skip to Main Content
Promo Cermat Accurate Online, diskon hingga Rp 2.000.000,- Kode Promo: CERMAT

Cara Mengatur Arus Kas pada Bisnis Kecil

Hal yang paling sulit untuk diurus saat sedang menjalankan bisnis kecil terutama baru memulainya adalah menjaga pendapatan dengan seksama. Bagaimana caranya? Jawabannya adalah mengatur arus kas dengan rutin memeriksa pengeluaran dan pemasukan di rekening atau giro bank. Sebaiknya ditentukan juga cara pembayarannya agar lebih mudah untuk memeriksa pendapatan yang masuk ke kas. Jika banyak menerima secara tunai sebaiknya nota pembayaran tidak hilang agar mudah untuk dicatat dalam laporan keuangan.

Di sisi lain harus juga memerhatikan biaya atau beban yang menjadi pengeluaran. Biaya sebagai pengeluaran rutin pribadi dan kegiatan operasional seperti biaya telepon atau transportasi selalu ada walaupun kondisi bisnis sedang menurun karena pendapatan berkurang. Dalam dunia akuntansi, pengeluaran dan pendapatan disebut arus kas (cash flow) yang membutuhkan disiplin dan strategi jitu. Simak beberapa cara berikut ini untuk mengatur arus kas perusahaan atau bisnis kecil.

Read More

7 Prospek Karir Kuliah Manajemen

Anda minat untuk kuliah manajemen setelah lulus sekolah menengah tahun ini? Artikel ini akan memberikan gambaran umum mengenai apa itu studi manajemen dan apa saja prospek karir impian bagi para lulusannya. Mengambil jurusan manajemen merupakan jurusan yang banyak diminati hampir…

Read More

5 Cara Memilih Aplikasi Pembukuan yang Tepat Untuk Bisnis Kecil

Tidak memiliki sistem pembukuan bisnis yang baik  adalah salah satu alasan utama bisnis mengalami kegagalan. Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengatur sistem pembukuan secara manual menggunakan buku akuntansi atau menggunakan spreadsheet atau menggunakan aplikasi pembukuan. Kecuali jika Anda mahir dalam ilmu akuntansi dan ingin terbiasa dengan praktik pembukuan manual yang manual, aplikasi pembukuan adalah pilihan yang paling efisien.

Menggunakan aplikasi pembukuan akan menghemat waktu berjam-jam dibandingkan dengan menangani proses akuntansi secara manual atau menggunakan spreadsheet. Software akuntansi mengurangi atau menghilangkan proses entri data yang berlebihan, seperti memasukkan alamat pelanggan pada banyak faktur dan kemudian menambahkan daftar item atau layanan dan tanggal jatuh tempo pada faktur. Software akuntansi adalah industri yang berkembang pesat, data dari salah studi memproyeksikan bahwa pasar perangkat lunak akuntansi global akan mencapai $ 11,8 miliar pada tahun 2026.

Jika Anda adalah pemilik bisnis kecil, Anda mungkin berpikir belum memerlukan aplikasi pembukuan, tetapi pemilik usaha kecil yang mencatat stok dan memasukkan data pelanggan dan karyawan pada aplikasi pembukuan akan menghemat waktu dan memiliki catatan yang lebih akurat, terutama untuk data finansial Anda. Berikut adalah beberapa tips tentang cara memilih aplikasi pembukuan yang tepat untuk bisnis Anda.

Read More
×