skip to Main Content
Sehubungan Pandemi COVID-19, kantor kami tutup sampai 24 April 2020. Kami tetap siap melayani Anda via telepon, chat, & email.
15 Jenis Bisnis Modal Kecil Yang Mudah Anda Kembangkan

15 Jenis Bisnis Modal Kecil yang Mudah Anda Kembangkan

Bisnis bisa dijadikan sebagai usaha utama atau hanya sebagai sampingan dari pekerjaan kita. Ada banyak manfaat dari berbisnis selain menambah pemasukkan juga menambah relasi atau silaturahmi antar pebisnis. Tidak harus membangun bisnis besar, Anda juga bisa memulai bisnis dengan modal kecil dan mudah untuk dikembangkan. Jika dilihat dari keuntungannya setiap orang pasti pasti ingin sekali mencoba untuk berbisnis.

Namun sebagian besar orang mengalami kendala modal untuk membuka usaha atau bisnis. Kurang nya informasi yang menyebabkan hal itu terjadi. Saat ini sudah banyak jenis bisnis yang dapat dilakukan dengan modal kecil bahkan tanpa harus mengeluarkan modal. Bisnis dengan modal kecil, mudah dikerjakan, dan bisa menambah pemasukkan sebenarnya ada banyak jenisnya. Tapi ketika mendapatkan informasi mengenai bisnis jenis ini, Anda harus mengetahui benar atau tidaknya.

Disini kami akan menyajikan beberapa jenis bisnis dengan modal kecil dan mudah yang dapat di coba atau dilakukan sehingga dapat menambah penghasilan Anda. Berikut akan dijelaskan 15 jenis bisnis modal kecil yang mudah dikembangkan yang dapat menambah penghasilan kita.

Bisnis les privat

Bisnis dengan modal kecil dan dan mudah yang pertama adalah bisnis les privat. Bagi Anda yang memiliki bakat mengajar atau yang berprofesi sebagai guru, bisnis ini patut di coba. Ketika ingin memulai bisnis les privat, kita bahkan tidak mengeluarkan modal sama sekali. Caranya dengan menawarkan jasa kepada tetangga, teman dan orang-orang dekat kita. Jenis les privat juga sangat beragam, pilihlah yang sesuai dengan bidang, hobi atau fashion Anda.

Jenis les privat yang bisa untuk anak-anak seperti les privat menggambar, menari, mengaji, dan belajar berhitung. Kemudian untuk akan sekolah bisa berupa les mata pelajaran, olahraga, seni musik, tari dan lainnya. Selanjutnya les privat untuk orang dewasa seperti les komputer, bahasa pemrograman web, android juga les bahasa asing, baik itu bahasa inggris, bahasa mandarin, bahasa lainnya.

Dropshipper

Bisnis yang satu ini bisa dilakukan oleh semua orang dan semua kalangan, baik itu orang tua maupun anak muda. Bisnis dropship adalah bisnis yang mudah dilakukan. caranya adalah kita memasarkan barang atau jasa orang. Pemasarannya tentu dengan harga yang lebih besar dibanding dengan harga kita beli di supplier.  Nanti ketika ada orang yang order di kita, baru lah mereka akan transfer pembayaran.

Kita baru pesan barang dan transfer uang ke supplier kita. Sehingga kita disini hanya sebagai penyalur yang tanpa mengeluarkan modal yang besar. Dropshiper ini juga bisa dilakukan di toko online seperti tokopedia, shoppee, bukalapak dan toko online lainnya. Tentukan dahulu supplier kita. lalu promosikan barangnya. Untuk promosi bisa melalui soal media kita. kita pasang saja foto-foto barang yang akan kita jual.

Bisnis Desain Grafis

Bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk membuat desain. Seperti desain spanduk, kartu undangan, player dan juga desain produk. Anda bisa gunakan kemampuan Anda untuk menambah pemasukan Anda. Caranya kita buat contoh dari desain kita. lalu kita promosikan melalui sosial media kita.

Video editor

Video editor ini juga sebuah bisnis yang dapat dilakukan dengan modal kecil dan mudah bagi Anda yang mau belajar. Jika dirumah kita memiliki komputer atau laptop Anda bisa mencoba bisnis  video editor. Macam-macam video editor ini juga banyak. Bisa membuat video pemasaran produk, video acara-acara tertentu dan video undangan pernikahan, ulang tahun dan lainnya.

Menjadi selebgram atau influencer

Untuk menjadi selebgram tidak hanya anak muda saja, orang tua pun bisa. Tentu untuk menjadi selebgram kita harus memiliki bayak follower media sosial kita baik di instagram atau yang lainnya. Untuk mendapatkan follower yang banyak buatlah konten-konten yang memang unik dan dicari banyak orang. Misalnya : jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga, Anda bisa membuat konten masakan. Buatlah konten yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

Jasa Admin media sosial

Bisnis atau pekerjaan ini cocok bagi Anda yang selalu aktif di media sosial. Jadi selain main media sosial Anda juga bisa menambah penghasilan juga. Tentu sangat menguntungkan bukan? Ya bagi anak muda atau remaja yang suka main media sosial bisnis ini wajib di coba, modalnya hanya smartphone dan paket data. Caranya adalah Anda harus mencari orang yang membutuhkan admin di media sosial. Untuk mencari pekerjaan atau bisnis ini adalah Anda harus mengunjungi web freelance yang menyediakan berbagai macam jenis jasa. Contoh web freelance yang sudah terkenal adalah seperti projects.co.id atau sribulancer

Jasa content writter

Content writter biasanya sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan untuk menjelaskan produk atau layanannya. Sehingga perusahaan membutuhkan orang yang bisa membuat artikel atau konten yang dapat menarik pengunjung untuk mengetahui perusahaan mereka lebih jauh baik itu produk maupun layanannya.

Jasa fotografi

Fotografi adalah bisnis yang membutuhkan modal yang sedikit dan mudah untuk dikembangkan jika Anda menyukai dan memiliki hobi fotografi. Jika dirumah kita memiliki kamera kita bisa melakukan pekerjaan ini, terutama untuk Anda yang hobi foto. Selain Anda menjual jasa fotografinya Anda bisa menjual foto hasil jepretan Anda juga. Ada beberapa situs web online yang memang dikhususkan untuk jual beli foto contohnya adalah  Shutterstock. Tentu hasil foto yang bagus yang dapat bernilai jual tinggi.

Bisnis pembayaran PPOB

Bisnis ini juga bisa dibilang modal kecil dan sangat mudah dijalankan, karena kita hanya menyediakan layanan untuk pembayaran PPOB seperti bayar listrik, PDAM, BPJS dan pembayaran online lainnya. Anda bisa manfaatkan itu. Misalnya karena kadang tetangga Anda malas untuk membayar listrik langsung ke PLN. Jadi mereka membayar di tempat terdekat seperti tempat Anda.

Bisnis konveksi

Untuk membangun bisnis konveksi ini jika kita lihat modal yang dikeluarkan sangat kecil sehingga cocok sekali jika ingin memulai bisnis. Bisnis konveksi ini bisa dijadikan bisnis utama ataupun bisnis sampingan bagi yang bekerja. Keuntungan bisnis ini juga cukup menggiurkan. Sehingga bisnis ini layak Anda coba.

Bisnis kuliner rumahan

Bisnis ini adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan jika Anda sebagai ibu rumah tangga. Bisnis ini tidak banyak mengeluarkan modal karena kita membuat aneka makanan yang bahan-bahannya berasal dari bahan kebutuhan kita sendiri. Buatlah bisnis makanan atau kuliner dimulai dari skala yang kecil terlebih dahulu. Hal ini agar Anda tidak harus banyak-banyak mengeluarkan modal di awal. Untuk menjualnya bisa membuat etalase dirumah atau memasarkannya melalui cara online baik sosial media maupun bekerja sama dengan gofood atau grabfood.

Menjadi blogger

Kebanyakan orang tidak mengetahui ada potensi penghasilan yang dapat dilakukan dari sebuah blog. Blog yang dibuat secara gratis di bloggsot.com ternyata bisa menghasilkan tambahan uang. Banyak sekali peluang penghasilan dari sebuah blog. Seperti periklanan, menjadi afiliasi, menjual produk dan pasang iklan google. Untuk bisa menghasilkan iklan tentu kita harus memiliki pengunjung blog yang banyak. Untuk menarik pengunjung bisa dilakukan beberapa cara yaitu dengan membuat tampilan blog menarik, menentukan kata kunci atau keyword tertarget dan membuat tulisan atau isi blog yang menarik.

Menjadi youtuber

Menjadi youtuber tidak membutuhkan biaya yang banyak. Dengan bermodalkan smartphone Anda sudah bisa menjadi youtuber. Anda bisa mengambil video dengan smartphone Anda, kemudian Anda edit dengan aplikasi di smartphone lalu Anda upload di youtube. Lakukan secara konsisten sehingga Anda bisa mendapatkan subcriber yang banyak.

Budidaya ikan lele

Budi daya ikan lele ini sangat mudah dilakukan jika kita memiliki tempat atau perkarangan yang luas. Anda bisa membuat kolam-kolam ikan disekitar rumah Anda. Bisnis ini hanya membutuhkan modal yang sangat minim. Namun ketika panen Anda bisa mendapat keuntungan yang cukup besar.

Ternak ayam

Sama halnya seperti ternak lele, namun ternak ayam lebih mudah bisa dilakukan di desa maupun di kota yang memang belum ramai penduduk. Ketika kita ternak ayam kampung misalnya, Anda hany perlu mengeluarkan modal untuk membeli indukan saja. Anda bisa memberi makan ayam dengan nasi sisa kita atau juga bisa memberi pakan dengan jagung. Biaya untuk membeli jagung juga tidaklah mahal.

Kesimpulan

Diatas telah kami bahas jenis-jenis bisnis modal kecil dan mudah untuk dijalani. Hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun bisnis adalah Anda harus tetap konsisten tentang apa yang Anda tuju pada awalnya. Seiring perkembangan zaman, praktek membangun bisnis juga menjadi lebih mudah untuk Anda lakukan. Lakukan juga pencatatan pengeluaran dan pemasukan bisnis melalui pembukaan usaha yang benar.

Dengan pembukuan yang baik, Anda bisa dengan mudah membuat rencana bisnis berdasarkan data keuangan bisnis secara faktual. Jika Anda ingin merasakan kemudahan dalam proses pembukuan bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accuate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Memiliki fitur terbaik dan fitur terlengkap di Indonesia, telah menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi terbaik dan telah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *