skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Munculnya Ghost Kitchen

Sama seperti inovasi restoran, tren ghost kitchen saat ini sudah berkembang dan tumbuh dengan cepat. Dalam kesempatan kali ini, kita akan menggali seluruh hal yang harus Anda ketahui tentang ghost kitchen dan menjawab seluruh pertanyaan utama terkait ghost kitchen. Untuk itu, baca artikel tentang ghost kitchen ini hingga selesai.

Apa Itu Ghost Kitchen?

Ghost kitchen atau yang memiliki nama lain dark kitchen, dapur bayangan, dapur virtual, dan dapur commissary, pada dasarnya adalah suatu fasilitas persiapan makanan yang memperiapkan makanan untuk dikirim ke pelanggan. Ghost kitchen juga bisa diartiken sebagai suatu restoran atau area makan tanpa area makan yang di dalamnya mampu memenuhi pengiriman pesanan makanan.

Ghost kitchen juga bisa digunakan untuk restoran yang baru dirilis, atau untuk meningkatkan jangkauan restoranyang sudah ada dengan cara membuat etalse secara virtual baru di berbagai area yang strategis. Suatu restoran dengan satu lokasi bangunan kemungkinan hanya akan melakukan pengirman dalam radius 5 mil dari restoran saja.

Bila restoran tersebut membuat ghost kitchen di luar radius 5 mil, maka restoran tersebut baru bisa mengirimnya ke berbagai pelanggan baru. Lebih lanjut lagi, banyak restoran yang membuat ghost kitchen di berbagai area yang tingkat volume pesanannya tinggi dengan tingkat jumlah permintaan pengiriman yang signinfika akan menghasilkan peningkatan pesanan, jangkauan, dan juga penjualan.

Pertimbangan Membuka Ghost Kitchen

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya ghost kitchen, mulai dari adanya perubahan ekonomi, perubahan perilaku konsumen, bentuk pekerjaan baru, peningkatan harga real estate, hingga perubahan kondisi budaya yang tidak terduga. Untuk itu, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membuka ghost kitchen, seperti:

  1. Suatu restoran bergerak dengan tingkat margin uang rendah, karena memerlukan pekerja dan mengawasi pekwejaan mereka memerluakn biaya yang tinggi dan juga konstan.
  2. Kehadiran smartphone dan pentingnya keamanan sudah mengubah perilaku konsumen pada pemasan dan juga pengiriman digital yang sudah tumbul 300 lebih cepat dari trafik makan di tempat sejak tahun 2014 lalu.
  3. Selama beberapa dekade terakhir, gagasan tentang pekerjaan tradisional sudah menurun karena perkembangan ekonomi sudah berkembang pesat. Saat ini, sebanyak 40% generasi milenial adalah pekerja lepas, dan 40% perusahaan di dunia saat ini banyak yang mempekerjaan pekerja lepas. Hal inilah yang menyebabkan adanya pengemudi aplikasi seperti GoFood, GrabFood dan berbagai pekerja lainnya yang bekerja di ghost kitchen.
  4. Diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk membuka restoran saat ini. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh restaurantowner.com, membuka restoraa trasional memerlukan biaya $175.500 sampai $750.000. hal ini terjadi karena harga real estate yang terus meningkat, dan adanya hapusan kebutuhan untuk menyewa ruangan yang besar.
  5. Terakhir, kondisi pandemi saat ini pun turut mengubah perilaku konsumen dan resotoran. Saat anjurang “di rumah saja” diterapkan di seluruh dunia, pelanggan pun mulai lebih sering melakukan pesanan online.

Selain itu, dengan berkurangnya kapasitas dan penutupan restoran, membuat pengiriman menjadi satu-satunya sarana industri restoran untuk bisa bertahan. Sementara pembatasan terus mengalami perubahan dan peningkatan, pengiriman paket makana diperkirakan akan terus meningkat dengan cepat selama beberapa dekade ke depan. Kombinasi yang ada pada perubahan budaya dan tantangan ini mampu membuka peluan inovasi di berbagai sektor, terutama industri restoran.

Jenis-Jenis Ghost Kitchens

1. Inkubator atau Pop-Up Kitchens

Inkubator atau pop-up ghost kitchens adalah sebuah ruangan yang menempel pada bangunan restoran, namun ruangan ini hanya digunakan untuk memenuhi pesanan dan juga pengiriman online. Dapur inkubator akan memungkinkan restoran tradisional dalam membuat konsep dapur, meminimalisir kesalahan di dapaur, dan meningkatkan aliran pendapatan bisnis.

2. Commissary atau Dapur Bersama

Dapur commissary adalah suatu ruang komersial yang digunakan bersama di beberapa restoran. Ruangan ini dilengkapi dengan seluruh perlengakapn dan juga peralatan masak yang Anda perlukan untuk memenuhi pesanan online dan tidak membutuhkan uang muka yang besar ataupun kontrak seumur hidup. Dapur ini tersedia agar bisa disewakan ke pihak restoran ataupun pebisnis makanan di mana pun mereka pberada.

3. Kitchen Pods

Kitchen pods adalah jenis ghost kitchen yang paling sederhana. Biasanya ghost kitchen ini menggunakan kontainer pengiriman dan sering ditempatkan di tempat parkir belakang restoroan. Sehingga membuatkan lebih mudah diangkut.

Keuntungan menjalankan Ghost Kitchen

1. Hemat Uang

Keuntungan yang paling utama dalam menjalankan konsep ghost kitchen adalah lebih hemat biaya daripada membuka restoran. Membuka ghost kitchen hanya memerlukan sedikit investasi modal dan biaya operasional yang diperlukan juga lebih sedikit. Anda juga tidak memerlukan banyak ruang untuk memberi sapaan kepada pelanggan yang datang. Sehingga, restoran yang menerapkan konsep ini bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik.

2. Tidak Perlu Lokasi Premium

Ghost kitchen dibuat bukan untuk menerima tamu untuk makan ditempat, sehingga Anda mempunayi banyak kebebasan saat memilih lokasi.

3. Kebebasan Untuk Beradaptasi dan Berkembang

Dengan menerapkan konsep ghost kitchen, Anda bisa lebih mudah untuk beradaptasi dan berkembang di tengah ketatnya persaingan pasar saat ini. Anda bisa mencoba menu baru atau meningkatkan cita rasa yang ada.

4. Logistik Yang Sederhana

Dengan hanya berfokus pada pengiriman saja, Anda bisa lebih banyak menerima pesanan dan mengirimkannya pada berbegai pelanggan dalam kurun waktu yang lebih singkat. Sehingga, Anda bisa meminimalisir setiap kerumitan dan memiliki lebih banyak waktu untuk meningkatkan layanan dan cita rasa menu makan Anda.

Kekurangan Model Bisnis Ghost Kitchen

Terlepas dari berbagai kelebihan ghost kitchen di atas, model bisnis ini tentu mempunyai kekurangan tersendiri. Kekurangan yang paling bisa dirasakan adalah Anda tidak bisa menentukan dan dengan siapa Adna akan bersaing. Saat ini, setiap orang bisa dengan mudah mendaftarkan bisnisnya pada berbagai aplikasi pengantaran makanan online. Sehingga, akan ada banyak sekali bisnis kuliner yang tersedia di sebuah aplikasi. Dari sekian banyaknya pebisnis makanan yang terdapat di dalam sebuah aplikasi, tentunya Anda tidak bisa mengukur scaa pasti bisnis mana yang benar-benar menjadi saungan Anda. Hal ini akan berdampak besar pada kesulitan Anda dalam mengatur strategi pemasaran yang tepat.

Selain itu, terdapat biaya potensi kehilangan konsumen yang harus Anda bayar. Hal ini tentunya berbeda dengan restoran fisik yang mana siapa saja yang lewat bisa tiba-tiba singgah. Hal ini tidak akan bisa Anda dapatkan di ghost kitchen.Selain itu, ada biaya potensi kehilangan konsumen juga yang akan kamu bayar. Berbeda dengan restoran di mana orang yang lewat dapat tiba-tiba singgah, kemungkinan hal ini tidak dimiliki oleh ghost restaurant. Saat membuka aplikasi pengantaran makanan online, bisa saja ada orang yang tiba-tiba memutuskan membeli produk Anda. Namun, agar bisa mencapai hal tersebut, Anda harus bisa memastikan bahwa produk Anda muncul di dalma pencarian dan juga mampu menarik hari konsumen.

Itu artinya, Anda harus bisa memilih merek yang mampu dipikirkan oleh banyak orang. Selain itu, Anda juga harus berkonsultasi dengan layanan aplikasi tersebut terkait bagaimana caranya agar bisa selalu muncul di laman pencarian pelanggan. Yang tidak kalah penting lainnya, Anda juga harus menampilkan foto makanan yang menggiurkan, sehingga akan menarik calon konsumen untuk melakukan pembelian.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang ghost kitchen. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan ghost kitchen, model bisnis ini tetap sangat layan untuk Anda coba. Terlebih lagi karena karakter masyarakat yang saat ini sudah berubah, yang mana sebagian besar dari mereka lebih menyukai hal yang berbau instan dan juga praktis.

Sehingga, mereka tidak perlu repot lagi dalam menyiapkan makanan atau harus pergi keluar rumah untuk membeli makanan dan hal ini akan menjadi alasan banyak orang untuk membeli makanan dari aplikasi pengantar makanan online. Anda hanya harus memaksimalkan pemasarannya dengan cara mengikuti berbagai program yang sudah disediakan aplikasi pengantaran makanan online tersebut.

Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap mencatat laporan arus kas bisnis kuliner yang Anda jalankan dengan menggunakan aplikasi akuntansi dari Accurate Online. Karena dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Software akuntansi ini juga sudah dilengkapi dengan berbaga fitur menarik yang akan semakin memudahkan Anda dalam melakukan bisnis ghost kitchen. Anda bisa mencoba seluruh keunggulan dan fitur menarik dari Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

×