skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

4 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menilai Peluang Bisnis

Di zaman yang sudah serba digital dan sudah serba maju seperti saat ini, sebenarnya Anda bisa menemukan peluang usaha dimana saja dengan mudah dimana saja. Sudah banyak cerita sukses para pebisnis yang mencoba membuka lahan baru ataupun meremajakan model usaha yang sebenarnya sudah ada agar bisa terdengar lebih kekinian. Namun, hindari terburu-buru dalam menjalankan sebuah bisnis hanya karena Anda merasa bahwa usaha Anda memiliki peluang yang bagus. Jaminan bahwa bisnis yang Anda pilih mampu menghasilkan keuntungan bisa hanya menjadi sekedar janji manis belaka jika tidak Anda pikirkan dengan matang. Nah, untuk Anda yang ingin menilai peluang bisnis, maka ada beberapa hal yang harus perhatikan dengan teliti. Apa saja? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

1. Sebelum Memilih Usaha, Hitung Dulu Modalnya

Terlepas dari kecil atau besarnya suatu skala bisnis, bahkan bisnis yang kedengarannya sangat sederhana pun tetap harus mempersiapkan modal agar bisnis yang dijalankan tidak berhenti di tengah jalan. Untuk itu, anda harus memastikan modal yang diperlukan untuk bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu dari pebisnis lain yang serupa dan tanyakan pada mereka terkait modal bisnis yang harus disiapkan.

2. Setiap Usaha Memiliki Risiko

Di dalam dunia investasi, terdapat salah satu istilah yang sangat klasik, yaitu hasil tinggi selalu diiringi dengan risiko yang juga tinggi. Nah, memilih usaha yang ingin dijalankan pun tidak ada bedanya dengan memilih investasi. Sebelum terbujuk dengan berbagai peluang bisnis yang menjanjikan tingkat keuntungan yang tinggi, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu tentang risiko yang harus Anda hadapi dalam menjalankan usaha tersebut. Contohnya, bila Anda memilih berbisnis kuliner, maka pasti akan ada risiko dimana produk Anda tidak terjual habis dan dibuang karena mudah basi. Bahkan, bisnis ternak lele yang banyak dipilih oleh para wirausahawan muda pun mempunyai risiko hama penyakit dan risiko lainnya.

3. Memastikan Peluang Bisnis

Tidak sedikit orang yang merasa terjebak setelah menjalankan suatu bisnis karena mereka tidak mampu membedakan peluang dengan tren bisnis. Tidak semua tren bisnis bisa dijadikan sebagai peluang yang bagus dalam menjalankan usaha. Sebaliknya, saat suatu usaha sudah menjadi tren, maka akan ada banyak usaha yang sama muncul di permukaan, sehingga Anda harus memperhatikan pelanggan yang sama. Hasilnya, hanya pebisnis yang mampu menghadirkan keunikan usaha atau pebisnis yang memilih tempat usaha paling strategis lah yang nantinya mampu mendapatkan keuntungan maksimal dari tren tersebut. Terlebih lagi, tren sangat mudah sekali mengalami perubahan.

4. Bekerja Sesuai Passion Bukanlah Omong Kosong

Umumnya, peluang bisnis yang baik justru muncul dari seberapa paham atau seberapa dekat Anda dengan bisnis yang Anda lakukan. Jangan sampai Anda terjebak saat memilih usaha hanya karena Anda bisa melihat peluang dan juga potensi dari usaha itu sendiri, atau sekedar mengikuti pebisnis lainnya yang sudah lebih dulu sukses, padahal Anda belum begitu memahami usaha yang akan Anda jalankan. Tentunya setiap usaha memiliki peluang sendiri untuk dijalankan, namun tak ada salahnya untuk melewatkan satu peluang saja bila Anda memang tidak benar-benar yakin bisa menjalankan usaha tersebut.

Penutup

Memilih peluang usaha memang bukanlah hal yang mudah. Terdapat berbagai pertimbangan yang harus dipikirkan dengan matang. Kuncinya, Anda tidak perlu terburu-buru dalam memulainya. Melewatkan satu ataupun dua peluang setelah memikirkannya dengan baik bukanlah suatu kerugian, karena peluang lain yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan pun pasti akan segera muncul. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk meningkatkan modal terlebih dahulu dan mempersiapkannya sebelum memutuskan pilihan, karena bagaimanapun juga, suatu usaha akan lebih awet bisa Anda jalankan dengan persiapan yang matang.

Bila Anda sudah berhasil memilih dan menjalankan bisnis Anda, jangan lupa untuk meningkatkan efisiensi bisnis Anda, khususnya dalam bidang pembayaran dan persediaan bahan agar bisa tetap terkelola dengan baik dan memaksimalkan tingkat keuntungan Anda. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi bisnis Anda adalah dengan menggunakan software POS atau aplikasi kasir dari Accurate POS. kenapa? karena selain mampu memaksimalkan pelayanan konsumen di bagian kasir, software ini juga mampu mempermudah Anda dalam mengelola bisnis.

Jadi, bagaimana pengalaman Anda selama menggunakan Accurate POS beta? Ceritakan pengalaman Anda pada email yang sudah kami kirim karena pengalaman Anda sangat berharga agar kami bisa membuat software POS yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

×