skip to Main Content
Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Kontraktor Dengan Accurate 5

Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Kontraktor dengan Accurate 5

Apakah Anda pernah mengalami kerugian finansial dalam proyek jasa konstruksi? Jika pernah, cegah hal itu terjadi lagi dengan cara membuat laporan keuangan perusahaan kontraktor secara rapi dan benar.

Dalam laporan keuangan, ada tiga unsur yang harus dimasukkan. Dari mulai catatan laba rugi, neraca (balance sheet), serta arus kas (cash flow statement). Jika menggunakan cara manual, Anda butuh waktu lama untuk mencatat seluruh transaksi perusahaan.

Solusinya, manfaatkan aplikasi Accurate 5 untuk mempercepat pembuatan laporan keuangan. Accurate 5 mudah dijalankan, mempunyai antarmuka yang user-friendly, serta memiliki fitur lengkap.

Apa Saja Fitur Pendukung Laporan Keuangan dalam Accurate 5?

cara membuat laporan keuangan perusahaan kontraktor
abcpalem.com

Accurate 5 menyediakan lebih dari 200 fitur laporan keuangan yang mendukung berbagai jenis perusahaan. Khusus untuk perusahaan kontraktor, Accurate 5 menawarkan pencatatan cost and profit center. Pembuatan catatan bisa dilakukan untuk setiap satu proyek.

Selain itu, Accurate 5 memiliki fitur analisis net profit/lost. Dengan begitu, perusahaan kontraktor bisa memprediksi keuntungan yang akan diperoleh dari tiap proyeknya. Ada juga fitur Upah Pekerja, Budget Material, RAB per Project, dan Termin Penagihan.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Kontraktor?

cara membuat laporan keuangan perusahaan kontraktor
pixabay.com

Menyusun laporan finansial perusahaan kontraktor berbeda dengan perusahaan lain. Supaya lebih jelas, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Menetapkan Standard Cost. Pastikan Anda sudah menetapkan standard cost atau harga jual atas barang dan jasa Anda. Hal ini akan memudahkan Anda ketika menetapkan Formula per Jenis Pekerjaan.
  • Menyusun Work Price Analysis. Tahap selanjutnya adalah membuat Work Prices Analysis (WPA) atau Formula Pekerjaan. Pengusaha Kontraktor yang lihai pasti sudah punya hitung-hitungan kasar untuk setiap jenis pekerjaan sebab dengan ini Anda akan mudah memberikan penawaran kepada client Anda untuk sebuah proyek.
  • Menyusun RAB. Rencana Anggaran Biaya atau RAB berisikan seluruh jenis pekerjaan yang akan dikerjakan berikut dengan harga budget dan rencana penagihan kepada Client.
  • Mencatat Material Release. Agar semua pengeluaran bahan baku sesuai dengan yang ditetapkan, lakukan pengeluaran bahan baku melalui formulir Material Release sehingga semua tercatat dengan anggaran yang ada.
  • Project Billing. Lakukan penagihan sesuai jadwal penagihan sesuai progress pekerjaan agar cash flow perusahaan tetap terjaga.

Tahapan-tahapan diatas diperlukan jika Anda menginginkan Laporan Keuangan Kontraktor yang komprehensif.

Jenis Accurate 5 Manakah yang Tepat untuk Menyusun Laporan Finansial Kontraktor?

cara membuat laporan keuangan perusahaan kontraktor
pixabay.com

Saat ini, Accurate 5 menawarkan tiga varian, yaitu Standard, Deluxe, dan Enterprise. Khusus untuk kontraktor, sebaiknya menggunakan Accurate Deluxe. Aplikasi ini dilengkapi laporan kemajuan proyek, anggaran biaya, pemakaian bahan, dan harga pekerjaan.

Untuk memudahkan pembuatan laporan, Accurate Deluxe menyediakan fitur transaksi berulang dengan pengingat.

Mengetahui cara membuat laporan keuangan perusahaan kontraktor penting bagi Anda yang sedang menjalankan proyek konstruksi. Untuk info lebih lengkap mengenai software pendukung finansial kontraktor, silakan mengakses situs https://abcpalem.com/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top