Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

7 Siasat Mengatur Keuangan Usaha, Point 4 Wajib Dilakukan!

ABC Palem > Bisnis #GoLimitless  > 7 Siasat Mengatur Keuangan Usaha, Point 4 Wajib Dilakukan!

7 Siasat Mengatur Keuangan Usaha, Point 4 Wajib Dilakukan!

Mengatur keuangan usaha adalah hal yang harus dilakukan oleh para pengusaha agar keuangan bisnisnya terpantau dengan baik. Tak banyak pengusaha yang pandai dalam mengatur keuangan usaha. Ada beberapa cara mengatur keuangan usaha, agar usaha yang Anda bangun bisa memiliki keuangan yang rapih dan baik.

Sering sekali para pengusaha tidak pandai dalam mengatur keuangan bisnis mereka. Para pengusaha sering mengabaikan pelajaran-pelajaran penting dari para pengusaha sukses. Padahal kesuksesan sebuah bisnis bukan hanya dipandang dari lakunya produk atau jasa dalam jumlah banyak. Tetapi juga dalam mengatur keuangan usaha salah satu cara untuk meraih kesuksesan bisnis.

Banyak pengusaha yang tidak pernah memandang penting memiliki pembukuan yang rapih. Sering sekali sebagai pengusaha terutama pengusaha pemula, abai dalam mengatur keuangan dengan baik dan benar. Padahal ini penting bagi kelangsungan jalannya bisnis Anda.

Agar bisnis Anda berjalan dengan baik. Meskipun produk laku keras seperti sekarang ini akibat banyaknya permintaan dari customer bukan berarti Anda harus mengabaikan keuangan usaha Anda. Usahakan Anda bisa mencatat keuangan usaha tersebut dengan baik dan benar dalam satu sistem yang sudah terintegrasi dengan sistem lainnya. Seperti sistem pembukuan Accurate Online.

Cara Mengatur Keuangan Usaha Dengan Profesional

 

1. Rencanakan Modal yang Akan Dikeluarkan

Modal adalah hal penting dalam usaha yang dijalankan. Jika Anda sedang mendapatkan modal tambahan, sebaiknya semua itu dicatat dengan benar. Berapa modal yang telah Anda keluarkan dan berapa banyak yang terpakai untuk dibelanjakan.

Dengan perencanaan dari awal, Anda akan mengetahui berapa kira-kira modal yang akan dibutuhkan, dan terpakai. Jika masih ada sisa, modal tersebut bisa Anda simpan dahulu untuk digunakan lain waktu. Jangan menghabiskan seluruh modal yang ada.

2. Rencanakan Pengeluaran

Pengeluaran yang di rencanakan adalah cara terbaik dalam mengatur keuangan bisnis. Umumnya pengeluaran terjadi untuk biaya operasional yang dikeluarkan. Banyak pengusaha yang tidak mencatat biaya-biaya operasional yang mereka keluarkan. Padahal ini penting, demi pencatatan keuangan yang terbaik pada bisnis yang Anda miliki.

Dengan pengeluaran yang terencana, tentunya bisa membuat Anda mengetahui berapa biaya yang disisihkan untuk pengeluaran setiap bulannya. Mulai dari biaya listrik, PDAM, internet, telepon, dan sebagainya harus tercatat secara baik, agar Anda terhindar dari kerugian.

3. Simpan Semua Bukti Transaksi

Terkadang sebagai pengusaha kita mengabaikan berbagai bukti transaksi yang dimiliki. Baik itu bukti transaksi atas pembelian produk atau bahan baku dari supplier, struk tagihan, maupun struk berbagai pengeluaran pun tidak tersimpan dengan rapih. Hal ini akan menyebabkan Anda sulit dalam menghitung keuntungan dan kerugian usaha.

Dengan memiliki berbagai bukti transaksi yang tersimpan dengan rapih akan membuat Anda bisa mengecek seluruh transaksi yang terjadi pada usaha Anda. Selain itu, bukti transaksi ini akan menjadi alat dalam menghitung laporan keuangan usaha. Di dalam laporan keuangan, bukti transaksi tidak boleh diabaikan begitu saja. Karena bisa jadi bukti transaksi sebagai koreksi pencatatan keuangan.

4. Atur Arus Kas Seefektif Mungkin

Agar Anda tidak kebobolan dalam mengelola keuangan usaha yang dimiliki, Anda harus mengatur arus kas seefektif mungkin. Memantau arus kas yang efektif bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya Anda harus memantau hutang, dan piutang. Serta persediaan stok barang jika Anda perusahaan dagang.

Arus kas ini adalah hal yang sulit dilakukan. Apa lagi jika Anda tidak begitu paham mengenai akuntansi, Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk membantu Anda dalam mengatur arus kas usaha.

Accurate Online adalah software pembukuan berbasis web cloud yang sudah digunakan oleh ribuan UKM di Indonesia. Dengan menggunakan Accurate Online, Anda pun bisa memantau keuangan usaha Anda secara realtime, dan bisa memantaunya dimanapun tanpa harus datang ke tempat usaha Anda.

Selain itu, Accurate Online bisa digunakan untuk membuat sebuah laporan keuangan yang akurat. Sehingga Anda tidak perlu takut tidak bisa mengatur keuangan usaha lagi saat ini. Dengan Accurate Online keuangan usaha Anda akan diatur dengan seakurat mungkin.

5. Menghitung Keuntungan Dengan Benar

Sebagai pengusaha, Anda tentu ingin mengetahui keuntungan yang Anda dapatkan setiap hari, minggu hingga setiap bulannya. Apakah Anda tahu berapa keuntungan yang sudah Anda dapatkan selama ini? Apakah Anda sudah bisa menghitungnya dengan benar?

Hampir sebagian pengusaha tidak mengetahui berapa keuntungan yang mereka dapatkan selama jalannya usaha. Ini disebabkan tidak memilikinya pembukuan yang baik. Padahal dengan memiliki pembukuan yang baik dan akurat, akan membantu Anda dalam melihat keuntungan yang Anda peroleh selama ini.

Karena keuntungan bukan hanya jumlah uang tunai yang Anda dapatkan. Namun lebih dari itu, bahkan uang yang ada di bank harus masuk dalam hitungan Anda untuk menghitung keuntungan usaha dengan baik dan benar.

6. Jangan Berhutang

Tampaknya sulit sekali, ketika kita harus mengatakan jangan berhutang. Hampir sebagian para pengusaha melakukan hutang untuk menjalankan usaha. Jika usaha Anda sudah dalam kondisi aman dan Anda ingin mengembangkan usaha Anda lebih besar lagi, usahakan jangan sampai Anda harus berhutang. Terlebih berhutang yang ada bunganya.

Karena bunga tersebut akan mengerus keuangan usaha Anda. Bisa-bisa seluruh keuntungan yang Anda dapatkan dari usaha Anda, akan tergerus hanya karena keuntungan tersebut ‘dialihkan’ untuk membayar bunga kepada lembaga peminjam.

7. Sisihkan Untuk Pengembangan Usaha

Daripada Anda harus berhutang, sebaiknya Anda menyisihkan sedikit keuntungan yang Anda peroleh untuk pengembangan usaha Anda ke depannya. Keuntungan yang Anda peroleh jangan hanya Anda gunakan untuk foya-foya saja, tetapi Anda juga harus menyisihkannya untuk pengembangan usaha ke depannya.

Demikianlah beberapa cara mengatur keuangan usaha secara profesional yang bisa Anda lakukan sebagai pengusaha. Dengan cara-cara diatas, diharapkan Anda bisa melihat suksesnya usaha yang Anda jalankan selama ini.

Navadelia
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website