Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Dalam Mendirikan Bisnis Cafe atau Restoran

ABC Palem > Bisnis #GoLimitless  > 6 Hal yang Harus Dipersiapkan Dalam Mendirikan Bisnis Cafe atau Restoran

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Dalam Mendirikan Bisnis Cafe atau Restoran

Pikirkan Menunya

Menu ini menentukan harga yang akan Anda tawarkan pada konsumen. Bahan apa saja yang Anda gunakan untuk menunya, yang biasa atau premium berkualitas tinggi? Variasi menunya juga perlu dipikirkan. Semakin banyak menu yang Anda tawarkan, hal ini juga berkesempatan untuk menarik pengunjung lebih banyak. Agar cafe Anda lebih unik, maka sajikan kreasi menu yang berbeda dari lainnya.

Cari Tempat yang Strategis

Tempat yang strategis tak harus di tengah kota dengan harga sewa tempat yang lumayan mahal. Sesuaikan saja dengan pasar yang akan Anda bidik. Misalnya jika Anda ingin membuka cafe untuk mahasiswa, maka buka saja di sekitar kampus. Tentu saja, harganya juga harus Anda sesuaikan dengan kantong mahasiswa. Hal ini berbeda dengan Anda ingin membuka restoran yang high-end untuk kalangan menengah.

Fasilitas

Satu fasilitas cafe yang wajib adalah layanan Wi-Fi. Layanan Wi-Fi yang kencang bisa membuat pengunjung berlama-lama. Selain itu, jika cafe atau restoran Anda cukup besar, apalagi ditujukan untuk tempat makan keluarga, maka menyediakan toilet dan mushola kecil bisa sangat membantu dan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa konsumen. Mereka tidak perlu jauh-jauh mencari tempat ibadah di luar cafe ketika akan melakukannya di tengah waktu makan.

Pikirkan Jumlah Karyawan

Ketika baru pertama kali membuka, tentunya bisnis belum berkembang dan Anda tidak tahu berapa besar keuntungan yang mungkin akan dihasilkan, bukan? Oleh sebab itu, jangan tergesa-gesa menyewa karyawan terlalu banyak. Pekerjakan satu karyawan saja atau sesuai kebutuhan cafe. Jika usaha Anda sudah mulai berkembang, maka Anda baru bisa menambah karyawan satu per satu untuk memenuhi kebutuhan. Jika Anda menyewa karyawan terlalu banyak tetapi jumlah pemasukan kurang, maka bisa menimbulkan kerugian.

Pilih Supplier yang Tepat

Anda juga harus memilih supplier untuk cafe Anda. Pastikan supplier yang Anda pilih adalah yang menawarkan harga terbaik dengan kualitas yang tak perlu diragukan. Dengan begitu, Anda bisa lebih banyak menghemat pengeluaran. Meskipun demikian, Anda juga harus menjalin kerja sama dengan supplier secara baik-baik. Bangun rasa saling percaya. Jangan sampai Anda terlambat membayar bahan sehingga mereka juga tidak akan terlambat dalam melakukan pengiriman.

Jangan Lupa Pake Software Akuntansi dan Point Of Sale

Ketika Anda memiliki cafe atau restoran, sudah tentu Anda memiliki berbagai macam jenis menu. Disinilah Anda harus mempersiapkan beberapa software untuk membantu bagian keuangan dan kasir dalam memudahkan ketika proses pembayaran yang dilakukan oleh customer. Disinilah Anda membutuhkan software RenePos untuk program pembayaran di meja kasir.

Untuk manajemen keuangan atau yang dikenal dengan sistem akuntansi, Anda bisa menggunakan Accurate Online (AOL) untuk pembukuan usaha milik Anda. AOL pun bisa menjadi penolong Anda dalam menyusun laporan keuangan Cafe atau restoran milik Anda. Sehingga Anda tidak perlu pusing saat ingin membuat sebuah laporan keuangan.

Dengan melakukan persiapan-persiapan di atas, kini Anda bisa memulai usaha cafe Anda dengan percaya diri. Membuka cafe tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan, bukan? Semuanya harus dipertimbangkan secara matang. Kalau Anda salah membidik pasar, tentu hal ini akan menghambat perkembangan bisnis cafe Anda, bukan?

Navadelia
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website