skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

16 Ide Bisnis yang Tepat untuk Ibu Rumah Tangga

Saat ini, setiap ibu rumah tangga tidak hanya bisa mengurus rumah saja, karena sudah banyak hal bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, salah satunya adalah menjalankan bisnis ibu rumah tangga. Lantas apa saja bisnis yang cocok untuk dilakukan para ibu-ibu rumah tangga. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Terkadang, menjadi seorang ibu rumah tangga membuat kita kesulitan untuk bisa memiliki penghasilan lebih. Alasannya tentu saja karena menjadi ibu rumah tangga mempunyai tanggung jawab yang sangat banyak sekali di rumah. Tanggung jawab itu bisa berupa memastikan seluruh bagian dari rumah bersih, memastikan anak sudah terawat secara baik, memasak, mencuci piring, mengantar jemput anak ke sekolah, dll. Rasanya, hampir seluruh profesi yang dilakukan oleh ibu rumah tangga dilakukan dari pagi sampai sore. Walaupun diantaranya ada waktu yang masih bisa digunakan untuk beristirahat. Namun, perlu Anda ketahui bahwa menjadi ibu rumah tangga juga memiliki peluang yang besar seperti halnya wanita karir. Caranya adalah dengan melakukan bisnis. Nah, berikut ini adalah bisnis yang tepat untuk ibu rumah tangga.

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga

1. Reseller atau Dropship

Di sela-sela waktu luang, Anda bisa melakukan bisnis reseller atau dropship yang potensi keuntungannya akan sangat besar jika Anda rajin melakukannya. Anda bisa menjual berbagai produk apapun, mulai dari pakaian anak-anak, kosmetik, pakaian dewasa, makanan, dll. Anda hanya harus lebih aktif di internet, seperti di sosial media dan marketplace, lalu tawarkan produk yang ingin Anda jual kembali di sana. Selain itu, barang yang akan dijual kembali ini bisa juga Anda tawarkan secara offline ke tetangga ataupun teman Anda.

2. Jasa Rias

Memang seluruh wanita rasanya memiliki keahlian dalam berdandan, tapi tidak semua agenda membolehkan mereka untuk merias dirinya sendiri, seperti saat melakukan acara pernikahan, wisuda, pemotretan, atau acara lainnya. Nah, Anda bisa menjalankan bisnis jasa rias yang cukup fleksibel ini karena tidak perlu membuang banyak waktu.

3. Katering

Bisnis yang satu sudah banyak dilakukan oleh para ibu-ibu rumah tangga karena menawarkan penghasilan yang menjanjikan selama masih ada orang yang memerlukan jasa ini untuk menyiapkan konsumsi pada acara yang mereka adakan. Baik itu untuk acara pengajian, arisan, pernikahan, rapat, pertemuan, atau pertemuan lainnya yang memerlukan konsumsi. Bisnis ini mampu memberikan kesempatan pada setiap ibu rumah tangga untuk bisa memiliki penghasilan yang lebih, karena bisa dinilai bisnis makanan adalah bisnis yang mampu memberikan profit atau keuntungan yang banyak. Selain itu, dalam waktu yang bersamaan juga Anda bisa menyiapkan makanan dirumah untuk suami dan anak Anda.

4. Berjualan Online

Sama seperti bisnis menjadi reseller atau dropshiper, hanya saja cakupan dari bisnis online ini sangatlah luas. Anda bisa menjual berbagai produk handmade atau produk lainnya yang Anda buat sendiri. Melakukan bisnis ini tergolong sangat mudah, karena saat ini sudah banyak sekali situs marketplace yang bisa Anda jadikan andalan, banyak konsumen di dalamnya, dan juga gratis.

5. Penulis Freelance

Untuk Anda yang memiliki hobi menulis atau memiliki latar belakang dibidang penulisan, maka Anda bisa menjadi penulis lepas yang juga memiliki potensi keuntungan yang besar. Pekerjaan ini juga bisa Anda lakukan dirumah ketika seluruh pekerjaan rumah sudah selesai dikerjakan, pada malam hari, atau pada waktu lain ketika luang. Terlebih lagi, di era digital seperti saat ini, sudah banyak perusahaan yang menggunakan website atau aplikasi yang mana didalamnya memerlukan berbagai artikel yang dibuat oleh penulis.

6. Voice Over Artist

Apabila Anda dirumah dan mempunyai suara yang merdu, Anda dapat menjual suara Anda tersebut. Anda bisa menjualnya untuk berbagai karya seni pesar, seperti dalam buku audio, jingle radio, dll.

7. Membuat Tas

Saat ini, perkembangan bisnis fashion selalu meningkat setiap harinya, hal tersebut menjadi lahan basah untuk para ibu rumah tangga. Kenapa? Karena hampir seluruh produk fashion selalu laris dan diserbu oleh setiap konsumen. Pun sama halnya dengan produk tas. Saat ini, tas bukan hanya diperlukan untuk keperluan sekolah atau kerja saja. Karena sekarang ini, tas sudah menjadi bagian dari fashion yang memiliki banyak penggemar. Namun, disarankan agar Anda mempersiapkan modal yang cukup terlebih dahulu sebelum memulai bisnis ini, baik itu modal dalam bentuk dana ataupun keterampilan yang mumpuni. Lalu, Anda hanya perlu mencari rekan yang bisa diajak bekerjasama untuk menjadi penyedia bahan baku dan rekan untuk jaringan pemasaran Anda.

8. Jasa Laundry Kiloan

Saat ini, usaha bisnis laundry masih memiliki peluang yang baik, terutama untuk Anda yang tinggal di kota besar. Terlebih lagi, modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Dengan menggunakan satu mesin cuci dan satu ruangan kecil agar pelanggan Anda mau menerima atau menyerahkan pakaian Anda, maka Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Namun, Anda perlu memerhatikan lokasi agar usaha Anda bisa bertahan cukup lama. Beberapa saran lokasi strategis untuk menjalankan bisnis ini adalah area dekat kampus, kos-kosan, kawasan pabrik, atau perkantoran.

9. Desain Grafis

Desain grafis adalah salah satu proses kreatif yang sudah tersebar ke berbagai lini, mulai dari web face, tampilan aplikasi, hingga kemasan produk. Keahlian ini bisa Anda jadikan sebagai karir yang memuaskan dan sekaligus menantang. Anda hanya perlu menyiapkan komputer atau laptop yang mumpuni untuk bisa menjalankan aplikasi adobe photoshop, atau aplikasi desain lainnya.

10. Event Organizer (EO)

Sudah banyak cerita wanita sukses dalam menjalankan jenis usaha ini, karena pada dasarnya wanita memang memiliki kemampuan organisasi yang cukup baik. Anda juga bisa mencoba mengatur berbagai acara seperti ulang tahun anak, pernikahan, tunangan, atau lamaran. Anda bisa melakukan bisnis ini dengan teman Anda karena bisnis ini memerlukan energi dan juga waktu yang banyak.

11. Bisnis Menjahit

Bila Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian menjahit, maka Anda bisa membuka jasa menjahit pakaian. Jasa menjahit ini masih sangat dicari oleh banyak orang karena sering kali kebanyakan orang tidak mempunyai ukuran yang sesuai untuk badannya. Terlebih lagi jika Anda meningkatkan kemampuan tambahan Anda seperti menjahit baju kebaya dengan berbagai model atau mempunyai keahlian membordir pakaian. Hal tersebut bisa menjadi nilai plus untuk Anda.

12. Toko Kelontong

Membuka toko kelontong yang serba ada dengan skala yang kecil adalah salah satu hal yang masih sangat mungkin untuk dilakukan oleh ibu rumah tangga sambil mengurus kebutuhan rumah tangganya, terlebih lagi untuk Anda yang tinggal di wilayah perumahan. Umumnya, kebanyakan orang memerlukan sesuatu yang berskala kecil dan sangat malas untuk membeli barang di toko yang besar karena jaraknya yang jauh. Oleh karena itu, toko kelontong yang menjual berbagai aneka barang dagangan akan sangat diperlukan. Terlebih lagi, modal yang Anda perlukan untuk membuka toko ini pun tidak terlalu besar.

13. Bakery Business

Jika Anda hobi membuat makanan ringan, cemilan, kue, atau jajanan rumah, maka Anda bisa menjadikan hobi Anda sebagai peluang bisnis ibu rumah tangga. Anda bisa membuat berbagai jenis kue atau jajanan. Agar lebih menarik minat pembeli, Anda bisa menambahkan toping yang menarik dan indah sesuai dengan kreasi Anda sendiri.

14. Bisnis Penerjemah

Untuk Anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing, Anda bisa membuka jasa bisnis penerjemah untuk menambah uang jajan Anda. Anda bisa memperoleh bayaran dari jasa penerjemahan yang umumnya dibayar berdasarkan jumlah lembaran yang Anda kerjakan. Anda juga bisa mengerjakannya secara online dengan memanfaatkan suatu marketplace tertentu.

15. Bisnis Daycare

Bisnis daycare adalah bisnis yang sedang populer di tengah kota besar. Kehadiran jasa daycare ini bisa menjadi solusi pengasuhan anak untuk para orang tua yang bekerja. Selain itu, bisnis ini juga mampu memberikan keuntungan yang lumayan banyak. Untuk margin usaha daycare di kelas menengah keatas bisa menyentuh 40-45%, sedangkan untuk margin daycare di kelas menengah kebawah bisa mencapai 20%.

16. Bisnis Tempat Les Belajar

Apabila Anda hobi mengajar dan mempunyai kemampuan akademik yang baik pada suatu mata pelajaran tertentu, Anda bisa membuka tempat les untuk anak-anak sekolah di sekitar rumah Anda. Namun, pastikan dulu agar Anda memiliki kemampuan akademik dan juga keyakinan yang kuat sebelum menjalankan bisnis yang satu ini.

Penutup

Demikianlah ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa Anda lakukan di rumah atau di sela-sela waktu luang Anda saat mengurus rumah atau mengurus anak. Anda juga bisa menambahkan bisnis lain sekiranya sesuai dengan passion atau minat Anda. Tapi, bisnis apapun yang akan Anda pilih, Anda tetap harus melakukan manajemen keuangan yang baik agar bisnis ibu rumah tangga yang Anda lakukan bisa terus berkembang dan juga tidak tercampur dengan dana keperluan rumah tangga Anda. Nah, agar lebih mudah dalam melakukan manajemen keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Karena dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan lebih mudah dalam membuat dan mengecek laporan keuangan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun. Selain itu, data laporan juga akan tersimpan dengan aman dan Anda bisa lebih mudah dalam menggunakannya. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×