Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

Gimana Sih Mengenal Perilaku Konsumen untuk Tingkatkan Omzet Bisnis Offline dan Online? Langkah Ini akan membantu Anda!

ABC Palem > Bisnis #GoLimitless  > Gimana Sih Mengenal Perilaku Konsumen untuk Tingkatkan Omzet Bisnis Offline dan Online? Langkah Ini akan membantu Anda!

Gimana Sih Mengenal Perilaku Konsumen untuk Tingkatkan Omzet Bisnis Offline dan Online? Langkah Ini akan membantu Anda!

Bisnis saat ini menjadi pilihan orang-orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Mereka selalu mencari bisnis apa yang cocok dan sesuai dengan minat. Mungkin Anda pun ingin memulai bisnis, tapi Anda bingung bisnis apa yang cocok untuk dilakukan. Ada hal penting sebelum memulai bisnis yang harus diketahui oleh para pengusaha. Bukan hanya soal barang yang akan Anda tawarkan kepada konsumen, tapi juga mengenal perilaku konsumen agar produk laris terjual yang harus Anda ketahui.

Kenapa konsumen penting? Karena konsumen adalah target market kita. Jika tidak ada konsumen, produk yang Anda jual tidak akan laku dan di beli. Bagaimana agar produk yang Anda jual dicari dan dibeli oleh konsumen? Anda wajib mengetahui bagaimana perilaku konsumen atau karakter dari konsumen yang Anda sasar.

Bagaimana Mengenal Perilaku Konsumen Agar Produk Bisa Laris?

Jika Anda sebagai penjual tidak mengetahui bagaimana watak konsumen ketika membeli barang, tentunya akan sulit menjual barang atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan mengetahui karakter pembeli, Anda akan bisa dengan mudah dalam menjual produk tersebut.

Apa Sebenarnya Perilaku Konsumen?

Perilaku konsumen adalah proses calon konsumen dalam memutuskan untuk membeli, menggunakan, atau mengkonsumsi suatu produk yang Anda tawarkan. Jadi Anda harus mengetahui keputusan apa yang menyebabkan konsumen mau membeli produk yang Anda tawarkan, serta bagaimana konsumen akhirnya memutuskan mengkonsumsi produk yang Anda jual tersebut.

Tetapi perilaku konsumen tidak sesederhana hal itu, Anda harus mengetahui lebih jauh mengenai perilaku konsumen agar bisa menjual produk yang Anda tawarkan tepat sasaran. Apa lagi saat ini, sudah menjadi era internet. Banyak konsumen yang lebih memilih untuk belanja secara online dibandingkan datang langsung ke lokasi.

Perilaku Konsumen Indonesia yang Wajib Diketahui Penjual

Karakterisitik konsumen di Indonesia sangat beragam. Hal ini yang membuat banyak produsen harus benar-benar memutar otak untuk bisa mendapatkan konsumen yang cocok dan tepat. Berikut beberapa karakteristik konsumen di Indonesia.

Melihat Tren

Konsumen di Indonesia sangat suka dengan tren yang sedang booming. Produk yang sedang mengikuti tren, produk itu akan mereka beli. Selain itu, konsumen di Indonesia pun suka ikut-ikutan membeli sebuah produk jika, tetangga atau kerabatnya membeli produk tersebut dan produk tersebut benar-benar sangat menarik.

Bagi seorang produsen, mengenal perilaku konsumen yang hanya suka melihat tren wajib dipahami. Masyarakat Indonesia sangat suka dengan produk yang sedang tren. Untuk itu ini bisa menjadi modal awal produsen untuk menyasar konsumen yang cocok dengan produk yang akan ditawarkan.

Mudah Sekali Terpengaruh dengan Iklan

Banyak konsumen di Indonesia yang sangat mudah terpengaruh dengan iklan. Jika iklan yang dikemas oleh si produsen menarik, si konsumen akan membelinya. Apa lagi jika iklan yang ditampilkan benar-benar sesuai dengan keinginan konsumen Indonesia. Produk yang melakukan iklan dan bisa mempengaruhi konsumen, biasanya akan sukses dan produk tersebut akan banyak yang beli. Salah satu contoh produk yang berhasil mendapatkan hati konsumen dari iklan adalah produk Antangin pada 2010.

Karakter Produk yang Berbudaya Lokal

Tak dipungkiri kearifan budaya lokal yang ada di Indonesia masih menjadi pegangan penting bagi beberapa produsen untuk merebut hati masyarakat Indonesia. Ini merupakan strategi para produsen yang ingin mengenal perilaku konsumen agar omzet meningkat, jangan meninggalkan budaya lokal untuk bisa masuk ke hati konsumen.

Salah satu produk yang sukses untuk mengambil hati konsumen adalah Indomie. Varian rasa dari Indomie berhasil membuat masyarakat Indonesia untuk membeli Indomie dengan beberapa varian rasa. Seperti Indomie Goreng Rendang, Indomie Soto Lamongan, dan Indomie Goreng Sambal Ijo yang sukses memikat hati konsumen Indonesia dengan mengambil varian rasa sesuai kearifan lokal Indonesia.

Religius

Masyarakat Indonesia memiliki tingkat religius yang tinggi, modal ini harus digunakan oleh para produsen yang ingin mengenal perilaku konsumen Indonesia untuk meningkatkan omzet penjualan produk mereka.

Masyarakat Indonesia sangat suka dengan produk-produk yang berbau religius. Banyak sekali produk-produk yang sukses karena mengambil konsumen dengan menyasar pandangan religius masyarakat setempat.

Salah satunya adalah produk-produk hijab yang telah sukses menggaet masyarakat Indonesia yang sebagian besar beragama Islam. Serta produk-produk Herbal yang sukses terjual, meskipun tanpa adanya iklan di media massa bisa sukses dan diterima oleh masyarakat karena mengincar masyarakat yang religius.

Ikatan Sosial

Masyarakat Indonesia sangat suka dengan ikatan sosial atau bersosialisasi. Ajang ini pun menjadi salah satu karakter konsumen Indonesia terhadap sebuah produk. Brand harus mampu mengenal perilaku konsumen yang memiliki ikatan sosial yang kuat. Ini bisa menjadi cara yang tepat untuk mengenali perilaku konsumen Indonesia bagi para produsen. Jika di suatu komunitas masyarakat, ada beberapa anggota yang memakai brand itu, anggota yang lain pun akan ikut menyukai brand tersebut.

Banyak produk yang berhasil masuk ke komunitas, dan produk tersebut sukses serta sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Salah satu produk tersebut adalah beberaa Produk MLM seperti Melia Sehat Sejahtera yang anggotanya ribuan, dan juga Paytren yang bisa menggaet bahkan membentuk komunitas produk tersebut. Trik mendekati konsumen yang memiliki ikatan sosial bisa dicoba oleh produsen yang ingin sukses dalam meningkatkan omzet.

Navadelia
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website