingkan bagaimana cara mendapatkan keuntungan.

Pentingnya visi dan misi adalah sebagai tolak ukur keberhasilan atau kegagalan atau suatu teknik pemasaran. Setelah visi dan misi diciptakan, maka akan lebih mudah bagi bisnis anda untuk mengambil langkah-langkah yang harus dilakukan selanjutnya.

  1. Tidak Melakukan Riset Pasar

Ketika anda membangun sebuah usaha, salah satu hal yang penting untuk anda lakukan adalah dengan melakukan penelitian mengenai pangsa pasar atau target market mana yang ingin anda tuju. Setelah memiliki target, maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Dengan riset pasar, anda akan mengetahui banyak hal, seperti apakah bisnis anda sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka, pesaing-pesaing yang ada, juga hal-hal lain yang dapat membantu perkembangan usaha anda.

Perlu diketahui bahwa riset pasar adalah suatu hal yang lebih baik dilakukan secara berkala, tujuannya guna mengikuti karakter pasar yang juga bersifat dinamis dan sering berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Maka dari itu, pebisnis yang baik adalah mereka yang tetap mengikuti tren dan selera pasar agar customer tidak bosan dan berpindah pada pesaing bisnis yang lain.

  1. Dana yang habis untuk aktifitas promo

Banyak pengusaha pemula yang rela menghabiskan modal usahanya untuk berpromosi. Mereka menganggap bahwa hal tersebut dilakukan sebagai satu-satunya langkah krusial perusahaan. Memang pada awalnya promosi dilakukan sebagai pengenalan pada konsumen mengenai produk atau jasa apa yang anda jual, tapi, jika anda tidak berhitung mengenai biaya promosi, anda tidak akan memiliki dana simpanan yang cukup untuk uang kas perusahaan.

Di lain sisi, banyak pula pelaku usaha yang tidak melakukan promosi. Hal ini juga tidak disarankan, karena masyarakat perlu mengenal produk anda agar mereka merasa tertarik dan melakukan transaksi pada bisnis anda. Untuk zaman sekarang, melakukan promosi adalah hal yang mudah dan memiliki banyak jenis, terutama di bidang online. Saat ini banyak pelaku usaha melakukan promo dengan merambah dunia digital karena hal ini dipandang lebih efektif sesuai sasaran, juga mampu menghemat budget beriklan anda.

  1. Pengelolaan Keuangan yang Buruk

Kesalahan yang paling sering dilakukan ketika memulai sebuah usaha adalah pengelolaan keuangan yang buruk. Beberapa contohnya adalah dengan tidak memisahkan uang usaha bisnis dengan uang pribadi. Kesalahan ini sering dilakukan oleh para pengusaha karena mereka enggan untuk membuat rekening khusus usaha dengan berbagai alasan.

Buruknya kemampuan pembukuan juga dapat mejadi masalah fatal. Jika pengelolaan pembukuan tidak baik, hal ini akan menjadi masalah dan akan menyulitkan di kemudian hari. Maka dari itu, anda tidak perlu takut, tanpa berlatar pendidikan akuntansi pun anda dapat mengelola keuangan bisnis dengan baik. Dengan menggunakan Accurate Software, pembukuan bisnis anda akan terkelola dengan baik. Accurate Software akan sangat membantu dalam mengatur keuangan bisnis dengan cara mudah, sehingga pembukuan anda akan terdata dan terkendali.

  1. Sumber Daya Manusia yang Buruk

Selain pengelolaan keuangan yang buruk, setiap usaha biasanya juga tidak memperhatikan orang-orang yang direkrutnya. Banyak pengusaha yang mementingkan sumber daya manusia dengan harga murah, tanpa memperhatikan kualitas pekerjaannya. Memang hal ini tidak salah, tetapi ada baiknya ketika anda melakukan perekrutan, pilihlah calon pegawai yang juga memiliki etos kerja baik agar bisnis anda berjalan lancar. Anda juga perlu memikirkan bagaimana untuk sedikit meringankan tugas mereka. Cara sederhananya, dengan menggunakan aplikasi accounting yang sudah terpercaya bertahun-tahun dan telah digunakan oleh perusahaan besar. Accurate Online adalah solusi agar data keuangan anda tercatat oleh sistem secara baik, tanpa takut pegawai anda lupa mencatat, dan sebagainya.

banner-urus-bisnismu