skip to Main Content
Berjualan Dan Mendapat Untung Tanpa Modal? Coba Affiliate Marketing

Berjualan dan Mendapat Untung tanpa Modal? Coba Affiliate Marketing

Mendengar kata bisnis, apa yang terbayang di benak Anda? Apakah Anda masih berpikir soal membuka toko dan berjualan bahan pokok? Tentu itu tidak salah, tetapi segala hal berubah dan kini banyak aktivitas dilakukan di Internet. Dan salah satu bisnis yang pantas dilirik adalah affiliate marketing. Pada dasarnya, pemasaran  afiliasi merupakan sistem bisnis berbagi komisi. Kedengarannya menarik, bukan? Mari kita pelajari serba-serbi afiliasi pemasaran di sini ya:

Pengertian Affiliate Marketing

Berjualan dan mendapat untung tanpa modal bukanlah hal yang tidak mungkin di dalam proses afiliasi pemasaranPada sistem ini, suatu pihak bisa membayar pihak lain karena berhasil memasarkan dan menjualkan produk mereka ke orang lain. Aturannya berbeda-beda, tentu tergantung dari kesepakatan sebelumnya, atau tergantung pada produk dan jasa yang dijual. Mengapa affiliate marketing ini sangat diminati oleh banyak orang? Karena baik dari segi produsen maupun pemasar, keduanya tidak ada yang dirugikan.

Produsen tidak perlu membayar marketer dan marketer juga tidak perlu terikat pada produsen. Ini merupakan simbiosis mutualisme dan tidak ada tekanan hukum apa pun.

Contoh Sederhana Affiliate Marketing di Internet

Bagaimana cara mengikuti afiliasi pemasaran?

Pertama-tama, tentu Anda wajib mendaftarkan diri pada sebuah situs untuk menjadi marketer. Setelahnya, Anda akan mendapatkan tautan afiliasi. Tautan afiliasi ini bisa diletakkan di blog atau situs yang sebelumnya sudah Anda daftarkan. Kemudian, apabila ada orang yang membeli melalui situs tersebut, maka Anda akan mendapatkan keuntungan. Mudah sekali bukan caranya? Untuk bisa melancarkan proses afiliasi ini, Anda bisa mempromosikan tautan situs tersebut.

Perbedaan Reseller, Dropshipper, dan Afiliasi Pemasaran

Ada banyak orang yang sering salah dalam membedakan sistem dropshipper, reseller dan afiliasi pemasaranPadahal, ada perbedaan signifikan antara ketiganya. Berikut perbedaan yang harus Anda ketahui:

Reseller

Untuk menjadi seorang reseller, biasanya Anda diwajibkan membeli barang tertentu guna mendapatkan diskon besar. Dalam bisnis baju bayi, misalnya. Anda harus membeli satu lusin terlebih dahulu supaya terdaftar sebagai reseller dan mendapatkan harga menarik.

Dropshipper

Sistem dropshipper lebih mudah lagi dibandingkan dengan sistem reseller. Anda hanya perlu memasarkan produk atau jasa tertentu tanpa membelinya, dengan menaikkan margin harga. Apabila ada pemesan, maka Anda tinggal menghubungi pihak supplier dan mereka akan mengirimkan barang yang dimaksud.

Affiliate Marketing

Berbeda dengan keduanya, dalam afiliasi pemasaranAnda tidak perlu melayani pemesanan. Anda hanya perlu meletakkan tautan, kemudian jumlah pemesan melalui klik dari tempat Anda. Maka, bisa dibilang bahwa di antara ketiganya, yang merupakan penghasilan pasif hanyalah afiliasi pemasaran.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Soal Pemasaran Afiliasi

Pada dasarnya, bisnis afiliasi pemasaran adalah bisnis yang cukup tepercaya. Namun, ada beberapa orang yang menganggap bahwa sulit untuk berhasil di dalam bisnis ini. Perlu untuk diketahui bahwa dalam afiliasi pemasaran, Anda memang harus proaktif mempromosikan artikel dalam situs Anda. Maka, program ini lebih sesuai bagi mereka yang memang memiliki situs dengan lalu lintas tinggi, atau sudah punya nama.

Selain itu, penting buat Anda mengetahui mana saja pihak yang tepercaya di dalam bisnis ini. Pasalnya, ada banyak pihak yang tidak betul-betul membayarkan komisi rekan afiliasi. Pilih pihak yang sudah punya nama besar dan cari tahu reputasi mereka di Internet. Bagi Anda yang berencana untuk membangun sebuah bisnis, ada baiknya Anda merencanakan sistem pembukuan yang mudah, cepat, dan aman dengan sistem cloud. Gunakanlah Accurate Online untuk solusi pembukuan terbaik untuk bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud dengan fitur terlengkap dan harga terjangkau yang telah digunakan oleh 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini. 

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×