skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

2 Kemudahan Operasional Bisnis Barbershop dengan Sistem POS

Perlu Anda ketahui bahwa menjalankan bisnis barbershop itu tidaklah mudah. Di dalamnya Anda akan dituntut untuk memiliki ritme yang sangat cepat. Untuk itu, Anda harus dibantu dengan sistem POS yang sangat terpercaya. Sistem POS adalah sistem yang mampu mempercepat proses transaksi dan juga memberikan kemudahan untuk mengelola setiap pelanggan. Dengan menggunakan sistem yang tepat ini, maka operasional bisnis barbershop Anda akan menjadi lebih mudah.

Operasional Bisnis lebih sederhana

Software POS adalah suatu aset untuk bisnis, termasuk untuk bisnis menjalankan bisnis barbershop. Sistem ini mampu mengatur inventory atau persediaan, reservasi, kasir online, hingga memberikan fasilitas pembayaran digital. Diluar sana, sudah banyak sekali brand yang mengeluarkan aplikasi POS. Anda harus bisa menemukan aplikasi POS yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kunci utama dari maksimalnya operasional bisnis setiap hari tergantung dari layanan ataupun fitur yang mampu disediakan oleh aplikasi tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, reservasi di dalam software POS adalah hal yang harus dipertimbangkan. Mengatur janji atau jadwal kedatangan pelanggan klien yang dilakukan secara manual tentunya akan membingungkan Anda.

Risiko yang paling besar adalah terjadinya kekeliruan yang akan menyita banyak waktu. Untuk itu, gunakanlah software kasir yang mampu memudahkan Anda dalam membuat jadwal reservasi dengan pelanggan. Selain itu, pengaturan komisi juga sering menjadi sebuah masalah. Banyak barbershop yang menerapkan sistem komisi per layanan ataupun per langganan. Anda akan sulit menghitung komisi tersebut jika dilakukan secara manual. Ada banyak sekali risiko yang terjadi jika pengaturan komisi dilakukan secara manual.

Pertama, risiko kecurangan akan sering terjadi, seperti karyawan Anda mengaku sudah melakukan pelayanan yang pada kenyataanya tidak ia lakukan. Kedua, risiko tidak adil untuk setiap karyawan karena Anda melakukan kekeliruan perhitungan. Untuk itu, pilihlah aplikasi POS yang mampu membagi komisi, sehingga akan memudahkan operasional bisnis harian Anda. Anda bisa mengatur komisi tersebut berdasarkan produk yang terjual ataupun layanan yang dilakukan karyawan. Setiap ada karyawan yang memberikan layanan bisnis Anda, maka sistem POS akan menghitungnya secara otomatis.

Lantas, bagaimana caranya mengetahui karyawan yang bertugas tersebut? Anda tidak perlu mengkhawatirkannya, karena sistem POS yang baik umumnya sudah dilengkapi dengan fitur absensi dan juga jam kerja karyawan. Setiap jam masuk dan pulang, karyawan Anda harus absen dengan menggunakan sistem POS tersebut. Sehingga, Anda bisa mengetahui siapa saja yang bekerja di hari tersebut. 

Lebih Mudah Menyusun Strategi Bisnis

Sama seperti bisnis pada umumnya, menentukan strategi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan data untuk merancang strategi pemasaran, mengelola pelanggan, sampai dengan pembagian beban kerja. Untuk itu, pilihlah suatu sistem yang mampu menyajikan data penting untuk strategi bisnis. contohnya, Anda bisa mengetahui berbagai jam pengunjung paling ramai. Sehingga, jumlah karyawan pun bisa dimaksimalkan di jam tersebut. Selain itu, pilih juga sistem yang memiliki fitur loyalti pelanggan. Data tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk mengatur strategi pemasaran, seperti menerapkan bonus keanggotaan ataupun diskon khusus untuk pelanggan.

Nantinya, pihak operasional juga akan menjadi lebih mudah karena pengaturan strategi bisa diterapkan di seluruh cabang. Sehingga, tidak akan ada lagi kesulitan untuk mengurus banyak cabang barbershop dalam membuat beragam program promo yang sama. Di sisi lain, idealnya para pebisnis pun akan diuntungkan dengan adanya kemudahan dalam memantau bisnis dari mana saja dan kapan saja. Untuk itu pastikanlah Anda memiliki aplikasi POS dengan basis cloud agar bisa diakses dimana saja, seperti Accurate POS.

Bagaimana pengalaman Anda selama ini menggunakan Accurate POS Beta? Ayo ceritakan pengalaman Anda ke email yang sudah kami kirim sebelumnya dan berikan kritik serta saran agar kami bisa menyediakan software POS yang baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

×