skip to Main Content
ACCURATE Authorized Partner.
Mengenal Software Akuntansi Serta Manfaatnya Untuk Kemajuan Perusahaan Besar Dan Rintisan

Mengenal Software Akuntansi serta Manfaatnya untuk Kemajuan Perusahaan Besar dan Rintisan

Mengelola keuangan sebuah perusahaan adalah salah satu masalah krusial yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Itulah kenapa sebuah perusahaan selalu memiliki atau menyewa akuntan profesional untuk melakukannya. Selain itu, ada juga perusahaan yang menggunakan perangkat lunak seperti Accurate Software untuk membantu menangani masalah akuntansi.

Dengan menggabungkan dua elemen dalam pengelolaan akuntansi, risiko pengelolaan keuangan yang salah dan berdampak pada perusahaan tidak akan terjadi. Perusahaan bisa berjalan dengan lancar, bahkan kemungkinan melakukan pengembangan berkelanjutan, terbuka lebar.

Seberapa Penting Akuntansi pada Sebuah Perusahaan?

Menjalankan perusahaan tidak hanya asal menjual produk atau jasa dan mendulang keuntungan sebesar-besarnya. Pengelolaan perusahaan sejatinya sangat kompleks karena ada banyak divisi yang dimiliki termasuk di dalamnya divisi keuangan dan akuntansi. Kalau divisi ini terabaikan, akan muncul masalah besar. Akuntansi dalam perusahaan penting karena beberapa hal di bawah ini.

Memudahkan Budgeting

accurate software

Budgeting atau penganggaran adalah hal penting dari sebuah perusahaan. Misal Anda bergerak dalam bidang retail dan ingin melakukan promosi secara online dan offline. Tim promosi tentu akan mengajukan anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan itu semuanya. Anggaran yang diajukan tentu tidak serta-merta langsung disetujui begitu saja.

Anda membutuhkan catatan akuntansi yang dibuat oleh akuntan perusahaan. Dari sana Anda akan tahu seberapa besar budget yang bisa dikeluarkan untuk promosi. Kalau apa yang diajukan oleh tim promosi tidak membebani anggaran, dana bisa segera diberikan dan eksekusi promosi bisa langsung berjalan.

Mudah Mendapatkan Pinjaman

accurate software

Kalau Anda memiliki perusahaan yang sudah besar, mungkin pencarian investor atau pemberi modal bisa dengan mudah dilakukan. Bahkan, melihat pencapaian perusahaan saja, investor akan datang untuk menawarkan pinjaman. Namun, untuk perusahaan startup atau rintisan, hal seperti ini akan sulit dilakukan, oleh karena itu mereka harus membuat sebuah laporan keuangan yang baik.

Biasanya perusahaan pemberi modal akan melakukan pengecekan terkait dengan laporan keuangan yang dibuat, laba, pajak, dan hal vital lainnya. Kalau dalam pengecekan ini terlihat nilai positif, pinjaman bisa diberikan. Namun, kalau dalam pemeriksaan, laporan akuntansi atau keuangannya kacau, investor juga akan urung memberikan pinjaman.

Pencatatan Berjalan dengan Teratur

accurate software

Kalau perusahaan Anda masih jenis rintisan yang transaksinya masih sedikit mungkin pengaturan keuangan mudah dilakukan. Semuanya bisa ditata dengan teratur sehingga kalau ada pengecekan bisa dilakukan. Namun, kalau perusahaannya besar, transaksi tentu semakin besar dan setiap divisi akan melakukannya.

Karena transaksi berjalan cukup masif, seorang akuntan dibutuhkan untuk melakukan pengaturan transaksi, mencatat transaksi, hingga melakukan dokumentasi. Dengan melakukan ini, pencatatan akan berjalan dengan teratur dan minim sekali terjadi kesalahan. Dalam perusahaan, kesalahan dalam hitungan dan pencatatan bisa menjadi masalah yang sangat besar.

Memonitor Cash Flow

accurate software

Kalau Anda menyewa akuntan dari luar mungkin pengecekan keuangan hanya bisa dilakukan pada periode waktu tertentu, umumnya satu bulan. Padahal untuk memastikan sebuah perusahaan berjalan dengan baik, pengamatan harus dilakukan setiap saat sehingga kalau ada sedikit kesalahan bisa segera dibenarkan.

Pengecekan atau memonitor cash flow ini akan jauh lebih cepat kalau Anda menggunakan semacam aplikasi atau software akuntansi online. Dengan menggunakan alat ini, pengecekan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bahkan saat Anda sedang berada di rumah dan karyawan sudah pulang, catatan keuangan bisa langsung dicek secara instan melalui desktop atau ponsel.

Pengambilan Keputusan

accurate software

Pengambilan keputusan sebuah perusahaan biasanya dilakukan dengan melihat catatan keuangan. Misal dengan melihat catatan keuangan sebuah perusahaan terlihat sangat berkembang sehingga butuh menambah karyawan agar berbagai divisi yang dimiliki bisa berjalan dengan baik. Tanpa catatan keuangan, hal-hal seperti ini akan sulit dilakukan.

Selanjutnya dengan melihat catatan keuangan, sebuah perusahaan akan tahu apakah mereka sudah waktunya menambah gaji karyawan atau belum. Kalau untung yang didapat berbanding dengan kerja keras, pemberian keputusan naik gaji atau pemberian bonus akan memberikan suntikan semangat dan loyalitas dari seorang pegawai.

Keputusan lain yang mungkin diambil dari melihat laporan akuntansi adalah masalah pengembangan produk baru, promosi, hingga kemungkinan mendirikan cabang baru. Kalau catatan keuangan yang dimiliki sangat kacau, hal-hal seperti ini akan susah sekali dilakukan.

Mengapa Harus Menggunakan Software Akuntansi?

Pengelolaan keuangan perusahaan apa pun jenisnya sangat penting. Itulah kenapa perusahaan mempekerjakan atau menyewa seorang akuntan. Sayangnya, hanya mempekerjakan seseorang kadang ditemui banyak kekurangan seperti kurang teliti dan tidak bisa bekerja dengan cepat.

Kekurangan ini akhirnya bisa diatasi dengan menggunakan software akuntansi online atau perangkat lunak lain yang bisa dipasang pada komputer. Berikut beberapa kelebihan dari perangkat lunak yang membantu proses pengelolaan keuangan perusahaan ini.

Menghemat Waktu

accurate software

Alasan pertama mengapa perangkat lunak akuntansi sangat dibutuhkan adalah bisa menghemat waktu. Dibandingkan dengan pencatatan secara manual, dengan aplikasi Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan dan secara otomatis sistem akan melakukan pengolahan. Jadi, tugas dari seorang akuntan jadi lebih ringan karena hanya perlu memasukkan data transaksi saja.

Dengan kemudahan dan kecepatan inilah, aplikasi bisa membuat proses akuntansi berjalan dengan teratur. Kalau suatu saat membutuhkan data tentang penjualan, aplikasi bisa secara langsung digunakan untuk menampilkan transaksi itu dengan penyesuaian filter. Kalau semuanya dilakukan secara manual, tentu Anda harus bongkar dokumen yang tersimpan rapi di folder.

Pengamatan Berkelanjutan dan Real Time

accurate online

Kalau Anda menggunakan sistem akuntansi manual, kemungkinan besar akan mengalami hambatan kalau ingin melakukan pengamatan. Misal ingin mengamati data minggu ini atau bulan lalu. Kalau akuntan masih menggunakan cara manual, bongkar dokumen harus dilakukan. Atau kalau sudah ada data digital masih perlu dicetak, dikelompokkan, dan ditata agar mudah dipahami.

Dengan menggunakan aplikasi penunjang akuntansi, Anda tidak perlu melakukan itu semuanya. Semua hal bisa dicek secara teratur, berkala, bahkan real time. Misal penjualan yang terjadi hingga pukul 14.00 hari ini ada berapa. Semua bisa ditampilkan sehingga Anda bisa dengan mudah mengamati dan mengambil keputusan atau kebijakan.

Mudah Pengecekan Utang dan Piutang

accurate software

Sebuah perusahaan pasti memiliki utang dan piutang. Utang adalah tanggungan kita ke pihak lain yang harus segera dibayarkan sebelum jatuh tempo. Selanjutnya piutang adalah apa yang kita miliki dan masih dihutang orang lain. Dengan mengetahui dua hal ini dengan baik, Anda bisa memaksimalkan keuangan perusahaan dan meningkatkan rasa percaya.

Misal Anda ingin menagih utang yang dimiliki oleh orang lain atau rekanan kerja. Kalau data tidak didokumentasikan dengan baik, kemungkinan besar akan lupa. Dengan software atau aplikasi akuntansi Anda bisa dengan mudah mencari berbagai jenis piutang dan tanggal jatuh temponya.

Selain tidak lupa dengan piutang yang dimiliki, Anda juga tidak boleh lupa dengan utang yang dimiliki. Kalau utang yang dimiliki sampai lupa, kepercayaan rekan kerja akan semakin turun. Kalau utang bisa diketahui jauh temponya dan segera dibayar, kerja sama akan berjalan dengan lebih lancar.

Mudah Digunakan

accurate software

Salah satu alasan mengapa perusahaan merekrut atau menyewa seorang akuntan profesional dengan bayaran mahal adalah tugasnya yang sangat sulit. Seorang akuntan tidak hanya melakukan pencatatan keuangan masuk dan keluar saja. Mereka juga mendokumentasikan banyak hal agar pembukuan bisa dilakukan dengan benar dan mudah dicek saat akhir periode.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi secara online atau bisa dipasang di komputer, proses akuntansi perusahaan akan berjalan dengan lancar. Bahkan, saking lancarnya, tidak membutuhkan orang dengan kemampuan akuntansi tinggi. Cukup orang dengan dasar akuntansi sudah bisa dipekerjakan untuk masalah ini.

Selanjutnya, hampir semua aplikasi yang berhubungan dengan akuntansi mudah digunakan. Bahkan tidak membutuhkan kursus khusus untuk melakukannya. Cukup membaca manual book yang diberikan semua orang bisa melakukannya. Lebih lanjut desain UI yang menarik dan elegan juga membuat aplikasi lebih menarik.

Meminimalkan Kesalahan

accurate software

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, seorang akuntan memiliki banyak sekali tugas yang harus dilakukan. Dalam salam satu hari hanya ada puluhan transaksi saja mungkin tidak masalah. Namun, kalau ada sampai ratusan transaksi dan semuanya berbeda divisi akan membuat mereka kebingungan dan akhirnya membuat kesalahan.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh akuntan adalah tidak menginputkan data dengan benar, sesuai dengan tempat, dan kemungkinan dokumentasi transaksi berupa nota atau invoice hilang. Kalau hal seperti ini terjadi akan terjadi kekacauan besar dan memungkinkan terjadi kerugian pada sebuah perusahaan.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi seperti Accurate Software, pencatatan bisa dilakukan dengan benar. Kesalahan bisa diminimalkan sehingga data yang ditampilkan sudah pasti benar. Yang paling penting bagi perusahaan adalah bagaimana memilih tim yang bisa dengan teliti memasukkan data ke aplikasi sehingga hasilnya akan selalu maksimal dan kesalahannya sangat minim.

Menawarkan Fitur yang Menarik

accurate software

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau aplikasi akuntansi memiliki banyak sekali fitur yang membuat siapa saja ingin menggunakannya. Salah satu fitur yang sangat diunggulkan adalah mengerjakan laporan keuangan dalam hitungan menit saja. Cukup memilih laporan bulan berapa dan tanggal berapa, semuanya bisa langsung ditampilkan dan bisa dicetak.

Aplikasi ini juga ada yang memiliki fitur payroll, pemotongan pajak, hingga memiliki data dari pegawai. Semuanya ada pada aplikasi, sehingga mudah memberikan bonus, membayar asuransi, dan hal lain yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kalau proses seperti ini dilakukan secara manual tentu akan sulit sekali terjadi.

Mudah Mencetak Laporan dan Invoice

accurate software

Aplikasi untuk akuntansi biasanya sudah memiliki berbagai jenis fitur laporan yang bisa dicetak kapan pun dibutuhkan. Misal ingin mencetak laporan keuangan harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Selain itu ada juga laporan untuk utang dan piutang yang dimiliki termasuk tanggal jatuh temponya.

Dengan fitur cetak laporan otomatis, seorang akuntan tidak perlu bekerja dua kali untuk melakukan input laporan keuangan. Cukup lakukan filter terkait dengan jenis dan waktu laporan dan bisa langsung diberikan kepada atas.

Selanjutnya masalah invoice yang salah atau ada beberapa perubahan. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, semuanya bisa langsung dilakukan dengan cepat dan dicetak saat itu juga.

Mudah Melakukan Stocking

accurate software

Kalau perusahaan Anda bergerak dalam bidang retail, seorang akuntan juga harus bekerja untuk mengetahui berapa stok barang yang masih dimiliki, berapa yang terjual, dan di mana saja produk berada. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, semua jenis barang bisa dilacak termasuk berapa stok yang dimiliki dan tanggal jualnya.

Kalau masih menggunakan laporan manual, pengecekan akan dilakukan satu per satu setiap harinya. Pengecekan manual akan kemungkinan terjadinya suatu kesalahan. Itulah kenapa aplikasi dibutuhkan untuk melakukan stocking barang setiap akhir bulan.

Selain barang yang dijual, pencatatan juga dilakukan untuk mengetahui jenis barang di kantor semisal lemari, komputer, dan sebagainya yang termasuk di dalam modal dan inventaris. Kalau ada barang rusak atau baru beli baru bisa segera diikutkan atau diedit agar data yang dicetak nantinya sudah termutakhir.

Mudah Membuat Laporan

accurate software

Seorang akuntan baik yang direkrut langsung oleh perusahaan atau disewa biasanya hanya bisa memberikan laporan sebulan sekali. Kalau hari ini laporan dibutuhkan dan mendadak, mereka akan susah melakukannya karena ada banyak hal yang harus dikerjakan. Akhirnya mereka harus lembur dan laporan yang diberikan kemungkinan besar masih memiliki kesalahan.

Kalau menggunakan software atau aplikasi akuntansi, hal-hal seperti ini tidak akan terjadi. Kalau data dibutuhkan hari ini, maka saat itu juga akan dibuat laporannya secara langsung dengan bantuan sistem. Apa yang dibutuhkan bisa langsung dicetak dan diberikan ke atas untuk diperiksa apakah ada kesalahan atau tidak.

Memudahkan Mobilitas

accurate software

Selama ini segala jenis laporan hanya bisa dilakukan di kantor karena tersimpan di komputer yang ada di sana. Kalau sewaktu-waktu ada masalah dan ingin melakukan pembenahan akan susah dilakukan. Apabila Anda menggunakan aplikasi akuntansi, hal ini tidak akan terjadi karena semua data bisa diakses dari mana saja.

Aplikasi yang berbasis online biasanya memiliki basis data yang bisa diakses dari mana saja. Bahkan, melalui ponsel pun bisa dicek secara langsung sehingga kemungkinan terjadi kesalahan akan besar. Kalau Anda ingin melakukan pengecekan saat berada di luar kantor, semua datanya sudah real time.

Pengaturan Dilakukan Terpusat

accurate software

Dengan menggunakan aplikasi ini berbagai kebutuhan akuntansi akan dilakukan secara terpusat menggunakan satu aplikasi saja. Misal masalah utang, piutang, inventaris, hingga data dari pegawai akan ada dalam satu tempat saja. Dengan sistem ini, Anda tidak perlu kebingungan saat akan melakukan pengecekan.

Misal saat ingin melakukan pengecekan tentang gaji karyawan, penjualan harian, hingga piutang, bisa dilakukan dalam satu tempat saja. Sistem terpusat ini akan membuat semuanya menjadi lebih ringkas.

Mudah Melaporkan Pajak

accurate software

Pajak adalah hal yang penting dalam sebuah perusahaan. Sayangnya penghitungan pajak kadang agak susah dilakukan tanpa bantuan akuntan. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, masalah pajak bisa diproses dengan cepat dan otomatis. Anda hanya perlu mencetaknya lalu diteliti kalau ada kesalahan.

Inilah beberapa ulasan tentang pentingnya software akuntansi dalam sebuah bisnis entah itu besar atau baru rintisan atau startup. Dengan melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, peluang sebuah perusahaan untuk berkembang bukanlah impian semata.

Apalagi kalau Anda menggunakan Accurate Software untuk membantu akuntansi. Segala bentuk proses penghitungan, pembuatan laporan, hingga monitoring bisa dilakukan secara realtime. Jadi, tunggu apalagi? Gunakan software akuntansi ini agar pengelolaan keuangan bisa berjalan otomatis, bahkan tanpa menyewa akuntan sekali pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top