logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

Sebelum Mulai Bisnis, Analisa Dulu Potensi Pasar Dengan Cara Ini

 > Bisnis #GoLimitless  > Sebelum Mulai Bisnis, Analisa Dulu Potensi Pasar Dengan Cara Ini
Potensi Pasar

Sebelum Mulai Bisnis, Analisa Dulu Potensi Pasar Dengan Cara Ini

Sukses tidaknya suatu bisnis bisa dilihat salah satunya dari tingkat penjualan yang didapat. Semakin tinggi tingkat penjualan maka semakin besar hasil yang diperoleh sehingga labanya pun juga akan meningkat. Faktor penjualan ini dipengaruhi oleh kondisi pasar. Jika barang dan jasa yang Anda jual banyak dibutuhkan oleh pasar, maka tentu saja hal ini akan mendukung penjualan Anda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui kondisi pasar dengan baik. Begini cara melihat potensi pasar yang mendukung bisnis Anda.

Cari Tahu Apa Permintaan Konsumen

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk menganalisa pasar adalah dengan mencari tahu kebutuhan konsumen. Barang dan jasa apa yang sekiranya dibutuhkan oleh konsumen dan belum ada hingga saat ini. Jika Anda bisa menemukan solusi untuk masalah ini, maka Anda akan selangkah lebih maju dari pesaing Anda. Dengan mengetahui permintaan, Anda pun bisa memperkirakan barang apa yang akan Anda tawarkan.

Kapan Konsumen Memerlukannya?

Ada kalanya omzet penjualan suatu bisnis tertentu melonjak tajam di momen-momen tertentu pula. Misalnya ketika menjelang lebaran atau bulan Ramadhan, maka permintaan konsumen terhadap baju muslim, baju koko, serta perlengkapan salat akan meningkat. Selain itu ketika bulan puasa, produsen makanan juga akan diuntungkan dengan adanya momen buka puasa dan sahur bersama. Fenomena seperti ini bisa Anda pertimbangkan untuk menganalisa pasar. Kapan barang tersebut dibutuhkan oleh konsumen? Apakah setiap hari atau menjelang momen-momen tertentu saja?

Bagaimana Daya Beli Konsumen

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan daya beli konsumen yang Anda bidik. Jangan sampai harga produksi yang Anda tawarkan terlalu mahal dan mereka tidak mampu beli. Kualitas memang hal yang wajib Anda perhatikan untuk memberikan yang terbaik pada konsumen Anda. Namun, Anda juga harus menyesuaikannya dengan daya beli konsumen sehingga membuat barang yang berkualitas tinggi justru akan membuat Anda rugi. Sesuaikan kualitas yang Anda berikan dengan harga barang yang akan Anda jual.

Pertimbangkan Kondisi Kemampuan Anda

Nah, ini juga perlu Anda pertimbangkan. Setelah mengetahui barang apa yang dibutuhkan konsumen dan daya beli mereka, kini pertanyaan tiba pada diri Anda. barang seperti apa yang bisa Anda hasilkan dengan kondisi keuangan yang ada? Jangan sampai proses produksi membutuhkan biaya yang lebih mahal hingga di luar kemampuan Anda. Hal ini bisa meningkatkan risiko kerugian yang mungkin Anda alami jika barang tidak terjual sebanyak yang ditargetkan.

Jika Anda membuka bisnis tanpa mengetahui kondisi pasar dengan tepat, maka hal ini akan berimbas pada proses marketing dan juga branding yang Anda lakukan. Selain mengetahui kondisi pasar untuk membidik konsumen secara tepat, Anda juga perlu memahami kondisi para pesaing Anda. Hal ini untuk membantu Anda agar bisa menghasilkan produk yang memang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen Anda, yang selama ini belum bisa dipenuhi oleh produsen yang sudah ada.

potensi pasar