skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

Mengenal Apa itu Fiskal dan Kebijakan Fiskal

Fiskal digunakan untuk menjelaskan bentuk pendapatan negara yang dikumpulkan berasal dari masyarakat dan oleh pemerintahan dianggap sebagai pendapatan lalu digunakan sebagai pengeluaran dengan program-program untuk menghasilkan pencapaian terhadap pendapatan nasional, produksi dan perekonomian serta digunakan sebagai perangkat keseimbangan dalam perekonomian. sedangkan untuk kebijakan fiskal sendiri adalah  salah satu faktor yang membentuk arah ekonomi negara. Pemerintah menggunakan kebijakan fiskal untuk mempengaruhi  ekonomi dengan menyesuaikan tingkat pendapatan dan pengeluaran. Kebijakan fiskal didasarkan pada teori-teori ekonom Inggris John Maynard Keynes, yang menyatakan bahwa peningkatan atau penurunan pendapatan (pajak) dan tingkat pengeluaran mempengaruhi inflasi, lapangan pekerjaan dan aliran uang melalui sistem ekonomi suatu negara.

Read More

Tips Mencegah Masalah Perpajakan Dari Segi Akuntansi

Pajak adalah kewajiban warga negara yang harus diurus dan dilunasi pada periode tertentu agar tidak menyebabkan masalah dalam hidup. Pada kenyataannya, tidak ada orang yang suka diaudit dan membayar tagihan pajak selama bertahun-tahun. Konsekuensi-konsekuensi yang mungkin dialami oleh para wajib pajak yang tidak mau diaudit dan tidak membayar pajak antara lain penyitaan dan kurungan penjara. Berbagai risiko sebaiknya dihindari dengan banyak cara, salah satunya adalah membangun kebiasaan baik dari sekarang dan mengetahui hal-hal yang berisiko untuk dilakukan. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah perpajakan sebagai berikut:

Read More

Manfaat Manajemen Risiko Bagi Perusahaan

Manajemen risiko digunakan untuk memetakan berbagai risiko yang dapat timbul dengan mengidentifikasi, mengukur, memetakan, mengembangkan alternatif penanganan risiko, memonitor adanya risiko, dan mengendalikan penanganan atau pencegahan risiko. Manajemen risiko bisa mengurangi kemungkinan gagal sehingga dampak kerugian internal dan eksternal yang akan terjadi terhadap laba perusahaan, pelanggaran hukum, penurunan produktivitas SDM, dan penurunan reputasi perusahaan dapat berkurang. Manajemen risiko sangat penting untuk dilakukan karena bisa mempersiapkan perusahaan untuk menghadapi kondisi tertentu yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Adapun manfaat manajemen risiko bagi perusahaan sebagai berikut.

Read More

Mengetahui Jenis-Jenis Risiko yang Wajib Diketahui Pebisnis Pemula

Kegiatan bisnis bisa dijalankan secara satu paket. Artinya, menjalankan bisnis harus dengan risikonya yang tidak bisa dihindari. Risiko bisnis adalah hal yang wajar terjadi dalam suatu kegiatan bisnis, maka dari itu, penting bagi kita untuk memahami apa itu definisi risiko dalam setiap kesatuan menjalani sebuah usaha. Risiko selalu terkait dengan adanya ketidakpastian di masa yang akan datang. Hal tersebut akan menimbulkan dampak yang bersifat merugikan bagi pemilik bisnis, khususnya para pemula. Risiko pada semua jenis usaha pada dasarnya akan selalu muncul dalam operasi bisnis itu sendiri. Namun, risiko akan meningkat seiring dengan tingginya kegiatan usaha yang berjalan. Jika Anda menginginkan keuntungan yang besar, maka risiko bisnis yang diterima juga akan semakin besar. Hal ini dikenal dengan istilah high risk high return. Mengenali setiap risiko dapat dimulai dengan mengetahui jenis-jenis risiko pada usaha itu sendiri, berikut ulasannya:

Read More

Pengertian Badan Usaha dan Mengenal Bentuk Badan Usaha yang Ada di Indonesia

Bentuk-bentuk badan usaha di Indonesia bermacam-macam dan semua perusahaan yang ada, bergerak di bawah naungan badan tersebut. Oleh sebab itu, antara badan usaha dengan perusahaan memiliki perbedaan. Badan usaha adalah sebuah lembaga sedangkan perusahaan adalah unit yang menjalankan produksi yang berada di bawah naungan badan usaha. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Read More
×