fbpx
skip to Main Content
3 Tantangan Dan Solusi Saat Anda Membuka Bisnis Agen Perjalanan

3 Tantangan dan Solusi saat Anda membuka Bisnis Agen Perjalanan

Membuka usaha agen perjalanan saat ini bisa menjadi bisnis yang menarik. Beberapa orang yang ada dalam industri ini percaya bahwa agen perjalanan akan mengalami kebangkitan karena banyaknya minat baru dari para wisatawan milenial, sementara yang lain percaya bahwa agen perjalanan tradisional telah lama melampaui utilitas mereka dalam industri berbasis online.

Ada banyak masalah yang berada di tengah-tengah dua gagasan ini, tetapi bagaimanapun agen perjalanan adalah bisnis global yang kompleks dan saat ini dihadapkan pada sejumlah tantangan dalam mempertahankan bagian yang relevan dari industri, terutama ketika menyangkut proses bisnis.

Mengetahui garis besar masalah dalam membangun Bisnis Agen Perjalanan

Untuk agen perjalanan konvensional, konsep proses bisnis dengan serangkaian tindakan atau transaksi bisnis terkait untuk menghasilkan tujuan atau sasaran tertentu dapat menjadi titik masalah utama bagi agen perjalanan yang masih mengandalkan metode yang kurang efisien, seperti penyelesaian transaksi atau resevasi.

Metode-metode ini sering mengandalkan entri data manual, manajemen yang tidak optimal, dan hubungan pelanggan kurang terjaga dengan baik. Kurangnya kecepatan dan fleksibelitas terjadi di hampir seluruh rantai operasional agen perjalanan konvensional, dan ini menjadi faktor penentu sukses tidaknya bisnis Anda.

Tantangan pertama : Kecepatan

Agen perjalanan tradisional tidak memiliki kemampuan untuk mengakses, menyesuaikan, dan memodifikasi ketersediaan produk, stok, dan informasi harga secara real-time untuk memberikan informasi paling akurat kepada mitra atau pelanggan tentang hal penting yang bisnis Anda tawarkan, seperti promosi, perubahan harga dan lainnya.

Solusi

Agen perjalanan membutuhkan platform komputasi yang memungkinkan fleksibilitas dan kemudahan untuk memperbarui, menyesuaikan, memodifikasi, dan menambah produk atau penawaran sekaligus harga tertentu secara realtime untuk beroperasi seoptimal mungkin dan menyediakan berbagai variasi produk dan layanan.

Karena begitu banyak proses dalam usaha agen perjalanan saat ini, kebutuhan untuk bertransaksi secara instan, mesin pemesanan yang kuat, sistem ERP perjalanan, dan software otomasi untuk proses berulang adalah pendorong utama dalam membantu bisnis Anda mencapai kecepatan, transparansi, dan visibilitas yang diperlukan untuk bersaing dengan  agen perjalanan lainnya.

Masalah lain yang terjadi biasanya adalah pada pembukuan. Dengan banyaknya transaksi yang terjadi, tentu Anda akan kesulitan jika Anda menggunakan pembukuan manual. Otomasi penting bagi bisnis yang ingin berkembang, termasuk pada pembukuan. Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk kemudahan tersebut, silahkan coba gratis selama 30 hari melalui link ini.

Tantangan kedua : Hubungan antar pelanggan

Kemampuan untuk menangani keluhan, pertanyaan, dan permintaan pelanggan dengan cepat dan tepat adalah kunci dalam mempertahankan pelanggan dan menawarkan layanan tambahan lain kepada mitra, pemasok, dan pihak lain yang bekerja dengan agen perjalanan Anda.

Namun, banyak agen perjalanan saat ini masih tidak memikirkan betapa pentingnya membangun baik antar pelanggan, sehingga banyak dari mereka beralih pada sistem reservasi lainnya

Solusi

Seberapa cepat biro perjalanan dapat menanggapi pertanyaan pelanggan memiliki dampak langsung pada seberapa besar kemungkinan pelanggan untuk menyelesaikan pemesanan. Wisatawan saat ini dibombardir dengan informasi setiap menit.

Semakin cepat agen perjalanan dapat merespons dengan opsi pemesanan yang dirancang khusus untuk kebutuhan pelanggan, maka  semakin besar kemungkinan pelanggan untuk melanjutkan pemesanan dibandingkan dengan jika mereka harus menunggu terlalu lama.

Waktu respons yang lebih cepat juga membuat mereka merasa dihargai dan berdampak bagi agen perjalanan. Sebuah riset terbaru menunjukkan sekitar 39 persen pemesanan perjalanan selesai setelah jam kerja normal. Untuk agen perjalanan, ini berarti  Anda harus meningkatkan solusi pencarian yang lebih cepat untuk mempertahankan dan mendapatkan pelanggan baru yang cenderung memilih agen perjalanan online.

Tantangan ketiga : Kembangkan manajemen pemesanan

Agen perjalanan harus selalu memantau perkembangan teknologi terkini dan memang seharusnya begitu. Misalnya, banyak biro perjalanan tidak memiliki tools  yang tepat untuk manajemen pemesanan yang dioptimalkan. Ini berarti agen perjalanan kehilangan peluang untuk pengembangan bisnis dan tentunya menghambat efisiensi dan fungsionalitas keseluruhan lini bisnis.

Solusi

Manajemen pemesanan atau booking merupakan hal primer yang yang harus Anda kembangakan pada bisnis agen perjalanan Anda. Ini akan menambah nilai positif usaha Anda dimata pada pelanggan dan keunggulan kompetitif lainnya.

emakin cepat agen perjalanan dapat menghadirkan rekomendasi, pencarian berkualitas, menyelesaikan pemesanan, mengubah akomodasi, dan menanggapi gangguan, keterlambatan, atau pembatalan, maka akan semakin besar  manajemen pemesanan dalam mendorong keterlibatan pelanggan dan mengembalikan modal yang Anda keluarkan dari para wisatawan

Selain itu, peningkatan kemampuan manajemen pemesanan berarti akan membuat rekanan agen perjalanan mendapatkan wawasan yang lebih besar tentang pola pembelian wisatawan saat ini. Tentunya ini akan membuat  mereka untuk menawarkan pemesanan yang tepat untuk para pelanggan  yang tepat di  waktu yang tepat dengan harapan mendorong penjualan dan meningkatkan ROI (pengembalian tentang investasi).

Kesimpulan

Tantangan pada era digital memang berdampak pada semua bisnis, tidak terkecuali untuk bisnis agen perjalanan. Anda harus beradaptasi dengan cepat dan memilih langkah yang tepat untuk kemajuan bisnis Anda. Berdamai dengan teknologi baru dan menggunakan tools guna mempermudah dan mempercepat proses kerja adalah hal sederhana yang bisa Anda lakukan.

Contohnya penggunaan Accurate Online pada proses pembukuan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan laporan keuangan yang baik.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top