Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Bisnis Anda Memiliki Kondisi Keuangan Baik

ABC Palem > Bisnis #GoLimitless  > 5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Bisnis Anda Memiliki Kondisi Keuangan Baik

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Bisnis Anda Memiliki Kondisi Keuangan Baik

Manajemen finansial adalah salah satu hal penting yang bisa menunjang pertumbuhan bisnis Anda. Kondisi keuangan memainkan peranan yang cukup vital. Oleh sebab itu, manajemen keuangan yang baik tentu akan memberikan dampak yang signifikan pada bisnis yang Anda kelola. Nah, apakah selama ini Anda sudah mengelola keuangan bisnis dengan baik? Berikut tanda-tanda bahwa Anda telah berhasil melakukan manajemen finansial untuk bisnis Anda.

Bisnis Terbebas dari Utang

Pada saat merintis bisnis di awal-awal, mungkin tidak sedikit dari pelaku usaha yang mendapatkan modalnya dari pinjaman pihak lain. Hal ini wajar. Seiring berjalannya waktu, keuntungan bisnis yang Anda dapat harus mampu menutup utang modal tersebut meskipun harus memakan waktu yang lama. Baru jika Anda berhasil mengembalikan modal tersebut, keuntungan bisnis bisa menjadi milik Anda sendiri. Dari sini, keuntungan yang Anda dapat adalah murni untuk keperluan bisnis Anda tanpa harus dikurangi lagi dengan tanggungan modal.

Memiliki Dana Cadangan untuk Kondisi Darurat

Bisnis Anda dikatakan makmur jika Anda memiliki dana cadangan yang bisa dicairkan sewaktu-waktu untuk berbagai keperluan terkait perusahaan. Dana cadangan ini biasanya diambil sebagian dari hasil keuntungan bisnis. Misalnya jika tiba-tiba klien Anda yang memberikan project besar tiba-tiba membatalkan kerja sama sedangkan Anda harus tetap membiayai karyawan dan biaya operasional lainnya. Di saat-saat genting seperti inilah dana cadangan dibutuhkan.

Pengeluaran Tidak Melebihi Pemasukan

Pengeluaran dan pemasukan harus seimbang. Oleh sebab itu, Anda perlu mencatat semuanya secara detail. Jika jumlah pengeluaran Anda tidak melebihi jumlah pemasukan, itu artinya bisnis Anda masih berjalan sehat. Jika pengeluaran Anda lebih banyak daripada pemasukan, maka itu artinya Anda harus melakukan evaluasi keuangan untuk membuatnya stabil kembali.

Punya Uang Tunai yang Siap Digunakan Kapan Saja

Saat bisnis menghasilkan laba dan Anda tidak berencana untuk memakainya dalam waktu dekat, satu hal yang umumnya terbersit dalam pikiran pengusaha adalah menginvestasikannya. Investasi memang hal yang bermanfaat untuk masa depan, tapi jangan tergiur untuk mengalokasikan semua dana perusahaan untuk hal itu. Anda harus tetap menyediakan uang tunai. Uang tunai ini bisa menjadi penyelamat jika suatu saat ada kebutuhan bisnis mendesak sedangkan uang investasi Anda belum bisa dicairkan.

Tidak Ada Uang Pribadi yang Tercampur

Tanda terakhir bahwa keuangan bisnis Anda sedang dalam kondisi baik adalah dengan tidak adanya percampuran antara uang bisnis dan uang pribadi. Memang ada kalanya Anda membutuhkan modal dalam jumlah tertentu untuk mengembangkan bisnis dan itu Anda ambil dari uang pribadi Anda. Hal ini boleh-boleh saja dilakukan tetapi ingatlah untuk mengganti uang tersebut ke dompet pribadi Anda karena bisnis Anda belum bisa dikatakan menghasilkan laba jika masih ada uang pribadi yang tertanggung.

Sebaiknya Anda harus segera memiliki rekening yang dikhususkan untuk bisnis itu sendiri. Selain itu, Anda juga harus menggunakan software akuntansi Accurate Online agar keuangan bisnis Anda bisa terus dipantau secara baik. Anda pun bisa melihat segala transaksi yang bisa dilakukan hanya di satu tempat, yakni software Accurate.

Karena manajemen finansial ini memainkan peranan yang penting untuk bisnis, maka Anda harus menguasainya karena manajemen keuangan yang kurang tepat bisa membawa bisnis pada kerugian dan bahkan kebangkrutan. Nah, apakah bisnis Anda memiliki tanda-tanda di atas?

Navadelia
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website