fbpx
skip to Main Content
Kiat Efektif Membangun Bisnis Sukses Dari Nol

Kiat Efektif Membangun Bisnis Sukses dari Nol

Memiliki bisnis sukses yang dirintis dari nol merupakan impian sebagian pelaku usaha. Untuk meraihnya, para wirausaha harus menyusun langkah dan strategi. Namun demikian, butuh komitmen kuat dalam menjalani hal tersebut. Ketika komitmen Anda kuat, apa pun tantangannya pasti bisa dihadapi.

Jadi, bagaimana kiat membangun bisnis dari nol agar cepat sukses? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini.

1. Out of the Box

bisnis sukses

Apakah Anda ingat sosok Nadiem Makarim? Sembilan tahun lalu, transportasi online yang dibesut oleh pemuda kelahiran 4 Juli 1984 ini dianggap nyeleneh. Namun, siapa sangka, akhirnya transportasi tersebut menjadi favorit masyarakat di masa sekarang.

Kreativitas Nadiem Makarim yang out of the box patut ditiru oleh pebisnis muda. Intinya, carilah ide bisnis dari masalah di sekitar Anda. Mulailah dari mencari tahu kekurangan di lingkungan tempat tinggal serta kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi.

Jika mendapatkan ide segar dan tidak biasa dari hasil riset tersebut, jangan takut untuk mewujudkannya. Percayalah, suatu saat, ide itu membawa Anda pada kesuksesan.

2. Memiliki Visi Misi Jelas

bisnis sukses

Sebelum membuka bisnis, Anda harus menetapkan visi dan misi. Visi menggambarkan tujuan besar dalam berbisnis. Sementara misi, mewakili langkah-langkah atau strategi meraih tujuan tersebut.

Supaya mendapatkan visi misi yang tepat, lakukan riset secara detail. Anda bisa meriset pasar, lokasi, atau karakteristik konsumen. Selanjutnya, buatlah jadwal wawancara langsung dengan konsumen mengenai kebutuhan mereka.

Langkah terakhir, kumpulkan semua data, mulai dari kondisi pasar sampai hasil wawancara dengan konsumen. Lalu, lakukan analisis strength, weakness, opportunity, dan threatness (SWOT) untuk menentukan tren dan kecenderungan pasar. Nah, kesimpulan analisis ini menjadi bahan visi misi bisnis Anda.

3. Membangun Bisnis Sesuai Passion

bisnis sukses

Tahukah Anda, bisnis yang dibangun dengan terpaksa akan berdampak buruk di masa depan? Selain bisa gulung tikar, pemiliknya akan merasakan beban berat sepanjang perjalanan bisnis. Karena itu, Anda harus mempertimbangkan passion dalam menentukan segmen usaha.

Dengan passion, hati dan pikiran lebih tenang ketika menghadapi kondisi sulit. Bahkan, pesaing pun tidak bisa menyurutkan langkah Anda untuk terus berinovasi dan berkarya. Selain itu, passion mampu membuat seseorang pantang menyerah saat menemukan kegagalan bisnis.

Setelah Anda menentukan bidang usaha sesuai passion, pastikan menguasai strategi bisnis tersebut. Strategi bisnis inilah yang akan mencetak profit untuk perusahaan.

 

Meraih bisnis sukses yang dimulai dari nol merupakan prestasi membanggakan bagi pebisnis. Namun, Anda jangan cepat puas dengan pencapaian tersebut. Tingkatkan terus prestasi bisnis, salah satunya melalui pengelolaan keuangan. Agar bisa mengelola secara maksimal, gunakan software akuntansi terbaik, misalnya Accurate Online.

Apa lagi yang Anda tunggu? Segera coba Accurate Online dan raih kesuksesan bisnis Anda.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top