Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

UKM Anda Sulit Berkembang? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

ABC Palem > Accurate Online  > UKM Anda Sulit Berkembang? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

UKM Anda Sulit Berkembang? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

UKM merupakan sektor usaha yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Per 2018, tercatat ada setidaknya 58 juta unit UKM di Tanah Air dengan sebaran berbagai bidang usaha, baik produksi barang maupun jasa.

Sayangnya, dari angka sebesar itu masih banyak UKM yang stagnan tak berkembang. Beberapa bahkan mandek total dan gulung tikarpada tahun-tahun pertama beroperasi. Jika Anda juga mengalami hal yang sama, bisa hal-hal berikut adalah penyebabnya.

  1. Rendahnya SDM

Accurate 5

ABC Palem

Sumber daya manusia (SDM) memegang peranan penting dalam kesuksesan sebuah UKM. Rendahnya kualitas SDM akan berpengaruh terhadap mutu dan standardisasi produk, manajerial, kewirausahaan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pengembangan usaha. Akibatnya, bisnis akan semakin sulit berkembang.

  1. Sulitnya Akses Permodalan

Accurate 5

ABC Palem

Modal biasanya jadi halangan terbesar para pelaku UKM. Di sisi lain, investor juga punya banyak pertimbangan sebelum memberikan modal, seperti kualitas produk, kelengkapan dokumen usaha, rapi tidaknya pembukuan, dan lain-lain.

Jadi, jika ingin UKM Anda mendapat talangan dana, cobalah mulai melakukan evaluasi internal. Cek kembali mutu produk, lengkapi dokumen usaha, serta rapikan cashflow, agar investor tertarik untuk menanamkan modalnya kepada Anda.

  1. Manajerial yang Buruk

Accurate 5

ABC Palem

Masih banyak UKM di Indonesia yang mengabaikan poin penting ini. Padahal manajerial juga turut menentukan survive tidaknya UKM di masa depan. Kemampuan manajerial secara langsung berdampak pada sistem bisnis yang diterapkan UKM. Makin baik manajerialnya, makin prospektif pula suatu bisnis. Begitu pula sebaliknya.

  1. Strategi Marketing yang Salah

Accurate 5

ABC Palem

Kunci lain kesuksesan berbisnis ada pada strategi marketingnya. Jika Anda merasa UKM yang dikelola sulit berkembang, bisa jadi ada yang keliru dari strategi pemasaran yang Anda terapkan.

Cobalah menerapkan cara pemasaran lain yang sekiranya menjanjikan hasil maksimal. Anda bisa memanfaatkan platform media sosial untuk promosi, atau mengikuti pameran-pameran dan workshop UKM agar produk Anda semakin dikenal masyarakat luas.

  1. Kondisi Keuangan yang Berantakan

Accurate 5

ABC Palem

Jangan harap UKM Anda akan maju jika kondisi keuangannya saja berantakan. Masalah finansial adalah aspek yang sangat penting dalam setiap bisnis. Jadi, pastikan arus pembukuan dikelola dengan baik dan rapi.

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan softwareAccurate 5. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk memantau dan menyusun segala transaksi keuangan perusahaan dengan fitur-fitur akuntansinya yang canggih.

Salah satu fitur unggulan pada Accurate 5 adalah E-Faktur, yang memungkinkan Anda mencatat pelaporan pajak secara lebih profesional. Dengan desain interface yang sederhana, siapa pun dapat mengoperasikannyatanpa harus memiliki basic akuntan.

Itulah beberapa penyebab UKM sulit berkembang. Segera ambil tindakan agar kondisi bisnis Anda tak makin terpuruk. Jika persoalannya ada pada keuangan, gunakan Accurate 5 agar pembukuan perusahaan lebih rapi. Tertarik? Pelajari fitur lengkapnya di ABC Palem!

Admin
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website