skip to Main Content
ACCURATE Authorized Partner.
Begini Cara Accurate Online Membantu Urusan Perpajakan UMKM

Begini Cara Accurate Online Membantu Urusan Perpajakan UMKM

Ketika bisnis Anda mulai berkembang, membayar pajak hadir sebagai kewajiban yang tidak dapat terelakkan. Tak terkecuali bagi pemilik UMKM. Tentu Anda sebagai pengusaha baru masih bingung apa saja jenis pajak yang berlaku pada UKM/UMKM, berapa besaran yang harus dibayar, dan bagaimana membayar pajak tersebut.

Langkah pertama, Anda  harus mengecek kembali SKT milik badan usaha. Di situ tertera apa saja jenis pajak yang perlu dibayarkan secara rutin. Langkah berikutnya, cukup pasang software Accurate Online guna memudahkan pengelolaan keuangan UMKM. Seluruh pencatatan transaksi sampai pelaporan pajak dapat Anda lakukan melalui program komputer akuntansi ini.

Jenis Pajak UMKM

Accurate Online

Jurnal.sociolla

Dalam SKT disebutkan, paling tidak ada 3 jenis pajak yang harus Anda bayarkan, yaitu:

  1. PPh Final atauPPh Pasal 4 Ayat 2, terutama jika Anda menyewa gedung/kantor maupun pengenaan pada omzet penjualan
  2. PPh Pasal 21 jika Anda sudah mempekerjakan pegawai
  3. PPh Pasal 23 jika berlangsung transaksi berupa pembelian jasa tertentu

Adapun besaran tarif PPh Final adalah 0,5% dan dikenakan pada peredaran bruto atau omzet usaha dengan nilai kurang dari Rp4,8 miliar setahun. Apabila dihitung secara manual, maka Anda harus menjumlahkan lebih dulu transaksi penjualan setiap bulan. Baru dikalikan dengan angka 0,5%, itulah besaran PPh Final yang harus dibayarkan.

Cara Pembayaran Pajak UMKM

Accurate Online

Pajeg Lempung

Pembayaran pajak saat ini dapat dilakukan melalui bank yang telah ditunjuk, misalnya Bank Mandiri, BRI, dan BCA. Namun, pastikan Anda sudah mempunyai kode billing yang berisi informasi perihal keterangan pajak apa yang dibayarkan berikut nominalnya. Kode ini diperoleh melalui sistem e-Billing.

Cukup mengakses halaman DJP Online dan masukkan NPWP dan pin. Lalu, pilih jenis pajak yang hendak dibayarkan. Misalnya, Anda memilih PPh Final, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan nilai omzet penjualan. Sistem secara otomatis menghitung jumlah pajak yang harus dibayar. Lanjutkan dengan memilih ‘Buat Kode Billing’ dan cetak halaman tersebut. Inilah yang Anda bawa dan tunjukkan saat membayar pajak di bank persepsi.

Lebih Mudah dengan Accurate Online

Accurate Online

ABC Palem

Software akuntansi untuk UKM/UMKM yang terintegrasi dengan sistem pajak dapat membantu Anda dalam urusan perpajakan ini. Accurate Online dapat menangani transaksi pajak seperti PPh 21 (untuk pegawai maupun vendor), PPh 23 (pembelian atau penjualan), PPN, PPh Final, dan terintegrasi pula dengan software perpajakan lain seperti e-Faktur dan e-PPh21/26.

Anda cukup melakukan input transaksi penjualan usaha setiap hari. Dengan pencatatan tersebut, sistem secara otomatis akan menghitung berapa besaran PPh Final. Begitu akhir bulan tiba, Anda tidak perlu repot melakukan penghitungan omzet penjualan dan tarif pajak yang dikenakan. Cukup lakukan pembayaran melalui ATM bank persepsi sesuai nominal yang dikalkulasikan oleh Accurate Online. Lebih mudah daripada menghitung manual, bukan?

Demikian cara Accurate Online dalam membantu urusan perpajakan UMKM. Segera kunjungi abcpalem untuk mendapatkan software akuntansi terbaik di Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top