fbpx
skip to Main Content
3 Cara Mengatasi Tantangan Akuntansi Pada Bisnis Perhotelan

3 Cara Mengatasi Tantangan Akuntansi pada Bisnis Perhotelan

Industri travel dan bisnis perhotelan secara global merupakan salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Sementara meningkatnya permintaan tersebut, banyak pihak yang memberikan gambaran indah bagi industri perhotelan kedepannya, namun secara bersamaan, laporan itu juga memperingatkan bahwa ekosistem perhotelan rentan terhadap ancaman dari berbagai hal.

Bisnis perhotelan menjadi lebih harus ketat dalam pengelolaan biaya dan keuntungan, karena sekarang para tamu semakin mementingkan harga, kualitas, dan tingkat layanan yang mereka terima. Setiap hotel, besar maupun kecil, mencari solusi teknologi yang dapat membantu meningkatkan pendapatan, meminimalkan biaya, dan memaksimalkan keuntungan tanpa mempengaruhi kualitas layanan.

Tantangan unik ini mengharuskan hotel untuk tanggap, memiliki banyak pengalaman, dan mempelajari teknologi terbaru untuk merampingkan proses dan mendorong kinerja keuangan. Pemilik semakin bergantung pada data benchmark keuangan untuk memastikan mereka mendapatkan hasil maksimal dari setiap aset dan setiap kontrak manajemen.

Para pelaku bisnis perhotelan beralih ke software akuntansi dan mitra akuntansi khusus hotel untuk menyeimbangkan tantangan ini. Di bawah ini adalah tiga cara solusi akuntansi cerdas dapat menjawab kebutuhan unik hotel.

Pelaporan Berbasis Cloud untuk Setiap Tenaga Kerja

Tidak seperti beberapa bisnis yang mungkin hanya memiliki beberapa karyawan, karyawan hotel berkisar dari staf yang menghadap tamu di meja depan, restoran hotel, staf TI, dan masih banyak lagi. Satu hotel dapat memiliki karyawan paruh waktu, penuh waktu, dan freelance.

Mengelola penggajian adalah tantangan yang past, sehingga penting bagi pelaku bisnis perhotelan untuk memiliki cara untuk memantau biaya tenaga kerja harian, mengelola lembur, mengawasi transaksi penggajian harian, dan memiliki akses ke fungsi pelaporan yang sederhana.

Mengadopsi sistem pelaporan berbasis cloud dapat menawarkan pemantauan dan pengelolaan tenaga kerja yang baik secara cepat dan mengelola manajemen pendapatan juga mengelola transaksi secara real time.

Memusatkan Banyak Sumber Data

Sebagian besar pelaku bisnis perhotelan memiliki akses ke serangkaian set data, termasuk laporan keuangan, data logistik, survei kepuasan tamu, dan data aset dari berbagai properti. Dengan jumlah data yang sangat banyak, menganalisa semua itu secara manual adalah hal yang sangat menyulitkan.

Para pelaku bisnis perhotelan mungkin akan menghabiskan banyak waktu untuk menguraikan data menjadi sebuah laporan matang untuk membuat keputsan dalam pengembangan bisnis. Untuk itu, Anda bisa menggunakan software analisa bisnis yang dapat menunjukkan di mana efisiensi yang dapat ditingkatkan dan cara terbaik mengurangi pengeluaran.

Mengadopsi platform manajemen operasi yang memungkinkan pelaku bisnis perhotelan untuk mengimpor data ke dalam satu dashboard terpusat menggabungkan data akuntansi dan kinerja yang penting untuk membantu pelaku bisnis perhotelan dalam mengidentifikasi tren dan membuat keputusan yang lebih tepat.

Tim Akuntansi Cadangan

Hotel hidup atau mati di pasang surut dan fluktuasi bisnis mereka. Tim akuntansi internal secara teratur dipengaruhi oleh berbagai hal yang dapat diperkirakan seperti musim, hari besar, dan event tertentu, tetapi juga kejadian tak terduga seperti bencana alam.

Para pelaku bisnis perhotelan harus mengharapkan yang terbaik tetapi bersiap untuk yang terburuk dan memiliki tim akuntansi cadangan siap untuk melanjutkan operasi jika terjadi bencana. Apakah kebutuhan jangka pendek atau memerlukan rencana yang lebih panjang, akuntan eksternal khusus hotel dapat meningkatkan proses akuntansi lebih baik sesuai standar yang dibutuhkan dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Kesimpulan

Globalisasi dan perkembangan teknologi informasi telah menyebabkan perubahan dramatis dalam industri perjalanan. Karena industri perhotelan memiliki seperangkat kebutuhan yang sangat spesifik, sangat penting bagi pelaku bisnis perhotelan untuk memiliki alat yang tepat untuk menavigasi tantangan hari ini.

Industri perjalanan global tidak menunjukkan tanda-tanda melambat dalam waktu dekat, jadi hotel harus menggabungkan teknologi canggih untuk merampingkan operasi, mengoptimalkan manajemen tenaga kerja, dan mengakses data penting sambil mempersiapkan acara tak terduga berikutnya.

Accurate Online, software akuntansi yang memiliki segudang fitur untuk kemudahan setiap proses pembukuan semua bisnis, termasuk perhotelan. Fitur andalan untuk industri perhotelan seperti penggajian karyawan, aset, dan perpajakan, bisa Anda gunakan di Accurate Online.

Anda juga bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melaluiĀ link ini.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top