skip to Main Content
ACCURATE Authorized Partner.
Serba-serbi Tentang Beda Accurate Online Dengan Accurate 5

Serba-serbi tentang Beda Accurate Online dengan Accurate 5

Jika Anda bekerja di bagian keuangan, Anda pasti mengenal berbagai software akuntansi yang andal dan dapat dipercaya, seperti Accurate Online dan Accurate 5. Menurut hasil survei TOP Brand 2017 menunjukkan bahwa software akuntansi Accurate berada di posisi pertama dengan persentase 20,6%, mengalahkan software-software akuntansi buatan luar negeri dalam kategori software akuntansi terbaik di Indonesia. Selain itu, Accurate Online dan Accurate 5 telah digunakan lebih dari 300,000 pengguna.

Walau Accurate Online dan Accurate 5 dikeluarkan oleh perusahaan pengembang software yang sama, kedua jenis software ini memiliki perbedaan. Beda Accurate Online dengan Accurate 5 terletak dari cara kerja, waktu akses, fitur, program, dan masih banyak lagi. Namun, kedua software Accurate ini sangat membantu berbagai usaha dalam bidang kontraktor, distributor (trading), jasa (service), dan pabrikasi (manufacturing).

Accurate Online dan Accurate 5 dikembangkan oleh CPSSoft atau PT Cipta Piranti Sejahtera untuk memberikan kemudahan dalam melakukan pembukuan. Kedua jenis software ini memiliki fitur-fitur seperti modul penjualan yang berfungsi untuk mencatat operasional, membuat, dan mencetak surat penawaran,  membuat dan mencetak surat jalan (delivery order), mencatat pesanan penjualan, membuat dan mencetak invois,(faktur penjualan termin), dan mencatat pelunasan piutang penjualan yang telah jatuh tempo. Software ini juga dapat digunakan untuk membaca kode batang barang melalui alat pemindai (scanner).

Berikut ini adalah informasi tentang Accurate Online, Accurate 5, dan serba-serbi beda Accurate Online dengan Accurate 5 yang perlu Anda ketahui.

Accurate Online

Beda Accurate Online dengan Accurate 5
abc palem

Accurate Online merupakan software akuntansi online dari PT Cipta Piranti Sejahtera atau yang dikenal dengan CPSSoft. Software ini memiliki sistem Cloud Accounting Database dengan tampilan berbentuk aplikasi web. Keamanan pangkalan data perusahaan terjamin karena infrastruktur sistem Cloud yang terbaru dan modern. Privasi penggunaan data perusahaan juga terjamin karena dilengkapi dengan Accurate Online Private Cloud untuk menyimpan dan mengakses pangkalan data.

Accurate 5

Beda Accurate Online dengan Accurate 5
ABC Palem

Accurate 5 merupakan software terbaru dari pengembangan dan penyempurnaan dari Accurate 4 milik  CPSSoft atau PT Cipta Piranti Sejahtera. Accurate 5 dilengkapi dengan penambahan fitur e-faktur yang memudahkan perusahaan dalam melakukan transaksi perpajakan ke Direktorat Jenderal Pajak. Software terdiri dari 3 jenis: standard, deluxe, dan enterprise. Software ini sangat mudah digunakan dan memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi.

Cara Kerja

Beda Accurate Online dengan Accurate 5
Hosting raja

Salah satu beda Accurate Online dengan Accurate 5 adalah dari cara kerjanya. Cara kerja Accurate Online sama seperti Accurate 5 jenis deluxe edition. Namun yang membedakannya adalah penggunaan sistem Cloud Database dan cloud server yang terkoneksi dengan jaringan internet. Anda tidak perlu menginstal software ini di laptop atau PC Anda. Selain itu, untuk menggunakan Accurate Online secara penuh Anda harus berlangganan baik per bulan atau per tahun. Tujuannya adalah supaya pengguna dapat mengakses pangkalan data (database) selama koneksi internet tersambung.

Berbeda dengan cara kerja Accurate Online, sebelum menggunakan Accurate 5 Anda harus menginstal software ini. Tentu saja Anda harus memiliki lisensi manajer untuk bisa mengaktifkan aksesnya. Anda juga harus memperbarui sistem software Accurate 5 untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru.

Berikut ini cara menggunakan Accurate Online dan Accurate 5.

Prosedur Menggunakan Accurate Online

Beda Accurate Online dengan Accurate 5
solusiukm.com
  1. Miliki email dan aktifkan jaringan  internet.
  2. Lakukan sign up dengan menggunakan email.
  3. Buka accurate.id dari browser.
  4. Masukkan alamat email dan kata sandi.
  5. Dapatkan email link verifikasi pendaftaran Accurate Online di email.
  6. Lakukan login ke Accurate Online.

Berbeda dengan Accurate Online, Anda harus menginstal software Accurate 5. Berikut ini adalah cara untuk menginstal software Accurate 5.

  1. Buka software Accurate 5 dan klik file software dengan mengeklik yes.
  2. Setelah itu, klik next.
  3. Klik I accept the term in the End-User License Agreement pada Accurate5 Setup untuk melanjutkan proses instal dan klik next.
  4. Setelah itu, proses penginstalan Accurate 5 akan dilakukan secara default sehingga secara otomatis akan masuk ke direktori. Klik next.
  5. Accurate 5 akan menginformasikan komputer yang diinstal untuk memilih menjadi Client & Servers atau di Custom. Pilih sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Klik next
  6. Pilih Client & Servers. Tujuannya agar Windows dapat dengan mudah terintegrasi dengan software Accurate. Jika server sedang mengalami pemeliharaan (maintenance), server Accurate bisa dipindahkan sementara ke komputer client . Klik next.
  7. Tunggu sampai proses instalasi software berjalan sampai terlihat kata finish.
  8. Proses instalasi Accurate 5 selesai. Buka software Accurate 5 dan lakukan registrasi dengan memasukkan nomor lisensi manajer.

Lisensi Manager

Beda Accurate Online dengan Accurate 5
Solusi UKM

Accurate Online tidak memiliki lisensi, tetapi sistem yang digunakan adalah sistem berlangganan (suscribed) yang dapat digunakan per bulan atau per tahun tergantung berapa lama Anda ingin berlangganan. Ketika Anda memutuskan untuk berlangganan Accurate Online, perhitungan berlangganan akan didasarkan per pangkalan data (database)  dan juga pengguna (user/connector).

Sebaliknya, Accurate 5 membutuhkan lisensi manajer untuk bisa mengaktifkan penggunaan software. Lisensi manager Accurate 5 berupa kode yang terenkripsi secara otomatis yang diperoleh dari aplikasi license manager. Install aplikasi license manager ke komputer server, lisensi Accurate akan aktif sekitar 5 sampai 9 hari (jika tidak terhubung dengan server). Kemudian, pastikan untuk mengaktifkan lagi software dengan menggunakan jaringan di mana komputer server terhubung dalam jaringan LAN.

Waktu Akses

Beda Accurate Online dengan Accurate 5
Malang Today

Beda Accurate Online dengan Accurate 5 lainnya adalah terletak di waktu pengaksesan. Accurate Online dapat dengan mudah diakses di mana dan kapan saja asal terdapat koneksi internet yang kecepatannya kurang lebih 1 Mbps. Alat yang digunakan bisa berupa laptop, PC, telepon cerdas, dan juga browser.

Sedangkan Accurate 5  hanya bisa diakses dalam jaringan lokan (LAN) dimana komputer server dan client terhubung dalam 1 (satu) jaringan yang sama.

Jumlah Database

Beda Accurate Online dengan Accurate 5
Kerucut9

Kedua software akuntansi ini memiliki perbedaan dari sisi jumlah database. Accurate Online dengan sistem berlangganan (subscribe) per database per bulan. Jika ingin memiliki 2 atau 3 database, Anda harus berlangganan 2 atau 3 database Accurate Online.

Sebaliknya, Anda bisa mengakses banyak database dari berbagai perusahaan tanpa ada batasan dengan Accurate 5 yang terinstall di 1 komputer. Anda bisa mengakses data di PT X, Y, dan Z tanpa harus membayar biaya tambahan.

Akses dan Simpan Database

Beda Accurate Online dengan Accurate 5 lainnya adalah perbedaan akses database. Dalam menyimpan dan mengakses data, Accurate Online menyediakan Cloud Server Accurate. Cloud Server Accurate berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data secara online. Anda juga bisa menyimpan dan mengakses database di komputer server perusahaan dengan menggunakan Accurate Online Private Server. Untuk layanan Accurate Online Private Server, Anda harus membelinya. Jadi, selama koneksi internet tersedia, Anda bisa mengakses data dari Cloud Server Accurate.

Sebaliknya, jika Anda memiliki Accurate 5, Anda bisa menyimpan dan mengakses data di setiap komputer yang telah terinstall Accurate 5. Untuk mengakses data tersebut, komputer-komputer dengan software Accurate 5 harus terkoneksi dengan jaringan internet yang sama atau terhubung dengan kabel LAN.

Program

Beda Accurate Online dengan Accurate 5
Cnet

Perbedaan yang sangat mencolok antara Accurate Online dengan Accurate 5 adalah pada platform. Untuk menggunakan software Accurate Online, Anda tidak perlu menginstall software-nya untuk membuka database. Anda hanya perlu membuka aplikasi ini dengan menggunakan browser: Mozilla, Chrome, Safari, Opera, atau Bing. Accurate Online juga bisa dibuka melalui telepon cerdas dengan sistem operasi Android atau iOS.

Berbanding terbalik dengan program dari software Accurate 5, untuk dapat menggunakan software Accurate 5, Anda harus menginstall software Accurate 5 ke PC atau laptop dengan spesifikasi tinggi dan sistem operasi Windows.

Fitur Multicabang

Beda Accurate Online dengan Accurate 5
HSE Center

Dari sisi fitur multi cabang, Accurate Online dapat digunakan untuk perusahaan yang mempunyai banyak cabang. Hal ini disebabkan Accurate Online dapat diakses di mana saja asalkan terhubung dengan koneksi internet. Accurate online dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu perusahaan yang banyak cabang: akses group, fitur multi cabang, multi gudang, dan pengguna. Oleh karena itu, laporan keuangan yang dibuat harus terpusat dan memiliki otorisasi terpusat juga.

Berikut ini fungsi dari fitur-fitur Acurate Online untuk multi cabang

  1. Akses group merupakan fitur untuk group yang memiliki hak akses yang ditentukan, seperti: administrasi, finance, dan gudang.
  2. Fitur Multicabang merupakan fitur yang memiliki fungsi untuk mendaftarkan semua cabang yang ada di perusahaan, seperti: Palembang, Bandung, dan Jakarta.
  3. Multigudang merupakan fitur yang berfungsi untuk memudahkan petugas untuk memantau dan mengontrol barang yang ada di beberapa tempat.
  4. Pengguna merupakan fitur untuk user yang melakukan login ke dalam Accurate online

Sebaliknya, Accurate 5 tidak memiliki fitur multicabang karena harus diakses dalam satu jaringan.

Sistem Persetujuan (Approval) Transaksi Oleh Atasan

Beda Accurate Online dengan Accurate 5
Solusi UKM

Beda Accurate Online dengan Accurate 5 lainnya adalah dari sisi sistem persetujuan transaksi. Software Accurate Online dilengkapi fitur sistem persetujuan transaksi oleh atasan. Fitur Approval dapat juga dimanfaatkan oleh atasan untuk memonitor dan mengontrol manajemen kegiatan transaksi saat sedang berlangsung.

Fitur ini memiliki fungsi untuk melaksanakan setiap transaksi yang diajukan oleh pengguna satu kepada pengguna yang lain yang diberi kewenangan untuk menyetujui atau menolak proses transaksi tersebut. Misalnya, bagian produksi ingin mengajukan permintaan pembelian barang kepada bagian pembelian, maka bagian pembelian memiliki kewenangan untuk menerima atau menolak. Berikut ini merupakan proses persetujuan untuk mengajukan pembelian barang.

  1. Pengguna baru dari bagian produksi akan menjadi user melalui fitur tambah pengguna.
  2. Hak diberikan kepada bagian produksi agar dapat mengajukan permintaan pembelian dengan mengakses fitur akses grup yang terdapat pada menu pengaturan.
  3. Pengguna yang ingin menambahkan user untuk mengakses Accurate Online bisa melakukan login ke accurate.id Untuk mendapat penambahan user, user harus mendaftarkan email dan membayar uang administrasi setelah user didaftarkan dalam waktu 30 hari.
  4. Pengguna di bagian pembelian berhak memberikan persetujuan pembelian yang diajukan bagian produksi melalui fitur penyetuju transaksi yang terdapat pada menu pengaturan.
  5. Pengguna (bagian produksi) dapat membuat permintaan pembelian dengan melakukan login dengan proses menyimpan dan memilih ajukan persetujuan.
  6. Bagian pembelian berhak untuk menolak atau menyetujui. Jika bagian pembelian menyetujui, pengguna (bagian pembelian) harus melakukan login sebagai user.
  7. User dalam hal ini adalah bagian pembelian mengeklik menu persetujuan (approval). setelah itu muncul jenis transaksi yang diajukan persetujuannya.
  8. Pengguna (bagian pembelian)  berhak untuk menyetujui, menolak, atau mengosongkan jawaban jika keputusan masih dalam pertimbangan.
  9. Klik proses untuk melaksanakan.

Sedangkan Accurate 5 tidak memiliki fitur approval.

Biaya Pembelian

Beda Accurate Online dengan Accurate 5
ABC Palem

Saat pertama kali Accurate Online diluncurkan pada Maret tahun 2017, harga pembelian software akuntansi Accurate Online berupa Rp1.800.000/tahun. Setelah selesai promo peluncuran software, harga software kembali menjadi Rp2.400.000 per tahun. Anda bisa berlangganan per bulan dengan biaya Rp200.000. Layanan ini hanya bisa digunakan oleh 1 pengguna. Namun, jika Anda ingin menambahkan 1 pengguna lagi, Anda bisa membayar Rp20.000 per bulan. Selain itu, Anda juga memiliki layanan Accurate Online Private Server dan membelinya seharga Rp25.000.000 dan bisa digunakan untuk selamanya.

Sebaliknya, harga software Accurate 5 jenis Standard Edition adalah Rp9.680.000 di semua agen resmi. Harga tersebut sudah termasuk PPN. Ketika Anda membeli Accurate 5, Anda akan mendapatkan 2 license. Accurate 5 jenis standard edition sangat cocok untuk bidang jasa, dagang, dan distributor sederhana karena memiliki semua fungsi dasar pembukuan software akuntansi.

Jika Anda ingin membeli Accurate 5 jenis Deluxe Edition, harga Rp13.200.000. Harga ini sudah termasuk PPN dan 2 license. Accurate 5 jenis Deluxe Edition cocok untuk bidang jasa kontraktor dan distributor karena sudah dilengkapi dengan fitur project management yang sangat komprehensif. Accurate 5 jenis Deluxe Edition merupakan pilihan yang terbaik di antara jenis software Accurate 5.

Jika perusahaan Anda merupakan jenis manufaktur atau pabrik dan termasuk dalam bisnis industri besar, Anda bisa memilih membeli Accurate 5 jenis Enterprise Edition. Harga jenis software ini adalah Rp38.500.000. Harga ini sudah termasuk PPN dan 5 license.  Accurate 5 jenis Enterprise Edition sangat cocok untuk manufaktur dan bisnis industri besar dan berfungsi untuk perencanaan dan kontrol produksi. Setiap pembelian software Accurate 5, Anda akan mendapatkan kotak, CD installer, kartu perdana, kartu license, dan buku panduan.

Skema Pembelian

Beda Accurate Online dengan Accurate 5
ABC Palem

Satu hal lagi yang membedakan Accurate Online dengan Accurate 5 adalah dari sisi pembelian. Untuk menggunakan Accurate Online, Anda harus berlangganan. Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama satu bulan sebelum memutuskan berlangganan. Masa berlangganan pun bervariasi mulai dari per bulan hingga per tahun. Accurate Online dapat memangkas biaya pemeliharaan dan tidak membutuhkan komputer atau laptop dengan spesifikasi yang tinggi untuk bisa menggunakannya.

Sedangkan untuk menggunakan Accurate 5, Anda harus membeli software Accurate 5. Harga relatif mahal, tetapi Anda hanya mengeluarkan biaya satu kali di awal tanpa ada biaya pemeliharaan. Anda bisa membeli extra license jika Anda merasakan manfaat lebih dari software ini. Kesimpulannya, walau banyak beda Accurate Online dengan Accurate 5,kedua software ini memiliki multifungsi terutama dalam membantu perusahaan mengurus pembukuan. Anda hanya perlu mempertimbangkan di antara Accurate Online atau Accurate 5 yang lebih menguntungkan dari segi waktu, fleksibilitas,  dan biaya. Untuk mendapatkan software akuntansi Accurate Online dan Accurate 5 yang asli, Anda dapat membelinya di ABC Palem, partner resmi dari CPSSoft (PT Cipta Piranti Sejahtera), perusahaan pengembang software akuntansi, Accurate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top