Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

6 Manfaat Kenaikan Nilai Tukar Dollar yang Jarang Diketahui Banyak Pebisnis!

ABC Palem > Bisnis #GoLimitless  > 6 Manfaat Kenaikan Nilai Tukar Dollar yang Jarang Diketahui Banyak Pebisnis!

6 Manfaat Kenaikan Nilai Tukar Dollar yang Jarang Diketahui Banyak Pebisnis!

Beberapa waktu belakangan ini, nilai tukar dolar yang terus melejit membuat banyak orang gelisah. Karena hal tersebut dianggap berdampak buruk bagi perekonomian tanah air. Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar memang bisa menimbulkan dampak buruk. Tapi ada manfaat dari kenaikan dollar terhadap rupiah yang jarang diketahui para pebisnis!

Misalnya, kenaikan harga produk yang dibuat dari bahan baku impor. Namun, sebenarnya kenaikan nilai tukar dolar juga bermanfaat bagi sektor-sektor tertentu. Kalian para pebisnis dan masyarakat Indonesia jangan lagi khawatir tentang kenaikan dollar yah guys. Berikut manfaat dari kenaikan dollar terhadap rupiah yang jarang diketahui.

Mau tahu lebih banyak tentang manfaat kenaikan nilai dolar? Inilah ulasannya!

Meningkatkan Pendapatan Eksportir

Bisnis yang bergerak di bidang ekspor akan memperoleh keuntungan besar ketika nilai tukar dolar meningkat. Harga produk yang diekspor ke negara lain mungkin tetap sama. Namun, selisih nilai tukar dolar dan rupiah yang cukup besar tentu mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit.

Secara tak langsung, hal tersebut memacu para pebisnis untuk meningkatkan kuantitas ekspor. Sehingga perekonomian Indonesia akan ikut berkembang bila berhasil mencapai kuantitas ekspor yang besar.

Buat Anda para pebisnis UKM, ini adalah kesempatan untuk meningkatkan kualitas produk Anda untuk dijual di luar negeri. Cobalah Anda manfaatkan momen ini untuk memperluas pasar produk tidak hanya di dalam negeri.

Meminimalkan Peredaran Barang Impor

Barang-barang impor yang harganya dihitung dengan dolar akan terasa mahal bila dikonversikan dalam nilai rupiah. Hal ini bisa membuat sebagian masyarakat mengurungkan niat untuk membeli barang-barang impor. Jika kebiasaan membeli dan menggunakan barang impor dapat dikurangi secara bertahap, kemungkinan besar peredaran barang impor dapat diminimalkan. Inilah manfaat kenaikan nilai tukar rupiah terhadap dollar.

Membuka Peluang Bagi Produk Asli Dalam Negeri

Ketika masyarakat mulai terbiasa mengurangi penggunaan produk impor, kesempatan bagi produk asli dalam negeri akan semakin besar. Bahkan, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa berkembang pesat bila mampu menghadirkan produk-produk berkualitas.

Uang yang biasanya dikeluarkan untuk membeli produk impor dapat dialokasikan untuk produk-produk asli dalam negeri. Kini, banyak produk UMKM berkualitas yang dibanderol dengan harga terjangkau. Jumlah UMKM yang semakin banyak membuat masyarakat leluasa memilih produk sesuai kebutuhan dan selera.

Menambah Pendapatan Negara dari Sektor Pariwisata

Wisatawan yang menggunakan dolar sebagai alat pembayaran akan merasa nyaman berlibur ke Indonesia. Karena jumlah dolar yang sama bisa ditukar dengan rupiah yang jumlahnya lebih banyak ketika nilai tukar dolar sedang menguat.

Misalnya, 100 Dolar Amerika bisa ditukar menjadi Rp 1,49 juta. Jumlah rupiah yang didapat tentu lebih besar dibandingkan ketika nilai tukar dolar hanya berkisar di angka Rp 13.000.

Hal tersebut akan membuat para wisatawan semakin tertarik berlibur ke tanah air. Karena biaya hidup dan harga produk serta jasa yang terjangkau. Bisnis yang bergerak di sektor pariwisata seperti hotel, kuliner, dan transportasi akan ikut mengalami peningkatan omset secara signifikan. Devisa negara pun ikut meningkat bila sektor pariwisata tanah air semakin diminati wisatawan asing.

Geliat bisnis pariwisata yang potensial harus diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang tepat. Kalau Anda menekuni bisnis pariwisata, Anda juga membutuhkan software Accurate Online untuk pembukuan bisnis Anda. Accurate Online adalah software berbasis cloud yang dapat membantu Anda menyelesaikan laporan keuangan secara efektif dan efisien dalam waktu singkat. Anda dapat membuat berbagai keperluan keuangan bisnis yang berkaitan dengan akuntansi hanya dengan satu sistem saja. Penggunaan Accurate Online akan membuat pengelolaan keuangan bisnis jadi semakin praktis.

Menambah Nilai Pendapatan Para Pekerja

Para pekerja yang dibayar dengan dolar juga ikut merasakan dampak positif kenaikan nilai tukar dolar. Karena pendapatan yang diperoleh menjadi lebih banyak bila dikonversikan dalam bentuk rupiah. Daya beli masyarakat yang memperoleh pendapatan dalam bentuk dolar tak akan menurun meskipun rupiah sedang melemah.

Ternyata, kenaikan nilai tukar dolar tak selalu berdampak buruk bagi sektor perekonomian Indonesia. Berbagai keuntungan tersebut justru mesti dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga sektor bisnis di Indonesia tetap berkembang pesat di tengah gejolak nilai tukar rupiah. Yuk kita manfaatkan!

Navadelia
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website