logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

6 Cara Mudah Manajemen Keuangan Pada Bisnis Online

ABC Palem > Tips  > 6 Cara Mudah Manajemen Keuangan Pada Bisnis Online

6 Cara Mudah Manajemen Keuangan Pada Bisnis Online

Manajemen keuangan adalah salah satu disiplin ilmu yang wajib dimiliki oleh pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia, termasuk para pebisnis online. Manajemen keuangan ini digunakan untuk menjaga kestabilan keuangan usaha. Banyak sekali UKM yang belum melakukan manajemen keuangan dengan benar. Terutama pebisnis online, gimana manajemen keuangan pada bisnis online agar keuangan bisnis terencana dan dikendalikan dengan baik?

Dalam manajemen keuangan terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemilik bisnis. Bukan hanya berlaku bagi pemilik bisnis online yang usahanya sudah stabil. Tapi hal ini juga berlaku bagi para pelaku UKM. Termasuk bagi pelaku bisnis online yang sangat jarang melakukan pembukuan.

Manajemen keuangan merupakan cara mengelola keuangan usaha. Banyak pengusaha yang belum bisa mengelola keuangan usahanya dengan baik. Terkadang, mereka masih mencampuradukan uang usaha dengan uang untuk keperluan pribadi. Padahal hal itu bisa membahayakan kondisi usaha.

Bagaimana melakukan manajemen keuangan pada bisnis online? Bisakah keuangan bisnis online dilakukan dengan memiliki pembukuan yang rapih? Tentunya hal itu bisa dilakukan, asal kita sebagai pelaku UKM mau melakukannya dengan benar dan konsisten.

Manajemen Keuangan pada Bisnis Online

Rancang Keuangan

Merancang keuangan usaha adalah hal yang harus dilakukan pertama kali oleh para pebisnis online. Mereka harus merancang keuangan bisnis yang mereka jalankan. Jika Anda baru pertama kali menjalankan usaha, hal ini bisa dengan mudah dilakukan.

Pertama, Anda harus pisahkan uang operasional untuk usaha yang akan Anda jalankan. Berapa biaya yang akan Anda keluarkan, baik untuk modal awal, untuk membeli peralatan usaha, dan membeli bahan baku atau produk dari supplier.

Setelah hal itu dilakukan, saatnya Anda merancang manajemen keuangan lebih baik lagi dengan menentukan berapa persentase keuntungan yang ingin di dapatkan dalam satu bulan, triwulan, per semester maupun pertahun. Anda harus mengetahui hal ini dengan baik dan benar.

Kumpulkan Semua Bukti Transaksi

Ini yang sering sekali diabaikan oleh para pelaku usaha di Indonesia. Mereka selalu menaruh asal atau tak peduli bukti transaksi. Baik itu invoice, kwitansi, dan bukti transaksi lainnya. Padahal dalam manajemen keuangan pada bisnis online, bukti transaksi adalah hal wajib yang harus disimpan.

Kenapa bukti transaksi penting? Bukti transaksi seperti invoice, faktur, dan kwitansi adalah alat bukti bahwa sebuah transaksi sudah dinyatakan secara sah. Tanpa ada semua itu, maka transaksi tidak bisa dikatakan sudah sah. Simpanlah semua bukti transaksi. Seperti invoice dari supplier, dan juga resi pengiriman yang biasanya wajib dimiliki oleh pebisnis online di Indonesia.

Negosiasi Penawaran

Ketika Anda berdagang online, pastinya Anda akan mencari supplier yang akan menyediakan barang untuk Anda. Tentunya akan banyak supplier yang menawarkan produk untuk Anda. Mungkin juga Anda yang mencari supplier.

Ketika Anda mencari supplier, Anda pun harus pintar dalam bernegosiasi dengan supplier maupun dengan customer. Dengan bernegosiasi, Anda akan bisa mengetahui berapa pengeluaran yang akan Anda keluarkan. Harga barang yang Anda beli dan jual, sangat mempengaruhi terhadap manajemen keuangan Anda. Negosiasi adalah hal penting dalam manajemen keuangan pada bisnis online agar bisa mengatur keuangan usaha dengan benar dan baik.

Bayar Seluruh Tagihan Tepat Waktu

Membayar tagihan terkadang sesuatu yang berat buat para pebisnis. Meskipun itu merupakan kewajiban seorang pebisnis. Beberapa tagihan seperti listrik, air, telepon, dan juga internet. Bayarlah semua tagihan dengan baik dan benar. Jangan sampai Anda telat membayar, hal itu akan menyebabkan Anda harus membayar denda yang bisa mempengaruhi keuangan usaha. Sebaiknya, bayarlah semua tagihan tepat waktu.

Kelola Arus Kas

Ketika Anda berbisnis, jangan hanya fokus pada keuntungan. Anda harus mencoba untuk mengelola seluruh hal yang berkaitan dengan keuangan usaha. Layaknya hutang, piutang, dan persediaan barang pun harus dikelola dengan baik. Manajemen keuangan pada bisnis online harus memperhatikan arus kas. Hal ini dilakukan agar para pengusaha bisa mengetahui mengelola arus kas. Dan keputusan apa yang harus diambil untuk perkembangan dan keberhasilan usaha.

Jangan Lupa Pembukuan Usaha

Pembukuan usaha masih dianggap tabu oleh para pengusaha. Banyak pengusaha yang merasa pembukuan usaha tidaklah penting. Padahal dengan adanya pembukuan, Anda bisa mengetahui berapa jumlah transaksi yang sudah dilakukan dalam satu hari. Berapa keuntungan yang Anda dapatkan dalam satu hari, dalam satu minggu, hingga satu bulan. Sehingga Anda bisa mengetahui keuntungan yang Anda peroleh.

Anda harus bisa mencatat semua transaksi keuangan, bisnis. Adanya pembukuan pun bisa menjadi alat evaluasi Anda terhadap bisnis yang dijalankan. Manajemen keuangan pada bisnis online dengan pembukuan usaha adalah hal yang wajib dilakukan oleh pengusaha online yang ada di Indonesia.

Memang hal ini cukup sulit buat para pengusaha online yang tidak memiliki kemampuan akuntansi. padahal akuntansi sangat penting dilakukan, meskipun usaha Anda masih dalam skala yang kecil. Namun perkembangan zaman tentunya memudahkan para pengusaha online di Indonesia untuk bisa mengelola manajemen keuangan pada bisnis online miliknya dengan sebaik mungkin.

Salah satu caranya adalah dengan aplikasi akuntansi Accurate Online. Agar pembukuan usaha Anda bisa lebih rapih dan manajemen keuangan pada bisnis online Anda bisa dilakukan lebih baik. Sebaiknya Anda menggunakan aplikasi akuntansi Accurate Online.

Aplikasi ini bisa diunduh oleh para pengusaha di Play Store dengan mencari Accurate Lite serta bisa diakses melalui log in Accurate.id. Tentunya sangat memudahkan para pengusaha yang ingin memiliki pembukuan rapih seperti perusahaan-perusahaan besar lainnya. Hanya dengan mengakses melalui jaringan internet.

Bahkan dalam hitungan menit, Anda bisa segera membuat sebuah laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi. Caranya pun cukup mudah, Anda cukup menginput seluruh transaksi yang Anda lakukan pada bisnis online milik Anda. Accurate Online kini sudah bisa menjadi aplikasi keuangan untuk manajemen keuangan pada bisnis online.

Dengan data yang tersimpan dengan aman, sebab Accurate Online merupakan aplikasi berbasis cloud. Selain itu, Anda juga bisa meng-import faktur penjualan di akun marketplace (Shopee, dan Tokopedia) langsung ke Accurate Lite. Sehingga Anda tidak perlu lagi meinput transaksi yang terjadi di Marketplace ke pencatatan akuntansi usaha Anda. Dapatkan Accurate Online langsung disini dengan harga yang sesuai dengan pebisnis online.

Admin
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website