Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

3 Strategi Influencer Marketing yang Sedang Tren di Era Digital

ABC Palem > Bisnis #GoLimitless  > 3 Strategi Influencer Marketing yang Sedang Tren di Era Digital

3 Strategi Influencer Marketing yang Sedang Tren di Era Digital

Tidak dapat dipungkiri jika pada era digital seperti sekarang ini, internet menjadi senjata paling ampuh dalam berpromosi. Salah satunya dengan kehadiran platform sosial media yang memang sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang bergelut di bidang bisnis online.

Sosial media membawa berkah tersendiri baik bagi pebisnis online dan bagi pada influencer, karena strategi influencer marketing memang dipercaya sangat efektif dalam memasarkan brand para pebisnis online.

Sudah banyak bisnis yang dikenal karena menggunakan influencer untuk mem-branding produk mereka. Hingga mereka sukses mengenalkan produk yang mereka jual hingga dikenal luas oleh masyarakat.

Strategi Influencer Marketing, Apakah Itu?

Mungkin beberapa dari Anda merasa cukup asing dengan istilah strategi influencer marketing. Apakah itu? Sejatinya tiga kata tersebut berasal dari dua kata utama, yakni influencer marketing. Ini merupakan sebuah cara dalam berpromosi atau melakukan pemasaran (marketing) yang menggunakan influencer di media sosial.

Influencer sendiri artinya adalah merujuk pada seseorang yang memiliki sosial media dengan jumlah follower atau audience yang tergolong banyak. Siapa saja mereka? Bisa siapa saja, asalkan orang tersebut memiliki pengaruh yang kuat terhadap follower, seperti selebgram, youtuber, blogger, artis dan lain sebagainya.

Rasanya masuk akal jika influencer tersebut menjadi salah satu dari bagian strategi marketing, karena mereka pastilah disukai dan dipercaya, sehingga apa yang mereka sampaikan dan lakukan akan mudah diikuti oleh followersnya.

Mengapa Perlu Menggunakan Strategi Influencer Marketing?

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah mengapa perlu menggunakan strategi influencer marketing dan apa manfaatnya bagi para penggiat bisnis online? Berikut ini jawabannya.

1. Mampu meningkatkan nilai ROI (Return On Investment)

Menggunakan influencer sebagai strategi pemasaran dinilai mampu mendorong ROI yang lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan Bloglovin dengan hasil luar biasa.

Bahwa sebanyak 67 persen marketer menggunakan influencer dalam memasarkan produk atau jasa mereka mampu menjangkau khalayak yang lebih tertarget. Itulah mengapa fakta di lapangan mengungkapkan bahwa sebagian besar marketer memang merasa puas menggunakan jasa influencer.

2. Mampu menyampaikan pesan marketing secara otentik

Strategi marketing haruslah dipikirkan secara matang. Meskipun menggunakan influencer, tapi jangan mendikte dalam mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Sebaliknya, biarkan influencer tersebut bekerja dengan menampilkan kealamian diri mereka sendiri.

Hal ini akan sangat terkesan natural, sehingga akan mudah diterima dengan baik oleh para followers-nya. Bahkan tidak sedikit influencer yang melibatkan penggemar atau followers dalam menjalankan strategi influencer marketing. Hasil kontennya justru terlihat lebih otentik dan menarik.

3. Meningkatkan Sentiment Brand

Sentimen positif sangat diperlukan dalam membangun image brand yang positif. Oleh bebas itu, seorang influencer marketing harus bisa berusaha merebut hati konsumen dengan cara menciptakan kesan produk yang positif juga.

Penggunaan strategi influencer marketing ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis online, karena memang hasilnya mampu meningkatkan sentiment positif. Masih study dari Bloglovin bahwa sebanyak 76 persen marketer merasa puas dan diuntungkan dengan adanya influencer marketing tersebut.

Strategi influencer marketing terbukti mampu meningkatkan brand awareness pada sosial media bahkan bisa membuat penjualan produk atau jasa Anda meningkat. Oleh sebab itu, strategi seperti ini dipercaya mampu memberikan keuntungan pada bisnis marketer.

Meskipun demikian, Anda yang ingin menggunakan cara seperti ini harus mengerti dan memilah mana influencer yang baik serta sesuai dengan bisnis Anda dan akan memberikan keuntungan.

Beberapa diantara tipsnya adalah pilih influencer yang benar-benar percaya pada brand, produk atau layanan jasa Anda. Karena ketika influencer tersebut mencintai produk Anda, maka ia mampu menampilkan strategi marketing dengan konten yang natural dan otentik.

Navadelia
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website