skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

Cara Kerja Merchant, dan Produk Apa Saja yang Dijual di Dalam Merchant itu Sendiri.

Pada dasarnya, merchant adalah penjual produk barang atau jasa yang mempunyai jenis bisnis offline ataupun online. Selain itu, biasanya merchant juga bekerjasama dengan pihak lembaga keuangan atau lembaga lainnya untuk bisa memudahkan mereka dalam melakukan transaksi bisnisnya. Sebagai contoh bentuk kerjasama dengan pihak bank adalah dengan menyediakan layanan penerimaan pembayaran produk atau jasa secara cebit, kredit ataupun dengan uang elektronik lainnya. Nah, setelah kita mengetahui pengertian merchant diatas, mari kita bahas lebih lanjut tentang cara kerja merchant, dan produk apa saja yang dijual di dalam merchant itu sendiri.

Cara kerja Merchant Adalah…

Setelah kita mengetahui istilah dari merchant diatas, mari kita mengetahui cara kerja merchant pada bisnis Anda. Pada dasarnya, cara kerja merchant sama seperti toko pada umumnya, operasional merchant adalah menjual berbagai barang dan juga melayani pihak konsumen. Bedanya, sistem merchant mempunyai aturan tersendiri karena mereka bekerjasama dengan lembaga keuangan seperti bank, dan juga lembaga keuangan lainnya. Nah, terdapat beberapa langkah tertentu untuk bisa menerapkan merchant. Beberapa langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah Pertama

Setiap pemilik bisnis atau wirausahawan harus dan wajib terlebih dahulu melakukan pendaftaran pada toko online atau offlinenya ke mitra yang sudah mereka pilih. Umumnya, para pebisnis harus menyerahkan berbagai data dan dokumen lainnya yang dianggap penting. Selanjutnya, data atau dokumen tersebut akan tersimpan secara otomatis di dalam sistem perusahaan sebagai suatu ID ataupun pengenal bahwa pemilik bisnis sudah melakukan kerjasama tertentu. Dalam hal ini, hal yang perlu diperhatikan juga sudah terdaftar sebagai merchant adalah bahwa pebisnis tersebut sudah menyetujui berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku.

  • Langkah Kedua

Saat suatu toko yang Anda miliki telah terdaftar sebagai merchant, maka saat ini Anda mempunyai semacam virtual office yang berguna sebagai sarana media untuk menerima berbagai bentuk transaksi. Adapun bentuk penerimaan transaksi yang diterima adalah diskon virtual ataupun mata uang virtual yang nantinya akan ditransfer oleh pihak pembeli. Dalam hal ini, data dan berbagai identitas dari pembeli akan sangat mudah dan cepat dikenali oleh pihak penjual. termasuk di dalamnya identitas dan juga data pembeli yang mudah dan cepat untuk bisa dikenali oleh pihak penjual. Cara kerja diatas biasanya sering kita sebut sebagai sistem cashless atau non tunai. Sistem ini akan memudahkan setiap pelanggan untuk bisa melakukan berbagai pembelian produk tanpa harus repot membawa-bawa uang tunainya yang banyak. Nantinya, pihak pembeli akan bisa langsung melakukan scan kode mitra Anda agar memudahkan mereka untuk melakukan transaksi.

  • Langkah Ketiga

Setelah Anda berhasil melakukan berbagai proses transaksi, maka pihak pebisnis akan langsung memberikan berbagai produk yang dibeli oleh pembeli tersebut. Produk yang akan dikirimkan ini tentunya sudah mendapatkan persetujuan dari kedua pihak, termasuk jenis produk, jumlah, dan nominal harga di dalamnya.

Keuntungan Bergabung Sebagai Merchant

Terdapat berbagai keuntungan yang akan Anda rasakan jika bergabung menjadi merchant. Beberapa keuntungan menjadi merchant adalah sebagai berikut.

1. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Dewasa ini, sudah banyak sekali merchant yang tersedia di pasar dengan berbagai macam fungsinya masing-masing. Setiap merchant tersebut juga sudah memiliki pelanggannya tersendiri, dan jika Anda menggunakan merchant, maka akan memungkinkan Anda dalam menjangkau merchant tersebut. Terlebih lagi dengan adanya kemudahan yang ditawarkan dalam merchant, nantinya akan lebih banyak pelanggan yang bersedia melakukan transaksi pada toko online ataupun offline Anda.

2. Transaksi Jual-Beli Terpantau Dengan Mudah

Dalam hal ini, terdapat merchant solution yang mampu membantu para pebisnis untuk lebih mudah melakukan berbagai transaksi dengan pelanggan dan mengelola keuangan bisnisnya. Jadi, nantinya setiap bentuk transaksi yang dilakukan akan tercatat secara otomatis dalam suatu sistem, sehingga akan memudahkan pebisnis untuk memantau pemasukan dan pengeluarannya dalam beberapa periode tertentu.

3. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Bisnis atau toko Anda nantinya akan terlihat lebih modern dan juga kekinian, selain itu tingkat kredibilitas bisnis Anda juga akan meningkat. Terlebih lagi, saat ini juga banyak sekali pembeli yang sudah mengadopsi sistem pembayaran secara cashless. Sehingga, jika Anda tidak turut mengadopsi sistem ini, maka akan membuat setiap konsumen untuk malas melakukan transaksi pada toko atau bisnis Anda.

4. Lebih Praktis dalam Melakukan Analisa Hasil Penjualan

Pada poin sebelumnya kita telah mengetahui bersama bahwa merchant solution mampu membantu Anda dalam melakukan berbagai perekapan setiap jenis transaksi secara lebih mudah, rapi dan juga praktis. Nah, dengan adanya dana tersebut, maka melakukan setiap analisa penjualan juga tentunya akan lebih mudah. Nantinya, data tersebut bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk memutuskan suatu kebijakan terkait program ataupun strategi pemasaran Anda. Nah, dengan adanya data tersebut, tentu saja melakukan analisa penjualan akan jauh lebih mudah.

5. Mendapatkan Eksposur dan Program Promo

Biasanya, setiap merchant mempunyai berbagai promonya masing-masing, terkadang dari mereka juga bahkan tidak segan untuk memberikan eksposur terkait bisnis Anda kepada konsumen mereka. Namun untuk mendapatkan keuntungan ini, biasanya Anda harus menjadi merchant pada tingkatan atau kelas tertentu dan harus melakukan kolaborasi yang bisa menguntungkan antar kedua belah pihak.

Produk yang Dijual Merchant

Berikut ini adalah berbagai jenis produk yang dijual oleh merchant.

  • Produk Informasi

Produk informasi yang dijual oleh merchant bisa berupa suatu software, e-book, video, mp3, dll. Dalam dunia digital seperti saat ini, ada banyak sekali yang mengkategorikan kegiatan mereka dalam membuat suatu produk informasi tertentu., dan umumnya mereka juga akan tergabung dengan afiliasi jaringan khusus pada produk informasi.

  • Produk Fisik

Dalam hal ini, produk fisik yang dijual oleh merchant bisa berbentuk buku, berbagai keperluan rumah tangga, berbagai jenis kendaraan, dll. Jika Anda memang tertarik untuk bergabung menjadi seorang affiliate pada produk fisik, maka Anda bisa bergabung dengan jaringan afiliasi seperti amazon, ebay, dll. Berdasarkan seluruh produk yang ada, tentunya akan ada kelebihan dan juga kekurangannya tersendiri dalam hal pemasarannya. Ada produk yang memang tidak harus dilihat secara langsung oleh konsumen terlebih dahulu. Jadi, biasanya setiap konsumen sudah memiliki pengetahuan tentang produk yang akan dibelinya. Selain itu, ada juga produk yang mengharuskan Anda untuk menyentuhnya terlebih dahulu. Hal ini diperlukan ketika Anda menjual produk yang memiliki bentuk fisik.

Bagaimana Menemukan Merchant di Internet?

Nah, jika sebelumnya kita sudah mengetahui pengertian merchant dan berbagai produk yang dijual di dalamnya, maka saat ini kita akan membahas tentang cara menemukan afiliasi merchant.

1. Bergabung Dengan Jaringan Afiliasi

Jaringan afiliasi adalah jaringan penghubung antara pihak afiliasi dan pihak program afiliasi merchant. Jaringan ini mampu memudahkan setiap pemilik website untuk bisa menemukan program afiliasi yang sesuai dengan websitenya masing-masing. Pada intinya, berbagai merchant yang tergabung ke dalam jaringan afiliasi ini tidak akan mengurusi berbagai masalah pendaftaran, laporan penjualan, pelacakan, ataupun proses pembayaran. Seluruh hal tersebut sudah disediakan oleh pihak penyedia jaringan afiliasi. Jadi, pihak merchant hanya harus menyediakan produknya saja, sedangkan urusan lainnya sudah diurus oleh penyedia jaringan.

2. Dengan Bantuan Search Engine

Ada banyak sekali afiliasi merchant yang tidak bergabung dengan jaringan afiliasi. Hal tersebut bisa saja dikarenakan adanya biaya yang mahal pada saat pendaftaran pada jaringan afiliasi, atau bisa saja mereka ingin mengontrol penjualan mereka sendiri atau bisa juga ingin memiliki aplikasi afiliasi sendiri. Untuk bisa menemukan jenis merchant yang seperti ini, anda bisa menemukannya dengan bantuan search engine. Sebagai contoh, jika Anda memiliki situs dengan topik sepatu bola, maka Anda harus mencari merchant yang menjual produk seputar sepatu bola. Caranya mencarinya di search engine adalah dengan cara +sport shoes + affiliate, +shoes + affiliate, +sport + affiliate, +sport equipment + affiliate, adanya tanda “+” akan memastikan search engine untuk menampilkan berbagai daftar pencarian dengan seluruh kata diatas.

3. Dengan bantuan website directori

Saat ini, ada banyak sekali direktori di internet. Namun, hanya ada beberapa saja yang bisa dijadikan pertimbangan, yaitu DMOZ dan Yahoo Directory.

4. Affiliate Directory

Affiliate direktori adalah tempat yang tepat untuk bisa menemukan merchant. Terdapat banyak sekali affiliate directory yang mampu memberikan penilaian atas suatu merchant yang sudah terdaftar, sehingga akan memudahkan Anda dalam menemukan merchant yang tepat. Contoh affiliate directory yang bisa Anda gunakan adalah Associate Program dan Affiliate Match.

5. Lihat dan Perhatikan situs Pesaing

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan website affiliasi milik pesaing Anda. Beberapa dari mereka mungkin sudah menghasilkan banyak keuntungan dari program afiliasinya. Untuk itu, cobalah untuk melihat produk afiliasi yang mereka tawarkan.

Penutup

Berdasarkan penjelasan diatas, maka bisa kita simpulkan bahwa merchant adalah penjual produk barang atau jasa yang mempunyai jenis bisnis offline ataupun online. Selain itu, biasanya merchant juga bekerjasama dengan pihak lembaga keuangan atau lembaga lainnya untuk bisa memudahkan mereka dalam melakukan transaksi bisnisnya. Tujuan utama dari melakukan merchant adalah agar bisnis yang dijalankan mampu menghasilkan laba yang besar, sehingga bisa memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Namun, untuk memastikan perusahaan bisa menghasilkan laba yang besar, diperlukan laporan laba rugi yang efektif dan akurat. Untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan laba rugi tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang mampu membantu Anda dalam mengelola keuangan secara lebih mudah dan praktis. Accurate online juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga akan memudahkan Anda dalam membuat berbagai laporan keuangan perusahaan, bahkan oleh Anda yang tidak memiliki background akuntansi sekalipun. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×