skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

4 Alasan Kenapa Harus Memantau Bisnis Secara Langsung

Memantau bisnis dan juga tempat usaha yang dilakukan secara langsung dan berkala adalah suatu keharusan  dilakukan oleh setiap pelaku usaha untuk memastikan operasional bisnis bisa berjalan sesuai dengan rencana yang sebelumnya sudah direncanakan. Tentunya kegiatan monitoring ini tidak serta merta menjadi suatu kewajiban tanpa ada berbagai alasan yang jelas. Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan mengunjungi gerai ataupun bisnis secara langsung. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Memastikan Setiap Transaksi Tercatat Rapi

Hal ini bukan berarti Anda tidak percaya dengan tenaga kasir yang dipekerjakan, namun dengan melakukan tanda tangan secara langsung do toko fisik, para pebisnis bisa melakukan penyesuaian pembukuan yang dilakukan saat itu. Dengan menggunakan cara ini, jika ada transaksi yang kurang jelas atau terlihat mencurigakan, maka Anda bisa menanyakannya secara langsung atau meminta pegawai kasir untuk melengkapi informasi yang dirasa kurang.

2. Mengetahui Kinerja Pegawai di Tempat Usaha

Apakah pegawai yang direkrut datang tepat waktu, apakah mereka memang bekerja dan bukan duduk secara bermalas-malasan di sudut gudang? Apakah setiap pelanggan yang datang dilayani secara baik dan ramah penuh senyum. Berbagai hal di atas tidak akan dapat diketahui secara pasti tanpa hadir secara langsung di toko fisik. Para pebisnis pun tidak bisa mengandalkan laporan yang dibuat oleh pegawai karena supervisi yang memiliki peran semacam ini memang bukanlah bagian dari tanggung jawab karyawan, tapi peran dan juga tanggung jawab pebisnis itu sendiri.

3. Memeriksa Persediaan Barang di Gudang

Laporan dari pihak pegawai gudang tentu akan selalu ada tiap kali ada barang yang harus dimasukkan ataupun harus dikeluarkan dari gudang. Tapi, dengan memeriksa secara langsung di tempat bisnis, maka pebisnis bisa langsung mengambil keputusan untuk melakukan pemesanan ulang dari barang tertentu yang persediaannya sudah mulai menipis.

4. Membangun Relasi dengan Pelanggan Setia

Sebutan atau istilah “pelanggan adalah raja” menjadi pedoman untuk para pebisnis yang menjalankan bisnisnya sendiri. Tapi terkadang, hadir dan menyapa pelanggan secara langsung bisa membuat pelanggan, terutama pelanggan setia, bisa merasa benar-benar diperhatikan, sehingga relasi bisnis dengan para pelanggan bisa tetap dijaga.

Tapi, Tidak Selamanya Pebisnis bisa Hadir Langsung

Pada kenyataannya, tidak setiap saat pebisnis bisa hadir secara fisik mampu memantau operasional bisnis yang dilakukannya. Terlebih lagi untuk pebisnis yang memiliki banyak toko fisik ataupun gerai toko. Mengunjungi satu persatu gerai tidak hanya memakan waktu serta tenaga, namun bukan berarti beban pengeluaran tambahan yang mampu mengurangi margin pemasukan usaha. Khususnya bila beberapa gerai yang dimiliki berada di luar daerah atau kota, biaya yang harus dikeluarkan pun tentunya akan membengkak. Disisi lain, terdapat beberapa situasi dan juga kondisi yang membuat pebisnis tidak memungkinkan untuk hadir secara fisik di setiap bisnis yang dikelolanya.

Bisa saja karena terjadi pandemi yang membuat pebisnis harus bisa terus berada dirumah menaati imbauan dari pemerintah setempat, ataupun bahkan saat pebisnis harus menghadiri suatu pertemuan dengan mitra ataupun investor dari luar daerah. Bila sudah dilakukan hal demikian, maka ada hal lain yang harus dilakukan oleh pebisnis untuk memastikan operasional bisnis yang dijalankan setiap hari sudah tetap sesuai dengan harapan dan juga melenceng dari strategi bisnis yang coba untuk diterapkan. Sebenarnya, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan, seperti dengan memantau usaha menggunakan kamera CCTV.

Walaupun demikian, cara ini juga tidak berlaku untuk setiap kondisi dan situasi. Karena kamera CCTV hanya mampu menampilkan kondisi fisik dalam suatu tempat secara terbatas. Cara lain yang bisa dilakukan oleh pebisnis adalah menggunakan aplikasi POS atau point of sale yang mampu membuat seluruh proses bisnis bisa terintegrasi secara menyeluruh, sehingga bisa diakses secara bebas dimana saja dan kapan saja.

Memeriksa Bisnis Melalui Aplikasi POS

Saat ini, setiap pebisnis sudah bisa merasakan manfaat yang luar biasa dari aplikasi POS seperti aplikasi POS iSeller dengan beragam fiturnya yang mampu memantau bisnis dari mana saja dan kapan saja. Terlebih lagi, saat ini iSeller sudah terintegrasi dengan aplikasi akuntansi Accurate Online, sehingga mampu melakukan manajemen toko atau gerai toko fisik secara mudah dan juga akurat. Dengan adanya integrasi ini, Anda juga akan lebih mudah dalam melakukan sinkronisasi data transaksi pembelian dan penjualan, melaporkan setiap harga secara otomatis, memudahkan kegiatan impor dan ekspor barang, dan melakukan posting penjual per shift.

×