skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

8 Tips dalam Membuat Strategi Penjualan yang Efektif

Strategi penjualan  atau sales strategy adalah bagian penting untuk mendapatkan perhatian pelanggan potensial, membuat dan melakukan closing penjualan, dan mendatangkan pendapatan. Sales strategy yang sukses adalah kunci bagi perusahaan besar dan kecil dan dapat menjadi pembeda antara bisnis yang berkembang dan bisnis yang gagal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menerapkan strategi penjualan baru serta tips yang dapat memastikan strategi penjualan Anda berhasil semaksimal mungkin. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari apa itu strategi penjualan, mengapa itu penting, dan tips yang dapat membantu Anda membuat strategi penjualan yang efektif untuk tim atau perusahaan Anda.

Apa itu Strategi Penjualan?

Strategi penjualan atau sales strategy adalah strategi yang digunakan perusahaan untuk memasarkan dan menjual layanan dan produknya kepada pelanggan potensial. Tujuan dari sales strategy seringkali adalah untuk menghadirkan perusahaan kepada audiens targetnya dengan cara yang berarti yang berdampak pada audiens dan menghasilkan peningkatan penjualan dan kesadaran merek secara umum. Banyak sales strategy ditetapkan oleh administrasi perusahaan serta oleh tim penjualan, periklanan, dan pemasarannya. Sebagian besar strategi penjualan mencakup komponen berikut:

  • Proses penjualan
  • Persona atau profil pembeli
  • Indikator kinerja utama
  • Target pertumbuhan dan penjualan
  • Sebuah analisis menyeluruh dari kompetisi
  • Praktik dan proses penjualan yang akan diterapkan
  • Poin pembicaraan/proposisi nilai

Ada beberapa cara berbeda untuk membuat sales strategy, dan strategi yang berhasil untuk satu perusahaan mungkin tidak berhasil untuk perusahaan lain. Namun, memiliki strategi penjualan yang solid dan efektif sering kali dapat membuat atau menghancurkan seberapa sukses bisnis dalam menghasilkan pendapatan dan memperluas basis pelanggannya.

Mengapa Strategi Penjualan pada Bisnis itu Penting?

Strategi penjualan penting karena sejumlah alasan. Alasan-alasan ini termasuk bahwa sales strategy dapat:

  • Membantu perusahaan menetapkan tujuan penjualannya
  • Membantu organisasi menentukan cara mendapatkan pelanggan baru
  • Memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami target pelanggannya
  • Memberikan organisasi metode yang jelas untuk menjual produk dan layanan
  • Membantu tim penjualan tetap teratur dan sesuai rencana saat melakukan penjualan
  • Memungkinkan perusahaan untuk melacak kemajuan penjualan mereka
  • Semakin kuat strategi penjualan perusahaan, semakin besar kemungkinan perusahaan untuk berhasil.

8 Tips dalam Membuat Strategi Penjualan yang Efektif

Berikut ini adalah tips yang dapat Anda gunakan saat membuat sales strartegy untuk tim penjualan atau bisnis Anda:

1. Lihat data penjualan sebelumnya

Salah satu langkah pertama untuk menciptakan strategi penjualan yang sukses adalah menganalisis catatan penjualan sebelumnya dari perusahaan Anda. Ini dapat memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak dengan audiens target Anda. Ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk menilai penjualan Anda sebelumnya. Dengan menggunakan informasi ini, Anda kemudian dapat mulai membuat sales strategy yang meningkatkan strategi yang digunakan sebelumnya serta menggabungkan elemen strategi masa lalu yang berhasil.

2. Tetapkan tujuan penjualan tertentu

Sebelum Anda dapat menetapkan strategi penjualan yang terukur, Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan penjualan Anda. Sasaran yang Anda tetapkan untuk penjualan perusahaan Anda harus konkret dan dapat diukur. Misalnya, daripada mengatakan bahwa Anda hanya ingin meningkatkan penjualan, Anda dapat menentukan bahwa Anda ingin meningkatkan penjualan sebesar 37% pada akhir tahun fiskal. Tanpa tujuan yang konkret dan mudah diukur, akan sulit untuk melihat apakah suatu strategi berhasil serta bagaimana sales strategy Anda memengaruhi keseluruhan laba Anda.

3. Tentukan target pasar Anda

Strategi penjualan yang sukses adalah strategi di mana target pasar didefinisikan dengan jelas. Dengan benar-benar memahami audiens yang ingin Anda targetkan, Anda dapat membuat sales strategy  yang berbicara langsung kepada audiens target ini dan jauh lebih berhasil dalam mendatangkan pelanggan dan penjualan baru. Misalnya, jika Anda menjual krim mata anti penuaan, menargetkan gadis remaja kemungkinan besar tidak akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Sebaliknya, Anda harus meluangkan waktu untuk menguraikan usia target pasar Anda, kebiasaan belanja, jenis kelamin dan lokasi serta masalah yang mereka hadapi yang berkaitan dengan produk Anda. Baca artikel ini untuk cara meengetahui target pasar yang tepat untuk bisnis Anda

4. Tentukan metode penjualan yang akan Anda gunakan

Ada berbagai cara di mana Anda dapat menjalankan strategi penjualan, dan menentukan metode yang paling tepat untuk perusahaan Anda sangat penting untuk menjadi sukses. Metode penjualan yang umum termasuk surat, media sosial, iklan berbayar, telepon, email, dan berbagai taktik lainnya. Metode penjualan yang Anda pilih harus sangat bergantung pada audiens target Anda dan di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka.

5. Pahami pesaing Anda dan pelajari kompetisi

Memahami pesaing Anda dan sales strategy yang mereka gunakan dapat membantu Anda menentukan apa yang berhasil di industri Anda karena memungkinkan Anda membedakan diri dari perusahaan serupa. Luangkan waktu untuk mempelajari apa yang dilakukan organisasi lain di industri Anda dan bagaimana mereka memasarkan produk mereka sebelum memutuskan strategi penjualan untuk bisnis Anda.

6. Mulai dari hal kecil

Meskipun menerapkan sales strategy yang menjangkau banyak audiens di berbagai pasar mungkin tampak menarik, ini tidak selalu merupakan cara terbaik untuk berhasil meningkatkan penjualan. Sebagai gantinya, Anda harus mempertimbangkan untuk menargetkan audiens kecil dan menggunakan data dan hasil dari audiens ini untuk memperluas jangkauan strategi penjualan Anda secara perlahan. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat apa yang berhasil serta menggunakan sumber daya Anda dengan lebih bijaksana.

7. Dengarkan apa yang prospek atau kosumen Anda katakan

Saat menerapkan strategi penjualan baru, penting untuk mendengarkan umpan balik yang diberikan audiens target Anda. Anda dapat mengumpulkan umpan balik dari prospek dengan mengajukan pertanyaan terbuka, mengirimkan survei, dan berlatih mendengarkan secara aktif saat berkomunikasi dengan audiens target Anda.

8. Tetap konsisten

Sebagian besar strategi penjualan tidak menghasilkan hasil yang signifikan dalam semalam. Kunci dari sales strategy apa pun adalah tetap konsisten dan terus meningkatkan strategi saat Anda mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak. Tetap sabar dengan audiens target Anda, terus mendengarkan umpan balik yang mereka berikan dan secara teratur menyesuaikan strategi penjualan Anda saat dibutuhkan adalah bagian besar dari apa yang membuat strategi penjualan berhasil.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai sales strategy atau setrategi penjualan beserta tips yang bisa Anda gunakan. Tidak ada strategi yang berhasil dalam satu malam. Ini melibatkan trial and error dan terus mendengarkan juga memahami apa yang diinginkan oleh konsumen Anda. Pastikan juga Anda mencatat seluruh transaksi penjualan pada proses pembukuan yang baik dan sesuai standar agar Anda bisa dengan memantau dan menghitung berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya. Hindari pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan, dan beralihlah menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk proses pembukuan dan pengelolaan akuntansi yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis dan berpangalaman lebih dari 20 tahun. Jadikan proses pembukuan, manajemen stok, pengelolaan pajak, hingga pembuatan laporan keuangan pada bisnis Anda mudah dengan menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

×