fbpx
skip to Main Content
Mengenal Apa Itu Analisis Penjualan Dan Dampaknya Terhadap Bisnis

Mengenal Apa Itu Analisis Penjualan dan Dampaknya Terhadap Bisnis

Setiap pelaku bisnis tentu menginginkan agar perusahaannya bisa berjalan dengan lancar. Pemasukan yang didapatkan dari penjualan produk barang atau jasa jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran. Namun, hanya dengan memperhatikan laporan keuangan bukanlah cara yang tepat untuk melihat kondisi perusahaan. Anda juga perlu melihat pada laporan analisis penjualan yang dapat disusun dengan mudah lewat aplikasi penjualan seperti Rene POS.

Dengan adanya tambahan masukan dari laporan analisis penjualan barang dan jasa, Anda bisa mengidentifikasi peluang dalam meningkatkan penjualan. Hal ini bisa saja luput dari pengamatan kalau Anda hanya membaca laporan keuangan. Di waktu yang sama, laporan analisis penjualan bisa Anda manfaatkan untuk menetapkan strategi penjualan baru untuk pengembangan usaha.

Apa Itu Laporan Analisis Penjualan?

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda perlu mengetahui definisi dari laporan analisis penjualan. Analisis penjualan memperlihatkan data berupa tren penjualan perusahaan dalam durasi tertentu. Bentuk paling dasar dari laporan analisis penjualan dapat menunjukkan adanya peningkatan atau penurunan angka penjualan.

Anda bisa menemukan laporan analisis penjualan barang dan jasa yang memperlihatkan tren penjualan dalam kurun bulanan, mingguan, bulanan, tiga bulanan, ataupun tahunan. Hal ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan. Penyusunan laporan analisis penjualan dengan beragam jangka waktu seperti itu, bisa Anda lakukan dengan begitu gampang lewat aplikasi penjualan canggih yang ada dalam aplikasi Rene Point of Sale.

Laporan analisis ini biasanya menjadi bahan evaluasi manajer penjualan saat memasuki tahun fiskal. Untuk evaluasi yang lebih menyeluruh, laporan analisis biasanya diturunkan menjadi beberapa kategori, termasuk di antaranya adalah berdasarkan cara pembayaran, shift pemakaian, ataupun jumlah total penjualan. Selanjutnya, laporan itu menjadi landasan untuk menentukan kebijakan baru yang akan diambil pada periode fiskal selanjutnya.

Kegunaan Laporan Analisis Penjualan

Ketika menyusun laporan analisis penjualan barang secara rinci dan lengkap, Anda akan memperoleh manfaat yang begitu besar. Beberapa manfaat dari laporan analisis penjualan yang perlu diketahui oleh para pebisnis di antaranya adalah:

1. Menampilkan performa penjualan

analisis penjualan

Laporan analisis penjualan yang bisa Anda peroleh dari sistem penjualan digital seperti Rene punya fungsi dalam menampilkan sales performance. Kemampuan ini sangat berguna bagi para pengusaha. Lewat fitur ini, Anda dapat membandingkan antara angka penjualan saat ini dengan target yang telah ditetapkan.

Dengan adanya informasi seperti itu, manajer penjualan dapat melihat apakah target penjualan bakal terpenuhi atau tidak. Di waktu yang sama, hal ini juga memberi peluang kepada mereka untuk melakukan beberapa langkah agar target penjualan bisa dicapai sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Data ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengeksekusi program promosi dengan efektif. Anda perlu memilih waktu promosi dengan menyesuaikan situasi penjualan produk yang tinggi.

2. Menilai perbandingan antara repeat sales dan penjualan baru

analisis penjualan

Seperti yang telah disebutkan, laporan analisis penjualan dapat dibagi menjadi beberapa kategori, termasuk di antaranya adalah kelompok konsumen. Dari sini, Anda dapat memperoleh informasi mengenai efektivitas pemasaran. Di waktu yang sama, data ini juga berguna untuk melihat efektivitas promosi, produk baru, ataupun upaya untuk menarget segmen konsumen baru.

3. Mengetahui angka permintaan produk

analisis penjualan

Sistem informasi penjualan seperti Rene memungkinkan Anda untuk mengetahui kondisi ada tidaknya masalah dalam permintaan produk tertentu. Anda perlu tahu bahwa fenomena penurunan permintaan barang tertentu dalam jangka panjang bisa saja menjadi indikasi adanya beberapa permasalahan.

Problem itu bisa jadi disebabkan karena faktor kompetitor atau produk lain yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Pada situasi ini, Anda bisa memilih untuk menghentikan penjualan produk atau mengubah merek produk. Selain itu, fenomena ini juga dapat disebabkan karena kebutuhan konsumen yang berubah.

4. Memperkirakan harga pasaran

analisis penjualan

Pada industri tertentu, laporan analisis penjualan juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengetahui harga pasaran sebuah produk. Langkah ini bisa dilakukan dengan melihat history penjualan di masa lalu.

Dengan kegunaan seperti itu, Anda sudah bisa mengetahui betapa pentingnya menyusun laporan analisis penjualan. Tanpa kehadiran laporan ini, Anda akan mendapatkan posisi yang tidak menguntungkan dalam persaingan dengan kompetitor. Di waktu yang sama, laporan ini juga berguna untuk mendeteksi adanya permasalahan lebih dini.

Cara Menyusun Laporan Analisis Penjualan

Saat menyusun laporan analisis penjualan, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan, yakni:

  • Tentukan data yang ingin dilacak

analisis penjualan

Laporan analisis penjualan memungkinkan Anda untuk melihat performa penjualan produk tertentu. Dalam proses pembuatannya, Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan pembuatan laporan analisis penjualan yang ingin didapatkan.

Penentuan tujuan tersebut berkaitan erat dengan pencatatan data yang bakal dilaksanakan. Beberapa jenis analisis penjualan barang yang sering digunakan di antaranya adalah:

1. Produk

Analisis penjualan bisa Anda buat dengan berdasarkan tingkat penjualan produk pada durasi tertentu. Dari laporan ini, Anda dapat mengetahui model barang yang disukai oleh para pelanggan. Demikian pula informasi terkait harga, ukuran, warna, ataupun kualitas barang.

2. Syarat penjualan

Terkadang, Anda memberikan cara pembelian tidak hanya secara tunai. Anda juga memungkinkan para pelanggan melakukan pembayaran dengan beberapa metode, termasuk di antaranya adalah, dengan cara mencicil ataupun cash on delivery (COD).

3. Karyawan

Setiap individu memiliki kemampuan berbeda dalam melakukan pelayanan kepada konsumen. Hal ini juga mencakup kemampuan menjual produk dari para tenaga pemasaran. Sistem informasi penjualan yang canggih, memungkinkan Anda untuk memonitor pencapaian penjualan masing-masing tenaga pemasaran secara menyeluruh.

Data ini kemudian bisa Anda manfaatkan untuk menilai kinerja dari masing-masing karyawan. Anda pun dapat mengadakan program yang bertujuan untuk meningkatkan semangat para karyawan. Sebagai contoh, dengan memberikan insentif untuk karyawan dengan tingkat penjualan terbanyak.

4. Waktu penjualan tersibuk

Analisis penjualan juga dapat Anda manfaatkan untuk mencari momen dengan tingkat penjualan terbanyak. Anda bisa memperoleh informasi ini berdasarkan perhitungan jam, hari, ataupun bulan. Data ini kemudian bisa Anda manfaatkan untuk beragam keperluan. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan data tersebut sebagai sarana untuk melakukan promosi barang terbaru.

Selain 4 jenis laporan analisis penjualan tersebut, Anda juga bisa membuat beragam analisis penjualan lainnya sesuai dengan kebutuhan.

  • Rencanakan frekuensi analisis

analisis penjualan

Anda memang bisa mengatur durasi pelacakan angka penjualan pada laporan analisis penjualan. Tak menutup kemungkinan, Anda akan memerlukan laporan analisis penjualan yang dibuat dengan beberapa durasi waktu. Selanjutnya, Anda harus memastikan bahwa laporan analisis penjualan dibuat sesuai jadwal.

  • Tampilkan dalam grafik

analisis penjualan

Ketika Anda sudah memperoleh data dalam bentuk tabel, langkah selanjutnya adalah menampilkannya dalam bentuk grafik. Pemakaian data visual memberi kemudahan bagi Anda dalam melakukan analisis.

  • Analisis hasil

analisis penjualan

Ketika Anda sudah memperoleh data visual, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis. Analisis dapat dilakukan dengan mempertanyakan beberapa hal, sebagai contoh adalah:

  1. Apa jenis produk atau jasa yang paling banyak dibeli konsumen?
  2. Kapan waktu penjualan paling banyak?
  3. Metode pembayaran seperti apa yang paling sering dilakukan konsumen?

Hasil analisis yang kamu dapatkan harus berupa temuan faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan. Kalau angka penjualannya buruk, Anda perlu tahu hal-hal apa saja yang mempengaruhinya dan melakukan upaya untuk perbaikan. Sebaliknya, kalau angka penjualan melebihi kuota, temukan cara untuk mengulangi prestasi tersebut dan bahkan meningkatkannya di periode selanjutnya.

Rene POS Membantu dalam Pembuatan Laporan Analisis Penjualan

Manfaat dari laporan analisis penjualan bisa Anda dapatkan dengan begitu gampang lewat aplikasi Rene Point of Sale. Aplikasi ini merupakan sistem informasi penjualan dengan fitur yang begitu komplet. Lewat aplikasi Rene, Anda tidak hanya mampu menghasilkan laporan analisis penjualan yang detail, tetapi disertai cara pemakaian yang ringkas.

Aplikasi POS Rene memungkinkan Anda untuk mencetak beragam jenis laporan analisis penjualan. Sebagai contoh, Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mencetak laporan analisis penjualan pada periode tertentu, jenis barang yang paling laku, tipe barang dengan penjualan tertinggi, dan lain-lain.

Di samping itu, aplikasi Rene juga bisa memberi kemudahan untuk aktivitas usaha yang lain. Apalagi, aplikasi ini punya banyak fitur, termasuk di antaranya adalah:

  • Mendukung beragam jenis perangkat

analisis penjualan

Penggunaan aplikasi Rene begitu fleksibel. Anda bisa menginstal aplikasi ini pada mesin register yang biasa digunakan. Anda juga dapat memasang aplikasi POS ini pada komputer ataupun tablet.

Selain itu, sistem penjualan digital ini juga memungkinkan Anda menggunakan beragam jenis perangkat untuk memasukkan data. Anda tidak hanya bisa memanfaatkan keyboard komputer, tetapi juga keyboard custom, layar sentuh, ataupun barcode.

  • Disertai fitur monitor kedua

Aplikasi mesin register ini memiliki peran penting untuk memperlancar program promosi yang tengah Anda laksanakan. Aplikasi ini disertai dengan kemampuan untuk menggunakan layar kedua yang tampilannya bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Contoh pemakaiannya, Anda dapat memanfaatkan tampilan layar kedua untuk menawarkan promosi produk tertentu kepada konsumen.

  • Metode pembayaran yang fleksibel

analisis penjualan

Aplikasi POS yang satu ini memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran dalam beragam jenis. Aplikasi pembayaran kasir ini tidak hanya berguna untuk menerima pembayaran secara tunai. Anda juga bisa melayani pelanggan yang membayar dengan kartu kredit, kartu debit, ataupun voucher. Apalagi, aplikasi ini disertai kemampuan untuk memeriksa validasi voucher, apakah voucher itu masih berlaku atau sudah kedaluwarsa.

  • Tersedia fitur point reward

Aplikasi Rene juga disertai dengan fitur yang kerap dijumpai pada aplikasi customer relationship management (CRM). Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat program keanggotaan dengan berbasiskan pada point reward. Program ini dapat Anda jalankan dengan terlebih dahulu mempertimbangkan hasil analisis penjualan berbasis kelompok konsumen.

  • Mendukung skema promo

analisis penjualan

Aplikasi Rene punya fitur yang membuat Anda bisa mengadakan program promo kepada konsumen secara fleksibel. Tidak ada batasan tertentu dalam pembuatan program promo di aplikasi ini. Satu-satunya batasan adalah tingkat kreativitas Anda dalam mendesain sebuah program promo.

Anda dapat saja menawarkan program promosi dengan potongan harga sesuai dengan persentase. Untuk mendorong tingkat penjualan, Anda juga bisa menawarkan harga pembelian produk secara grosir yang lebih murah. Selain itu, promo berupa buy one get one juga cukup menarik untuk dipraktikkan.

  • Laporan yang langsung siap pakai

Aplikasi RENE disertai fitur yang membuat Anda dapat memperoleh beragam jenis laporan siap pakai. Sistem informasi penjualan ini tidak hanya menyediakan laporan analisis penjualan. Anda juga dapat menemukan laporan stok barang, rekap penjualan, ataupun laporan saldo akhir kas.

  • Integrasi dengan aplikasi Accurate

analisis penjualan

Hal yang cukup menarik lainnya dari aplikasi Rene adalah adanya integrasi dengan aplikasi Accurate. Seperti diketahui, Accurate merupakan aplikasi akuntansi yang memberi kemudahan dalam pembuatan beragam jenis laporan keuangan. Dengan adanya integrasi ini, Anda tidak perlu melakukan pemindahan data penjualan secara manual.

  • Dapat dipakai beberapa pengguna

Aplikasi sistem penjualan ini dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk satu orang. Anda bisa mengatur agar pemakaiannya dapat dilakukan oleh beberapa orang, dengan masing-masing akun. Tak lupa, Anda juga bisa mengatur hak akses dari masing-masing akun sesuai dengan jabatannya.

  • Bisa dimonitor dari mana saja

analisis penjualan

Sebagai sistem penjualan berbasis digital, tidak heran kalau Anda dapat melakukan pengamatan penjualan di toko dari berbagai lokasi. Hal ini dapat dilakukan berkat keberadaan fitur yang bernama push technology pada aplikasi Rene.

Fitur ini akan sangat membantu bagi Anda yang memiliki toko dengan beberapa cabang. Anda tidak perlu datang secara langsung ke lokasi untuk melihat performa penjualan. Cukup dengan melihatnya menggunakan aplikasi Rene.

Keamanan data transaksi penjualan juga tidak perlu dikhawatirkan. Semua data yang terkirim, sebelumnya telah menjalani proses enkripsi dan kompresi. Dengan begitu, data tidak akan jatuh ke tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Integrasi pajak secara online

Sistem penjualan Rene juga mendorong Anda untuk menjadi warga negara yang baik dan taat pajak. Anda bisa mendapatkan format pelaporan pajak dalam satu berkas yang berupa data penjualan harian. Selanjutnya, Anda tinggal melaporkannya ke dinas pajak secara online.

  • Mudah digunakan

analisis penjualan

Setiap akun juga bisa menggunakan aplikasi ini dengan begitu mudah. Apalagi, Rene menyediakan tampilan yang user friendly. Hal ini memberi keuntungan bagi para pemilik usaha yang tidak perlu terlalu lama dalam melatih para karyawan untuk menggunakannya. Apalagi, aplikasi ini hadir dengan bahasa pengantar berupa bahasa Indonesia.

Selain itu, proses instalasi aplikasi ini juga tidak terlalu sulit. Bahkan, semua orang bisa melakukannya cukup dalam hitungan menit. Dengan begitu, tidak ada alasan bagi karyawan untuk tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

Dengan kelengkapan fitur yang dimilikinya, aplikasi Rene menjadi solusi untuk beragam jenis usaha. Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk bisnis kafe atau restoran. Selain itu, Rene juga menjadi pilihan tepat bagi pengusaha jasa seperti spa, salon, ataupun bengkel. Tak ketinggalan, para pengusaha retail juga dapat mendapatkan manfaat besar dari Rene.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top