Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

5 Alasan Segmentasi Pasar Penting untuk Mendapatkan Konsumen Potensial

ABC Palem > Accurate Online  > 5 Alasan Segmentasi Pasar Penting untuk Mendapatkan Konsumen Potensial

5 Alasan Segmentasi Pasar Penting untuk Mendapatkan Konsumen Potensial

Istilah segmentasi pasar mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar orang. Padahal, segmentasi pasar harus dipahami oleh semua pebisnis. Karena urusan bisnis bukan hanya sekadar soal masalah finansial saja.

Segmentasi pasar dapat didefinisikan sebagai pengelompokan target bisnis berdasarkan kesamaan tertentu yang dimilikinya. Jika Anda sudah mengenal aneka segmentasi pasar berikut ini, Anda akan lebih mudah menentukan pilihan dan target pasar Anda sesuai tujuan bisnis.

Bagaimana menentukan sebuah segmentasi pasar yang sesuai dengan target pasar Anda? Dengan menentukan segmentasi, Anda bisa dengan mudah dalam menentukan strategi yang tepat sesuai dengan produk yang akan Anda jual. Berikut aneka segmentasi pasar yang wajib diketahui oleh pebisnis:

Segmentasi Geografis

Jenis segmentasi yang satu paling familiar bagi masyarakat Indonesia. Menggunakan prinsip segmentasi geografis berarti menentukan target bisnis berdasarkan jangkauan wilayah tertentu. Misalnya, suatu produk kuliner yang dipasarkan di Indonesia menggunakan segmentasi geografis untuk membuat varian rasa berbeda.

Masyarakat Jawa Tengah cenderung menyukai cita rasa manis sedangkan masyarakat di Sumatera lebih menyukai makanan berempah. Perbedaan selera tersebut patut menjadi dasar inovasi agar masyarakat di daerah tertentu bisa menerima produk kuliner yang sesuai selera mereka.

Segmentasi Harga

Produk yang harganya mahal belum tentu diminati oleh masyarakat dari semua kalangan ekonomi. Oleh sebab itu, segmentasi harga sebaiknya dilakukan oleh semua bisnis. Contohnya, bisnis tas yang menyajikan produk-produk dengan harga bervariasi. Produk yang harganya lebih murah dapat menjangkau masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Sedangkan produk yang harganya mahal pasti lebih diminati oleh masyarakat kalangan ekonomi atas. Fleksibilitas ini membuat bisnis tetap berkesempatan memperoleh keuntungan besar dari semua kalangan masyarakat.

Segmentasi Media

Seiring dengan perkembangan teknologi, segmentasi media juga menjadi hal penting yang tak boleh diabaikan. Setiap jenis media massa ternyata memiliki segmen pengguna tersendiri. Contohnya:

  • Media cetak berupa koran yang lebih diminati para orang tua.
  • Media elektronik seperti televisi disukai ibu rumah tangga dan anak-anak.
  • Media sosial lebih banyak digunakan oleh generasi muda dan dewasa usia produktif.

Variasi tersebut memacu setiap bisnis untuk melakukan segmentasi media secara tepat. Produk-produk untuk generasi muda akan lebih efektif bila dipublikasikan melalui media sosial. Sementara media lainnya tetap bisa digunakan dengan porsi yang lebih kecil. Segmentasi media tak hanya efektif meningkatkan jumlah pelanggan tetapi juga dapat memaksimalkan prinsip efisiensi biaya pemasaran.

Segmentasi Demografis

Jenis segmentasi yang satu ini biasanya dilakukan berdasarkan perbedaan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan perbedaan lainnya. Misalnya, produk pembalut yang pasti membidik target berupa kaum wanita muda dan dewasa. Klasifikasi berdasarkan demografis juga sangat efektif membantu bisnis untuk fokus terhadap target tertentu.

Segmentasi Waktu

Segmentasi waktu sebenarnya bersifat musiman atau seasonal. Misalnya, bisnis jasa traveling yang lebih diminati di musim liburan atau event olahraga yang digelar pada periode tertentu. Meskipun sifatnya sementara, momen tersebut harus tetap dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Karena animo masyarakat biasanya turut meningkat drastis selama momen istimewa sedang berlangsung. Tak mengherankan bila banyak bisnis yang merilis edisi khusus untuk memanfaatkan momen tertentu yang jarang terjadi atau jarang berulang.

Usai menyimak ulasan ini, apakah Anda sudah bisa menentukan segmentasi pasar yang sesuai dengan bisnis Anda?

Penentuan segmen pasar yang tepat akan mendukung pencapaian target bisnis secara maksimal. Anda pun akan meningkatkan penjualan. Jangan sampai, Anda mengabaikan segmentasi pasar dalam menjual produk Anda. Sebab cukup banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dari menentukan segmentasi pasar.

Manfaat Segmentasi Pasar

Menganalisa segmentasi pasar memiliki manfaat yang cukup banyak bagi setiap pemilik usaha. Anda bisa lebih tepat memilih proses yang lebih bermanfaat bagi pasar Anda.

Lebih Mudah Menentukan Pasar

Tentunya poin pertama dari menentukan segmentasi pasar, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan pasar. Konsumen adalah makhluk yang unik, yang memiliki selera yang berbeda-beda.

Sebagai pengusaha, Anda harus bisa memilih kelompok konsumen yang memiliki selera sesuai dengan segmentasi pasar Anda. Karena konsumen ini bisa lebih mudah dibedakan sesuai dengan selera yang Anda miliki.

Mudahnya Menentukan Strategi Pemasaran

Ketika segmentasi pasar sudah Anda tentukan, maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis yang Anda miliki. Dengan calon-calon konsumen yang memiliki selera yang sesuai dengan produk Anda, Anda bisa melakukan perencanaan produk dengan lebih tepat dan mengarah.

Dengan sasaran yang tepat, Anda bisa menghasilkan produk yang tepat, serta cara pemasaran yang tepat sesuai dengan keinginan calon-calon konsumen Anda. Bahkan Anda bisa dengan mudah menentukan produk, harga produk, distribusi, dan pemasaran yang lebih tajam dalam mendapatkan pasar potensial.

Kemudahan dalam Memberikan Pelayanan

Salah satu manfaat menentukan segmentasi pasar adalah mudah dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada calon konsumen. Karena Anda sudah mengetahui keinginan konsumen yang Anda miliki. Karena pelayanan menjadi salah satu pilihan konsumen untuk membeli produk tersebut.

Sudahkah Anda mengerti kenapa Anda wajib melakukan segmentasi pasar? Setelah membaca artikel ini, Anda akan mendapatkan inside baru. Mengapa harus menentukan segmentasi pasar untuk mendapatkan konsumen potensial.

Navadelia
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website