skip to Main Content
Promo SUPER 11.11 khusus untuk Accurate 5 Desktop, diskon hingga 20%

Beberapa Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Ketika Memulai Bisnis Menjahit

Memulai bisnis menjahit bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang merencanakan memiliki bisnis sendiri untuk kemandirian finansial Anda. Meskipun banyak kesuksesan Anda akan tergantung pada keterampilan Anda, Anda juga harus menjadi pengusaha yang kreatif dan terampil agar bisnis Anda berhasil. Terlebih di era modernisasi seperti sekarang, tentu Anda harus menyusun strategi agar bisnis Anda tetap berjalan dan menguntungkan. Hindari kesalahan yang akan mengakibatkan bisnis Anda stagnan atau bahkan bangkrut,. Jika Anda berencana memulai bisnis menjahit atau menjadi penjahit, berikut adalah beberapa kesalahan umum yang harus dihindari ketika dalam bisnis menjahit:

1. Tidak Memperhitungkan Kompetitor

Sebelum membuka usaha menjahit Anda di kota, penting untuk menentukan bagaimana toko Anda akan cocok atau tidak dengan lanskap kompetitif masyarakat di daerah tersebut. Anda harus mulai dengan meneliti berapa banyak dan siapa pesaing Anda, dan kemudian mengembangkan rencana tentang bagaimana Anda akan berhasil bersaing dalam bisnis ini. Jika Anda gagal menguji pasar dengan tepat dan melihat siapa pesaing Anda, jangan pernah berharap bahwa bisnis  Anda berkembang dan menjadi sukses. Hal ini dikarenakan Anda tidak memiliki apa pun untuk mengukur harga dan kebutuhan terhadap layanan Anda.

2. Kurang Pengalaman

Sebelum Anda memulai bisnis menjahit, Anda mungkin harus bekerja dan mempelajari semua hal tentang menjahit dengan pemilik usaha menjahit lain untuk mendapatkan gambaran realistis tentang pasar dan apa yang dibutuhkan oleh bisnis menjahit. Usahakan Anda tidak mendapatkan informasi ini dari kompetisi lokal di daerah ini, karena hal ini hampir sangat tidak dmungkin dilakukan dan sangat tidak bijaksana bagi mereka untuk membantu Anda. Namun, seseorang dengan pasar lokal mereka sendiri di daerah lebih bersedia untuk membantu Anda. Banyak pemilik bisnis senang berbagi informasi dengan pengusaha baru dan ini merupakan aspek penting dalam menemukan apa yang diperlukan untuk menjadi berkembang.

3. Malu dengan apa yang Anda Buat

Salah satu cara hebat untuk memulai bisnis menjahit adalah melalui iklan dari mulut ke mulut dan interaksi pribadi Anda dengan orang lain. Anda harus selalu terlihat rapi dan berpakaian bagus saat memasarkan bisnis menjahit Anda, karena sekarang Anda bekerja di industri garmen dan hal itu sangatlah penting. Akan sangat besar peluang orang-orang bertanya tentang pakaian yang Anda kenakan jika pakaian itu terlihat bagus. Dan pernahkah Anda pikirkan, cara beriklan apa yang lebih baik selain bisa mengatakan “Saya yang telah membuat ini.” Anda harus selalu mencoba mengenakan produk buatan Anda sehingga Anda  menjadi iklan berjalan, dan Anda dapat mendapatkan perhatian semua orang terhadap detail dan gaya pakaian Anda.

4. Tidak Memilih Segment

Ada begitu banyak bidang menjahit yang bisa dikejar seseorang, dan jika Anda tidak memilih satu atau dua hal yang menjadi spesialisasi, Anda hanya bisa membuat pakaian yang tipis dan tidak mengembangkan bisnis Anda dengan benar. Apakah Anda ingin melakukan mengembangkan bisnis fokus pada pakaian anak-anak atau orang dewasa, atau mungkin pakaian olahraga? Perlu Anda ingat, ada pasar untuk bisnis Anda, tetapi mempersempit fokus Anda adalah kuncinya. Pikirkan tentang apa yang ingin menjadi spesialisasi Anda, dan mulailah membuat rencana untuk mengembangkan dan memasarkan produk di bidang itu.

Kesimpulan

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan diatas, Anda bisa untuk memulai bisnis menjahit Anda dengan baik dan memulai untuk mencapai kemandirian finansial. Jangan lupakan juga tentang pembukuan. Pencatatan seluruh pos pengeluaran dan pemasukan adalah penting bagi setiap bisnis. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana kesehatan bisnis Anda. Jika Anda kesulitan melakukan pembukuan secara manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk memudahkan pembukuan Anda. Accurate Online memiliki fitur terlengkap dan cocok untuk semua jenis bisnis di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×