skip to Main Content
Berencana Lapor Pajak Online, Ini Yang Harus Dipersiapkan

Berencana Lapor Pajak Online, Ini yang Harus Dipersiapkan

Berkat perkembangan teknologi, ada banyak hal yang berubah dalam kehidupan masyarakat modern, salah satunya berkaitan dengan tata cara pelaporan pajak. Kini, wajib pajak dapat memanfaatkan Accurate Online untuk memudahkan pencatatan pajak pada suatu badan usaha.

Seperti diketahui, pajak merupakan kewajiban tiap warga negara, terutama bagi mereka yang telah memenuhi syarat untuk itu. Namun, tidak jarang masyarakat enggan melaporkan atau membayar pajak karena tidak tahu apa saja yang harus dipersiapkan. Nah, untuk kemudahan lapor pajak online tersebut, ketahui beberapa hal berikut ini:

1. EFIN

Lapor pajak online

EFIN (Electronic Filing Identification Number) adalah nomor identifikasi elektronik yang dibutuhkan wajib pajak ketika hendak melakukan lapor pajak online. Nomor ini dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk menjamin keamanan transaksi pajak online melalui sistem enkripsi.

Orang pribadi maupun badan usaha harus memiliki EFIN sebelum melakukan pelaporan pajak secara online. Untuk mendapatkan EFIN, wajib pajak dapat mengajukan permohonan kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat perusahaan terdaftar.

2. Data Pajak

Lapor Pajak Online

Material kedua yang perlu dipersiapkan ketika hendak melakukan lapor pajak online adalah data-data yang valid. Khusus untuk wajib pajak badan, ada sejumlah pajak yang harus dibayarkan, antara lain PPN dan PPh 23. Nah, untuk mengetahui informasi lengkap mengenai pajak tersebut, Anda tentu perlu melakukan pencatatan.

Accurate Online akan memudahkan pencatatan pajak dalam suatu perusahaan. Data ini bisa diintegrasikan dengan e-faktur yang berasal dari Dirjen Pajak. Dengan fitur tersebut, data pajak lebih akurat dan mudah didokumentasikan.

3. Koneksi Internet

Lapor Pajak Online

Selanjutnya, Anda perlu memiliki koneksi internet yang lancar guna melakukan lapor pajak online hingga berhasil. Supaya prosesnya lebih mudah, pelaporan sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum jatuh tempo dari waktu yang telah ditentukan. Perlu diingat, ada sanksi yang akan dikenakan bagi wajib pajak, baik sanksi administrasi maupun pidana, apabila aturan pajak dilanggar.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Dengan kemudahan pelaporan pajak secara online ini, warga negara diharapkan lebih taat pajak dan tidak mungkir dari kewajibannya.

Jadi, itulah hal-hal yang perlu dipersiapkan ketika hendak melakukan lapor pajak online. Dengan mengetahui hal ini terlebih dahulu, proses penyampaian laporan diharapkan lebih lancar. Anda juga bisa memanfaatkan Accurate Online untuk memudahkan proses laporan pajak tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top