Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

Berpikir Ulang Tentang Uang

ABC Palem > Tips  > Berpikir Ulang Tentang Uang

Berpikir Ulang Tentang Uang

“Ada apa dengan uang? Kenapa kita tidak bisa mengelolanya dengan benar?” Termasuk Anda? Sering sekali kita mengeluh dengan mengeluarkan kata-kata di atas. Hampir setiap orang selalu mengatakan hal itu. Agar kita bisa terhindar dengan kalimat pembuka di atas, Anda harus merubah pikiran Anda, dan ubah pikiran tentang uang sekarang juga!

Di Amerika penggunaan kartu kredit cukup besar. Dimana dalam satu rumah tangga bisa membawa lebih dari $ 10 ribu di setiap saldo kartu kredit. Bagaimana di Indonesia? Data dari bank Indonesia mencatat selama periode Januari-Maret 2018 transaksi menggunakan kartu kredit mencapai Rp 2,24 triliun.

Kenapa mudah sekali seseorang menghabiskan uang yang banyak itu dengan akrtu kredit? Hanya dalam waktu tiga bulan ada transaksi hingga lebih dari Rp. 2 triliun. Apakah angka ini menunjukan kalau masyarakat Indonesia sangat boros?

Jawabannya tergantung Anda, apakah Anda menggunakan dana yang ada pada kartu kredit tersebut untuk membeli dan memabayar hal-hal yang produktif. Atau, Anda hanya menggunakan uang-uang tersebut untuk membeli hal-hal yang hanya digunakan sesaat saja?

Anda harus merubah pemikiran tentang uang seperti: jangan menghabiskan lebih dari yang Anda miliki. Ketika Anda ingin berhutang pun, Anda harus berpikir jangan menghabiskan lebih dari yang Anda mampu bayar kembali. Terkadang kita lupa akan hal ini!

Selain itu, ada begitu banyak informasi gratis di luar sana yang menunjukan bagaimana memperbaiki setiap aspek kehidupan finansial. Apabila Anda membaca media keuangan, konsultan keuangan, mereka kadang hanya fokus pada angka. Padahal uang bisa menjadi penyebab utama seseorang mengalami depresi, perceraian, penggunaan obat-obat terlarang, dan masalah kesehatan.

Anggap Uang Seperti Naskah

Layaknya seorang aktor yang akan syuting dalam sebuah film. Sebelum mereka syuting, para aktor ini akan disuguhkan dengan skrip. Hal ini pun berlaku bagi kita yang ingin membuat sebuah pilihan tentang kondisi keputusan keuangan yang diambil. Dengan memberlakukan uang layaknya naskah film.

Menurut Penulis Buku Conscious Finance, Rick Kahler menyebut kondisi ini dengan conditioning dengan sebutan “Money Scripts”. Money Scriptmerupakan hasil keadaan sejak kita lahir. Ketika masalah keuangan hadir, kita selalu fokus pada angka.

Lalu bagaimana Anda bisa mengelola uang dengan bijak dan berpikir ulang tentang uang yang Anda miliki? Tentunya sulit jika Anda tidak terbiasa melakukan hal tersebut. Tetapi kita sudah merangkum bagaimana Anda bisa merubah pikiran tentang uang.

Kuasai Pola Pikir Tentang Uang

Bagaimana pemikiran Anda tentang uang? Apakah uang adalah segalanya bagi Anda? Termasuk untuk membeli yang katanya “kebahagiaan.” Jika Anda berpikir seperti itu, Dalam kehidupan Anda akan berpikir kalau uang adalah segalanya untuk Anda. Cobalah untuk mengganti mindset seperti ini.

Sama seperti Anda berpikir kalau “Saya tidak pantas mendapat uang.” Kemungkinan akan memiliki kehidupan Anda akan sulit dalam mendapatkan uang. Bahkan Anda bisa tidak menghasilkan uang sama sekali.

Pola pikir inilah yang harus Anda miliki. Anda harus berpikir bagaimana uang ini bisa menjadi penolong Anda atau bencana bagi diri Anda. Rubahlah mindset jelek Anda tentang uang dari sekarang. Jadikanlah uang sebagai cara Anda untuk memandang masa depan. Jangan hanya berpikir untuk saat ini.

Hilangkan Rasa Takut

Banyak manusia yang ingin mendapatkan uang banyak. Tetapi mereka takut untuk melakukan tindakan lebih agar bisa mendapatkan uang lebih banyak dari yang mereka dapatkan saat ini. Mereka lebih senang dengan apa yang mereka miliki saat ini dan mereka sudah merasa nyaman dengan kondisi yang mereka alami sekarang.

Rasa takut akan membuat Anda berpikir tidak rasional, dan tidak melakukan perencanaan yang baik. Padahal rasa takut ini bisa Anda lawan ketika Anda memiliki rencana dan impian yang nyata. Banyak manusia yang takut dan berpikir mengenai masa pensiun, dan pendidikan anak misal. Banyak orang takut akan hal ini dan membuat mereka merasa hancur.

Saat ini, ketika usia Anda masih cukup muda dan Anda berpikir untuk membangun bisnis, sekaranglah saatnya. Anda bisa membangun sebuah bisnis ataupun mencoba untuk berbisnis terlebih dahulu. Tak perlu mencari bisnis yang memakai modal besar, Anda bisa memulai bisnis dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali.

Banyak sekali jenis bisnis yang bisa Anda coba. Salah satunya menjadi Accurate Digital Partner (ADP). ADP merupakan reseller produk software pembukuan Accurate Online yang menjadi kebutuhan para pemilik UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia yang ingin rapih pembukuan dan memiliki laporan keuangan yang baik. Sehingga memudahkan Anda dalam melaporkan pajak.

Dengan sistem komisi yang besar, serta mendapatkan networking, ADP menjadi salah satu bisnis yang patut Anda coba. Apa lagi ini sangat mudah dilakukan. Anda tidak ribet, dan sudah memiliki market yang jelas. Anda bisa membantu sebagian besar UMKM di Indonesia.

Berpikir Bisa Menghasilkan Uang Lebih Banyak

Gimana caranya agar Anda mendapatkan uang lebih banyak? Memang sulit, tetapi jika dari saat ini Anda sudah memikirkan hal ini. Anda akan mudah untuk melakukan hal tersebut. Sebab Anda sudah bisa berpikir untuk mencari passive income dari bisnis sampingan atau pekerjaan sampingan lainnya.

Lagi pula, Anda lah yang bertanggungjawab atas kesuksesan finansial Anda. Bukan pasangan Anda, orang tua Anda, teman-teman Anda, apa lagi bos Anda. Jadi semua ada ditangan Anda. Jadi, jika Anda memang benar-benar ingin menghasilkan uang lebih banyak, Anda harus berpikir lebih besar untuk menghasilkan uang. Anda harus berpikir bisa mendapatkan lebih banyak uang. Anda harus menguatkan niat ini.

Apakah Anda Perlu Dorongan Ide untuk Memotivasi Diri Anda untuk menghasilkan Lebih Banyak Uang? Beberapa ide ini bisa membantu Anda dalam menghasilkan uang lebih banyak!

  • Saya ingin meningkatkan pendapatan rumah tangga saya!
  • Saya akan menghasilkan lebih banyak uang tahun ini daripada tahun lalu. Sehingga saya mencari tahu bagaimana saya bisa mendapatkan itu.
  • Apakah perlu memulai bisnis sampingan atau mendapatkan penghasilan sampingan?

Jika Anda berpikir untuk menghasilkan lebih banyak uang dengan mengikuti poin ketiga, sangat di sarankan Anda untuk bergabung sebagai ADP. Anda tidak hanya akan diberikan materi-materi yang akan membantu Anda untuk bisa menghasilkan banyak uang. Tetapi Anda juga akan mendapatkan materi-materi yang berguna untuk kehidupan bisnis Anda. Mulai dari digital marketing, cara memberikan presentasi kepada calon customer, dan membangun networking.

Sekarang sudah saatnya Anda merubah mindset tentang uang. Anda harus bisa mengeluarkan motivasi-motivasi besar untuk merubah pikiran Anda tentang uang. Jangan sampai uang membuat Anda menjadi tersiksa. Sudah saatnya, jika Anda merasa selalu kurang, Anda harus bisa menghasilkan uang lebih banyak lagi sekarang juga dan jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan agar Anda bisa menikmati betapa besarnya kebaikan Tuhan yang telah diberikan kepada Anda.

Navadelia
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website