logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

Accurate License Manager

 > Tips  > Accurate License Manager

Accurate License Manager

Apa itu Lisensi?

Diterjemahkan secara sederhana, lisensi adalah hak. Dulu ada filem James Bond yang berjudul License to Kill, terjemahan sederhananya Hak untuk Membunuh. Surat Ijin Mengemudi (disini kita mengenal dengan singkatan SIM) dalam Bahasa Inggrisnya disebut Driving License (=hak mengemudi).

Namun lisensi bukan hanya melulu soal hak, melekat juga syarat dan kondisi bagaimana hak itu boleh dipakai atau dimanfaatkan. Contoh driving license = SIM, seseorang mendapatkan hak mengemudi karena telah memenuhi kualifikasi dan persyaratan yang ditetapkan sebelumnya.

Dalam industri buku, musik, filem, tentu saja pembeli berhak membaca buku, menikmati musik dan menonton filem yang telah dibeli, tetapi dilarang memperbanyak (meng-copy), memperdagangkan, atau mengkomersilkan. Lisensi yang sudah bersifat umum tidak perlu selalu dicantumkan lagi disetiap buku, lagu atau filem, karena secara otomatis sudah tercakup dan dilindungi oleh undang-undang hak cipta (HAKI) disemua negara berdaulat di dunia.

Industri IT, baik produk hardware maupun software mempunyai sejarah lisensi yang lebih kompleks. Apakah ada yang menyadari atau pernah mempertanyakan mengapa smartphone Android sedemikian banyak merek sementara smartphone iPhone yang berbasis IOS hanya satu merk saja, Apple. Hal tersebut terjadi karena lisensinya memang begitu. Lisensi Android membolehkan di-install di smartphone apa saja, buatan siapa saja sementara lisensi IOS hanya membolehkannya di-install di smartphone buatan Apple saja. Apple pun tidak melisensikan (memberikan / menjual) hak kepada pihak lain membuat perangkat smartphone seperti rancangannya, sementara rancangan smartphone Android boleh diproduksi oleh siapa saja.

Dibandingkan dengan lisensi umum seperti yang melekat pada buku, musik, dan filem, lisensi software (aplikasi) cenderung lebih kompleks dan rumit. Hal tersebut tidak terlepas dari banyak hal seperti tujuan pembuatan aplikasi, siapa yang membayar atau membiayai proses pengembangan aplikasi, apakah ada komponen aplikasi pihak ketiga yang dipakai, bagaimana model bisnis pembuat aplikasi dsb.

Bagian dibawah ini akan menjelaskan lisensi Accurate 5 dengan bahasa awam yang mudah dimengerti.

Lisensi Accurate

Setiap komputer yang digunakan untuk menjalankan Accurate untuk keperluan bisnis (komersil) perlu mempunyai lisensi yang sah. Pada versi-versi sebelumnya, Accurate menggunakan nomor seri yang diketikkan (dimasukkan) ke aplikasi Accurate. Ada beberapa pengembang lain masih menggunakan dongle key yang harus terpasang di salah satu slot USB. Mulai Accurate 5, CPSSoft menerapkan jenis lisensi digital generasi terbaru yang lebih aman dan lebih mudah diimplementasikan.

Lisensi Accurate 5 adalah berupa kode terenkripsi yang secara otomatis didistribusikan dan diaktifkan melalui aplikasi License Manager. Aplikasi License Manager sendiri hanya perlu terinstall di salah satu komputer (sebaiknya server). Sekali diaktifkan, lisensi Accurate 5 aktif selama 5 – 9 hari dan setelah itu, perlu terhubung lagi dengan jaringan dimana terdapat License Manager untuk mengaktifkannya lagi. Dalam kebanyakan kasus dimana komputer kantor senantiasa terhubung dalam jaringan LAN, baik wired maupun wireless, maka Accurate 5 akan selalu bisa berkomunikasi dengan License Manager sehingga lisensi Accurate 5 akan selalu aktif.

Komputer yang perlu ada lisensi adalah komputer yang dipakai untuk input transaksi, mencetak bukti transaksi, view report dan fungsi2 Accurate lainnya, untuk selanjutnya disebut Accurate Client.

Komputer (server) yang hanya untuk penyimpanan database Accurate, memproses transaksi secara background, selanjutnya disebut Accurate server tidak memerlukan lisensi Accurate karena komponen database server yang dipakai Accurate 5 adalah aplikasi yang didistribusikan dengan lisensi open source (bebas pakai).

Catatan: komputer Accurate Client yang dimaksud termasuk komputer pribadi desktop, laptop, tablet, session komputer yang bisa dijalankan secara remote melalui perangkat thin client, TV Box atau fungsi komputer yang diemulasikan oleh aplikasi lain.

Accurate License Manager

Accurate License Manager adalah sebuah aplikasi terpisah yang berfungsi me-manage, mendistribusikan, mengaktifkan lisensi Accurate 5 dalam satu jaringan network lokal (Local Area Network = LAN). Aplikasi License Manager bisa di-install di komputer mana saja didalam jaringan, tetapi sebaiknya diinstall bersama-sama Accurate Server di komputer dimana tersimpan database Accurate. Bagi yang hanya menjalankan Accurate 5 sendirian (stand alone) di satu komputer, maka Accurate Client, Accurate Server, dan License Manager di-install kedalam satu komputer.

Accurate License Manager dan sebuah Corporate Site ID (CSID) didapatkan dari pembelian starter pack Accurate dan hanya untuk dipakai di satu lokasi. License Manager perlu men-sinkronkan data lisensi Accurate yang di-manage dengan server CPSSoft, dengan demikian komputer (server) dimana terdapat License Manager harus terhubung dengan Internet.


accurate-license-manager

Bagaimana Cara Kerjanya

Untuk memudahkan pemahaman, data lisensi Accurate, dipakai di komputer mana, status aktif / tidak tersimpan di serer CPSSoft (lihat gambar atas). License Manager yang ter-install di lokasi pengguna Accurate berfungsi sebagai perantara yang meng-copy dan menyimpan data lisensi secara lokal sehingga tidak mengharuskan setiap komputer Accurate terhubung langsung ke Internet.

License Manager berperan meneruskan aktivitas dari komputer Accurate ke server CPSSoft seperti tambah lisensi, registrasi, un-register, aktivasi dsb; sebaliknya License Manager juga meneruskan status, nomor lisensi yang didapat dari server CPSSoft ke komputer Accurate. Oleh karena itu komputer server dimana ter-install License Manager perlu terhubung dengan server CPSSoft melalui Internet.

FAQ

  1. Apakah Accurate Client tanpa lisensi atau lisensi tidak aktif tetap bisa dijalankan?
    Dalam keadaan demikian Accurate Client yang bersangkutan berjalan sebagai trialware (biasanya untuk keperluan ujicoba atau evaluasi). Sebagai trialware, Accurate terbatas hingga 1.000 transaksi dalam range 3 (tiga) bulan berurutan.
  2. Apa perbedaan antara lisensi Accurate 5 dengan lisensi Accurate versi sebelumnya?
    Di Accurate sebelumnya, lisensi Accurate berupa nomor serial di-input langsung ke software Accurate di masing-masing komputer. Pengguna memerlukan bantuan customer support CPSSoft atau tenaga penjual untuk mendapatkan nomor serial yang dimaksud. Di Accurate 5, License Manager yang berkomunikasi dengan License Server CPSSoft untuk mendapatkan nomor serial lisensi kemudian dikirimkan ke komputer Accurate Client secara otomatis.
  3. Apakah lisensi Acccurate bisa dipindahkan ke komputer lain?
    Lisensi Accurate bisa dipindahkan ke komputer lain sejauh di-manage oleh License Manager yang sama. Lisensi Accurate tidak bisa dipindahkan ke Lisense Manager lain. Bagaimana cara unregister lisensi Accurate agar bisa dipakai oleh komputer lain bisa dilihat di tautan ini.
  4. Apakah License Manager bisa dipindahkan ke komputer / server lain?
    Ya, License Manager bisa dipindahkan ke komputer / server lain. Petunjuk teknis bagaimana memindahkan License Manager dari satu server ke server lain bisa dilihat dari tautan ini
  5. Apakah License Manager perlu beli terpisah?
    Tidak, License Manager diikutsertakan pada saat membeli Accurate starter pack (sebelumnya Accurate box). Ketika membeli Accurate starter pack Anda akan mendapatkan aplikasi Accurate berikut 2x lisensi (varian SE & DE) atau 5x lisensi (varian EE). Selain itu juga akan mendapatkan aplikasi License Manager berikut Corporate Site ID (CSID). CSID diperlukan pada saat mengaktifkan License Manager.
  6. Perusahaan kami menggunakan Accurate di lebih dari satu lokasi, misalnya ada yang di pabrik, ada yang di kantor penjualan, dan ada di kantor cabang. Apakah kami perlu membeli beberapa Accurate starter pack atau cukup satu saja?
    Anda perlu membeli satu Accurate starter pack untuk satu lokasi. 
  7. Kami hanya ingin menggunakan Accurate di satu komputer saja, apakah kami harus membeli Accurate starter pack atau cukup hanya membeli lisensi Accurate?
    Anda tetap memerlukan License Manager berikut satu CSID, yang didapat dari membeli Accurate starter pack. Untuk menambah lisensi Accurate, Anda tetap memerlukan License Manager.
  8. Apakah CPSSoft membaca data Accurate pengguna?
    Tidak. CPSSoft sama sekali tidak membaca database keuangan pengguna. License Server CPSSoft hanya me-manage (mendapatkan update, mengirimkan status, mengaktifkan) lisensi yang diregistrasikan di komputer-komputer Accurate Client.
  9. Apa yang terjadi apabila Internet kami mati?
    Dikebanyakan kasus tidak akan ada masalah, pada saat komputer License Manager tidak terhubung Internet Anda tidak bisa melakukan:
    1. Menambah lisensi
    2. Registrasi / unregister komputer baru
    3. Lisensi Accurate yang habis masa aktifnya tidak bisa diaktifkan
  10. Perusahaan kami tidak membolehkan komputer kami terhubung ke Internet, lalu bagaimana?
    Tidak semua komputer Accurate perlu terhubung ke Internet, hanya komputer License Manager yang perlu selalu terhubung ke Internet.
  11. Perusahaan kami tidak ada Internet dan tidak ada komputer yang dibolehkan terhubung ke Internet, lalu bagaimana?
    Kalau demikian keadaannya, Anda tidak bisa pakai Accurate.