fbpx
skip to Main Content
Baru Memulai Bisnis? Ini Panduan Membuat Pembukuan Sederhana

Baru Memulai Bisnis? Ini Panduan Membuat Pembukuan Sederhana

Pembukuan adalah napas setiap bisnis. Tidak hanya mengontrol arus financial perusahaan, pembukuan atau akuntansi juga akan membantu Anda dalam mengambil keputusan penting yang berpengaruh terhadap kelangsungan usaha yang sedang dirintis.

Usaha skala kecil maupun besar diwajibkan memiliki system akuntansi yang rapi jika ingin tetap bertahan. Nah, berikut panduan menyusun pembukuan sederhana untuk pemula yang bisa Anda jadikan referensi.

  • Buat Buku Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Pembukuan Sederhana

Poin pertama yang harus Anda kerjakan adalah membuat buku catatan pemasukan dan pengeluaran secara terpisah. Catatan pemasukan ini berisi segala transaksi yang berkaitan dengan pemasukan perusahaan, misalnya modal, aset, piutang terbayar, hasil penjualan, laba, dan sebagainya.

Adapun catatan pengeluaran digunakan untuk mendokumentasikan segala transaksi/belanja operasional, mulai dari pembelian bahan baku, gaji karyawan, jumlah modal keluar, dsb. Buku catatan masuk dan keluar ini harus diisi secara tertib setiap hari.

  • Buat Buku Kas Utama

Transaksi masuk dan keluar perlu digabungkan dalam sebuah buku kas utama. Gunanya untuk mengetahui secara rinci berapa keuntungan atau bahkan kerugian yang dialami perusahaan dalam periode tertentu.

Buku kas utama ini juga bisa menjadi pedoman untuk menentukan strategi dan perencanaan operasional perusahaan kedepannya, terutama jika di kemudian hari ada biaya-biaya tak terduga yang mesti dikeluarkan.

  • Buku Stok Barang

Pembukuan Sederhana

Akuntansi bisnis tak hanya berhubungan dengan uang, tapi juga ketersediaan barang. Untuk itu penting bagi Anda memiliki buku stok guna mencatat barang yang masuk/keluar setiap harinya.

Lewat buku ini, Anda bisa memonitor ketersediaan barang di gudang apakah kurang atau justru surplus. Selain memperbaiki manajemen gudang, catatan ini juga berfungsi untuk menghindari kecurangan yang mungkin dilakukan supplier atau bahkan karyawan Anda sendiri.

  • Laporan Laba Rugi

Pembukuan Sederhana

Pembukuan sederhana juga harus dilengkapi dengan laporan laba rugi. Buku ini berfungsi untuk mencatat total pendapatan dan beban perusahaan dalam periode tertentu. Dengan melakukan pencatatan secara lengkap, Anda bisa mengetahui apakah bisnis sedang untung atau justru merugi.

Accurate Lite, Solusi Pembukuan Sederhana untuk UMKM

Pembukuan Sederhana

Anda tak harus punya keahlian khusus di bidang akuntansi untuk bisa menghasilkan pembukuan bisnis yang rapi, karena ada Accurate Lite yang siap menjadi solusi.

Software akuntansi ini dilengkapi dengan beragam fitur yang dibutuhkan dalam pengelolaan keuangan UMKM, seperti pencatatan penjualan, stok barang, catatan arus utang-piutang, sampai pembuatan laporan keuangan secara instan di mana saja dan kapan saja.

Maksimalkan potensi UMKM Anda dengan Accurate Lite sekarang! Coba gratis 30 hari di sini.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top