logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

Membuat Barcode Report di ACCURATE Accounting Software

ABC Palem > Accurate Desktop  > Membuat Barcode Report di ACCURATE Accounting Software

Membuat Barcode Report di ACCURATE Accounting Software

Di bulan Mei ini kami menerima beberapa pertanyaan dari client kami “bisakah ACCURATE membuat barcode?”. Jawabannya “Ya, ACCURATE Accounting Software bisa menghasilkan report barcode”. Jadi perlu kita bedakan membuat barcode dengan menghasilkan report barcode, karena seperti yang kita ketahui barcode memiliki banyak type dan setiap type memiliki rumus sendiri dalam menghasilkan kode barcode yang biasa disebut UPC (Universal Product Code). ACCURATE tidak bisa menghasilkan semua jenis UPC, jadi ACCURATE menggunakan nomor item sebagai UPC.

upc vs item number

Jadi jika Anda memerlukan report barcode untuk proses bisnis anda. Tidak ada salahnya untuk mencoba langkah-langkah berikut ini membuat report barcode di ACCURATE:

1. Buka Report > Index to Report > Other Report > preview Item List seperti pada laporan dibawah filter menampilkan Item No dan Item Description.

item list

Apabila dirasakan satu baris masih menyisahkan banyak ruang kosong, silahkan buat 3 kolom barcode, caranya : Modify | Groups, centang pilihan Split Page Into lalu disampingnya isi 3, klik Ok. Selanjutnya click menu Designer di preview laporan tsb.

item list grup

2. Di tampilan Designer, Double-click di Memo yang menampilkan Item No., pada contoh ini kita bisa lihat rumus yang di pakai memo ini adalah [First_Query.”COLUMNVALUE_1″] catat atau copy rumus ini, karena akan kita perlukan nanti.
Keterangan : Rumus di atas hanyalah contoh, pada laporan lain yang muncul akan rumus lain karena itu memang setiap men-desain laporan barcode perlu kita intip dulu rumus dari nilai yang ingin kita tampilkan sebagai barcode.

item number as barcode

item number as barcode 2

3. Selanjutnya pilih icon barcode lalu kita click di bagian ReportMasterData.

select icon barcode

4. Setelah di click akan muncul pilihan barcode, di bagian Expression masukkan rumus yang kita dapat di langkah nomor 2. Pilih Type of Bar tipe barcode yang akan digunakan misal Code128A lalu tekan OK.

barcode code128a

Kita dapat atur supaya bagian barcode lebih tinggi, caranya click sekali di tulisan ReportMasterData, akan ada titik hitam ditepi atas bawah kanan kiri, klik and drag(seret) kebawah untuk titik hitam bagian bawah. Setelah itu kita dapat atur posisi Item No, Item Descripion dan juga Barcode dengan cara click and drag ke posisi yang dimaksud.

5. Terakhir tinggal merapikan laporan agar ukuran barcode yang dicetak sesuai (perbesar memo, atur letak, dsb.) lalu kita save sebagai fr3 dan import sebagai Designed Report untuk berikutnya kita buka dari Report | Design Report Files.

item list barcode

Bagaimana jika kita butuh untuk di print sebagai barcode produk kita dengan menggunakan printer barcode? silahkan sesuaikan size dan margin label barcode Anda dengan cara kembali ke Designer.

menghapus baris

Jika telah selesai delete, silahkan Anda klik kanan pada page > edit
page size-border

label barcode

Jika sudah semua, silahkan lakukan save sebagai fr3 dan import sebagai Designed Report untuk berikutnya kita buka dari Report | Design Report Files.

Admin
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.