logo

CV. ABC Palem Lestari

ABC Palem merupakan Partner Resmi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang melayani Penjualan Accurate Accounting Software dan Rene Point of Sale, Training, & Konsultasi.
tamanpalem@myabcshop.com
+62 (21) 5439 2729

Biaya Dibayar Dimuka disusutkan

ABC Palem > Accurate Desktop  > Biaya Dibayar Dimuka disusutkan

Biaya Dibayar Dimuka disusutkan

Sebagai ilustrasi PT XYZ pada tgl 1 Desember 2012 membayar Sewa gedung untuk tahun 2013 melalui Bank BCA sebesar Rp 12.000.000. Dari sewa tersebut sudah diinput transaksinya melalui Other Payment tetapi yang jadi kendala adalah bagaimana cara menginput penyesuaian setiap bulan agar otomatis mengurangi nilai Sewa Gedung dibayar dimuka. Tujuannya ingin otomatis agar meminimalisir kesalahan dari pihak user karena bisa saja lupa untuk menginput penyesuaian Sewa per bulan dikarenakan menghandle pekerjaan yang lain atau penyesuaian yang diinput tidak sama sesuai dengan penyesuaian yang seharusnya.

Pada Software Akuntansi Accurate untuk penginputan biaya-biaya di bayar dimuka terdapat 2 alternatif cara yang dapat dilakukan:

1. Recurring

Recurring adalah perulangan transaksi dimana transaksinya adalah selalu sama dan yang membedakan adalah tgl transaksi dan keterangannya. Fitur tsb baru tersedia di Accurate versi 4. Berikut ini langkah-langkah untuk penginputan Sewa Gedungnya:

    • Input terlebih dulu akun Sewa Gedung dibayar dimuka melalui menu List | Chart of Account, klik New dan pilih tipe akunnya adalah Other Current Asset.
    • Input pembayaran Sewa Gedung untuk tahun 2013 melalui menu Activities| Cash Bank | Other Payment.

BiayaDibayarDimuka_1

    • Untuk penyesuaian masing2 bulan input terlebih dulu melalui Jurnal voucher dengan jurnal:

(Dr) Biaya Sewa Gedung**1000.000 –

(Cr) Sewa Gedung dibayar Dimuka – 1.000.000

** Nilai ini diambil dari Sewa Gedung dibayar Dimuka/12 bulan.

BiayaDibayarDimuka_2

Setelah itu click menu Recuring.

Untuk cara membuat recuring dapat dilihat di sini

2. Menginput Sewa Gedung dan diperlakukan sebagai Fixed Asset

Berikut ini langkah2 cara penginputan Sewa Gedung hingga penyesuaiannnya:

    • Input akun Sewa Gedung Dibayar Dimuka melalui List | Chart of Account, klik New dan pilih tipe akunnya Fixed Asset.
    • Input pengakuan Sewa Gedung dan pembayarannya melalui menu Activities | New Fixed Asset. Pada tab General isikan dengan informasi yang berkaitan dengan Sewa Gedung tsb dan jangan lupa centang untuk option “ Intangible Asset” kemudian di tab Expenditure isi dengan akun Cash/bank yang digunakan untuk membayar Sewa tsb, di kolom Amount isikan dengan harga Sewa gedungnya lalu Save & Close. Berikut capture penginputan Sewa Gedung di Fixed Asset:

BiayaDibayarDimuka_3

    • Pada saat akhir bulan lakukan Period end agar otomatis dihitung oleh ACCCURATE untuk penyusutan tiap-tiap Asset yang sudah diinput di List Fixed Asset, termasuk juga dengan alokasi biaya Sewa gedung.

Untuk melihat jurnal penyusutan hasil period end dapat melalui menu List | General Ledger| Jurnal Voucher, filter by datenya di uncheck dan dibagian Type centang Depreciation Asset, lalu double-click di baris transaksi untuk Period end yang sudah dilakukan. Akan tampil jurnalnya sebagai berikut:

(Dr) Biaya Sewa 1.000.000 –

(Cr) Sewa Gedung Dibayar dimuka.- 1.000.000

BiayaDibayarDimuka_4

(Available For v4)

Admin
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.