logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen Tidak Sama, Ini Bedanya!

 > Accurate Online  > Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen Tidak Sama, Ini Bedanya!

Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen Tidak Sama, Ini Bedanya!

Mungkin dua istilah ini sering Anda di dengar di kehidupan sehari-hari. Mungkin pula tidak sedikit orang yang menganggapnya sama. Padahal, keduanya membahas hal yang berbeda, walaupun sama-sama berbicara mengenai masalah keuangan. Bahkan program studinya di bangku kuliah pun juga tidak sama. Berikut perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan yang perlu Anda ketahui.

Pengguna

Seperti namanya, akuntansi manajemen merupakan akuntansi yang berfokus pada pengelolaan perusahaan. Oleh sebab itu, akuntansi manajemen cenderung lebih diperlukan oleh internal perusahaan untuk dijadikan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan, misalnya ke arah mana perusahaan akan dikembangkan. Sedangkan akuntansi keuangan ini lebih ditujukan pada pihak eksternal perusahaan. Pihak eksternal di sini maksudnya seperti investor, bank, atau calon pemberi pinjaman lainnya. Dengan melihat laporan akuntansi keuangan Anda, mereka bisa menilai apakah perusahaan Anda cukup sehat untuk diberi pinjaman.

Informasi

Karena ditujukan untuk kepentingan yang berbeda, maka hal ini berimbas pada jenis informasi yang disajikan. Dalam akuntansi keuangan, laporannya berisi informasi mengenai penjabaran penggunaan dana perusahaan secara mendetil. Hal ini dimaksudkan sebagai pertanggungjawaban perusahaan terhadap dana yang telah dipakai maupun yang didapatkan sehingga informasinya lebih bersifat objektif. Berbeda dengan akuntansi manajemen yang informasinya lebih bersifat subyektif. Informasi yang disajikan pada akuntansi manajemen lebih berorientasi untuk masa yang akan datang dengan mempertimbangkan kondisi keuangan saat ini.

Jangka Waktu

Akuntansi keuangan lebih membahas ke dana sehingga ia akan mencatat transaksi apa saja yang telah dilakukan di masa lalu sebagai pertanggung jawaban. Sebaliknya, berbeda dengan akuntansi manajemen yang sifatnya present dan cenderung mengarah ke masa depan. Akuntansi manajemen tidak meneliti hal-hal keuangan yang terjadi di waktu sebelumnya seperti akuntansi keuangan, tapi lebih bertujuan untuk menyediakan informasi yang sekiranya diperlukan di masa mendatang.

Pembuatan Laporan

Dalam penyusunan akuntansi keuangan, harus berpedoman pada standar akuntansi keuangan, baik itu untuk format, aturan, tata cara penghitungan, isi, dan sebagainya. dalam menyusun laporan akuntansi keuangan, Anda harus mengatur pada aturan yang sudah ada. Sedangkan akuntansi manajemen tidak. Penulisan laporannya lebih fleksibel karena ditujukan untuk kepentingan perusahaan secara internal. Format penulisannya juga berbeda dari perusahaan satu dengan yang lainnya. Pihak manajemen menentukan sendiri cara penulisannya.

Cakupan Informasi

Akuntansi keuangan mencatat laporan keuangan perusahaan secara menyeluruh, sedangkan akuntansi manajemen tidak. Akuntansi manajemen hanya berfokus tentang keputusan dan strategi apa yang harus diambil oleh perusahaan untuk ke depannya.

Akuntansi merupakan ilmu yang pasti kita pakai dalam kehidupan sehari-hari, apa lagi bagi para pelaku bisnis. Sebagai pelaku bisnis, sudah seharusnya bagi Anda untuk mempelajari ilmu yang satu ini karena sangat vital bagi kelangsungan bisnis yang Anda kelola. Sekarang Anda sudah tahu perbedaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Jadi, sebagai seorang pengusaha kedua ilmu tersebut wajib Anda pelajari untuk mendukung kelangsungan bisnis Anda.