Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

Software Akuntansi Untuk Perusahaan Pabrikasi/Manufaktur

ABC Palem > Accurate Desktop  > Software Akuntansi Untuk Perusahaan Pabrikasi/Manufaktur

Software Akuntansi Untuk Perusahaan Pabrikasi/Manufaktur

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang nature of businessnya adalah mengolah barang baku menjadi barang jadi. Jika membahas pencatatan akuntansi untuk perusahaan manufaktur tentu akan jauh berbeda dengan perusahaan dagang, jasa, maupun kontraktor. Cara pencatatan yang jauh berbeda ini biasanya akan mencakup masalah persediaan, biaya produksi, overhead cost, hingga Harga Pokok Produksi atau Cost Of Goods Manufactured dalam bahasa Inggris

IMG_4413-1024x768
Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi/Manufaktur yang cara kerjanya masih secara manual tentu membutuhkan satu Sistem Software Akuntansi yang Akurat pencatatannya dan bisa mengakomodir mekanisme pekerjaan tersebut. Dalam tulisan ini, Accurate Business Center memiliki sebuah produk unggulan Indonesia yaitu suatu Sistem Software Akuntansi Accurate Indonesia yang memang sudah di design khusus untuk Perusahaan Pabrikasi/Manufacturing.

 

Accurate Akuntasi New Versi 5

ACCURATE Accounting Software atau ACCURATE Akuntansi Indonesia Versi  5 ini memiliki keunggulan varian lengkap Enterprise Edition yang khusus menangani pencatatan Akuntansi perusahaan Pabrikasi/Manufaktur. ACCURATE Accounting Software Versi 5 Enterprise Edition memiliki modul manufacturing yang terintegrasi dan memiliki siklus mulai dari pembuatan Bill Of Material (BOM) atau Formula Produk, lalu dilanjutkan denganpenerbitan SPK / Work Order, Pengeluaran bahan baku / Material Release dari gudang berdasarkan SPK dari Produksi, sampai pencatatan Finish Goods.

Report yang dapat dihasilkan oleh ACCURATE Accounting Software Versi 5 Enterprise Edition antara lain Product & Material Status, Variant Production, WIP report, hingga Report Cost Of Goods Manufactured (COGM). Lengkap dan mudah bukan?

fitur

 

 

Modul Manufaktur ini terdiri dari :

  • Modul Bahan Baku / Item berfungsi untuk mendaftarkan semua bahan baku yang digunakan, contohnya seperti Raw Material, Other Material, Subsidiary Material, Finish Good Material, dll.
  • Modul Biaya Produksi berfungsi untuk mendaftarkan biaya – biaya yang dikeluarkan untuk proses prosuksi seperti Biaya Gaji, Biaya Sewa, Biaya Listrik Produksi, dll.
  • Modul Formula Produk berfungsi untuk mencatat Formula Produk yang terdiri dari Bahan Baku dan Biaya – biaya yang digunakan untuk menghasilkan Barang jadi.
  • Modul Perintah Kerja berfungsi untuk membuat Surat Perintah Kerja / SPK untuk memproduksi Barang dan membuat surat permintaan Bahan Baku.
  • Modul Produk dan Bahan Baku Keluaran berfungsi mencatat kuantitas Produk Barang jadi yang dihasilkan berdasarkan masing- masing surat perintah kerja dan mencatat pengembalian bahan baku jika pemakaian lebih.

Seperti yang diketahui Perusahaan Manufaktur atau Pabrikasi adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi kemudian menjual barang jadi tersebut, Kegiatan ini sering disebut Proses Produksi.

Bidang Akuntansi yang menangani masalah produksi disebut akuntansi biaya (cost accounting). Tujuannya, menetapkan beban pokok produksi barang jadi.

Dibandingkan dengan Perusahaan Dagang, masalah khusus dalam Akuntansi Perusahaan Manufaktur adalah persediaan atau yang biasa di kenal Stok Barang , Biaya Pabrikasi (manufacturing costs), Biaya Produksi dan Beban Pokok Produksi.

Biaya-biaya yang terjadi dalam Perusahaan Manufaktur atau Pabrikasi selama suatu periode disebut biaya Manufaktur (manufacturing cost), atau lebih dikenal dengan biaya pabrik. Biaya ini digunakan untuk menyelesaikan barang yang masih sebagian selesai di awal periode, barang-barang yang dimasukkan dalam proses produksi periode itu dan barang-barang yang baru dapat diselesaikan sebagian di akhir periode. Pada dasarnya biaya pabrik dapat dikelompokkan menjadi:

  • Biaya bahan baku (raw materials cost) yaitu biaya untuk bahan-bahan yang dapat dengan mudah dan langsung diidentifikasikan dengan barang jadi. Contoh bahan baku adalah kayu bagi perusahaan mebel atau tembakau bagi perusahaan rokok.
  • Biaya tenaga kerja lansung (direct labor cost) adalah biaya untuk tenga kerja yang menangani secara langsung proses produksi atau yang dapat diidentifikasikan langsung dengan barang jadi. Contoh buruh langsung adalah tukang kayu dalam perusahaan mebel atau pelinting rokok dalam perusahaan rokok (Sigaret Kretek Tangan = SKT).
  • Biaya overhead pabrik (overhead cost) adalah biaya-biaya pabrik selain bahan baku dan tenga kerja langsung. Biaya ini tidak dapat diidentifikasikan secara langsung dengan barang yang dihasilkan.

Contoh biaya overhead pabrik adalah:

  • Bahan pembantu (kadangkadang disebut: bahan tidak langsung (indirect materials) misalnya perlengkapan pabrik (mur, baut dan pelitur dalam perusahaan mebel);
  • Tenga kerja tidak langsung (indirect labor) yaitu tenaga kerja yang pekerjaannya tidak dapat diidentifikasikan secara langsung dengan barang yang dihasilkan, misalnya gaji mandor;
  • Pemeliharaan dan perbaikan (maintenance and repair);
  • Listrik, air telepon dan lainlain.

 

Report yang dapat dihasilkan oleh ACCURATE 5 Enterprise Edition antara lain Product & Material Status, Variant Production, WIP report, hingga Report Cost Of Goods Manufactured (COGM). Lengkap dan mudah bukan ?

Laporan Pabrikasi accurate 5

Untuk pertanyaan atau informasi lain, dapat menghubungi kami ke :

Posted by : Hizkia Sulaeman
Email : hizkia@myabcshop.com
Phone : 0822 9876 1481

Admin
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.