skip to Main Content
Promo Accurate Online, diskon hingga Rp 600.000,-

Cara Mengatur Arus Kas pada Bisnis Kecil

Hal yang paling sulit untuk diurus saat sedang menjalankan bisnis kecil terutama baru memulainya adalah menjaga pendapatan dengan seksama. Bagaimana caranya? Jawabannya adalah mengatur arus kas dengan rutin memeriksa pengeluaran dan pemasukan di rekening atau giro bank. Sebaiknya ditentukan juga cara pembayarannya agar lebih mudah untuk memeriksa pendapatan yang masuk ke kas. Jika banyak menerima secara tunai sebaiknya nota pembayaran tidak hilang agar mudah untuk dicatat dalam laporan keuangan.

Di sisi lain harus juga memerhatikan biaya atau beban yang menjadi pengeluaran. Biaya sebagai pengeluaran rutin pribadi dan kegiatan operasional seperti biaya telepon atau transportasi selalu ada walaupun kondisi bisnis sedang menurun karena pendapatan berkurang. Dalam dunia akuntansi, pengeluaran dan pendapatan disebut arus kas (cash flow) yang membutuhkan disiplin dan strategi jitu. Simak beberapa cara berikut ini untuk mengatur arus kas perusahaan atau bisnis kecil.

Selalu Melacak Pendapatan dan Pengeluaran

Mengatur arus kas (cash flow) berawal dari pencatatan akuntansi secara akurat dan terperinci, tidak hanya mendekati waktu pembayaran pajak, tetapi juga harus dilakukan setiap bulan. Ketika memiliki pandangan yang tepat tentang pendapatan dan pengeluaran maka bisa dipastikan akan lebih mudah untuk mengatur keseimbangan debit dan kredit. Usahakan selalu memerhatikan pola arus kas sehingga paham dan hafal tentang hal-hal yang memengaruhi arus kas. Arus kas masuk sangat krusial sehingga harus memerhatikan tren gaya hidup masyarakat agar bisa melakukan inovasi produk atau jasa.

Jika pemasukan sedang tinggi tentu pemilik bisnis akan merasa senang sehingga mungkin lupa dan terlena untuk memakai uang sembarangan. Lalu hal yang terjadi adalah pemborosan yang akan berpengaruh buruk kepada keuangan bisnis/perusahaan. Bijaklah untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran agar bisnis atau perusahaan tetap bisa bertahan.

Selalu Menyusun Laporan Laba Rugi

Jika ingin mengetahui tentang arus kas dan kondisi keuangan dari bisnis tentu harus menganalisis laporan laba rugi bulanan secara rutin. Jika sudah melakukan hal tersebut tentu akan lebih mudah untuk meminimalisasi pengeluaran dan mengidentifikasi waktu yang paling lambat dalam memperoleh pendapatan sehingga bisa meningkatkan penjualan dengan berbagai strategi. Laporan laba dan rugi bisa memperlihatkan pengeluaran dan pendapatan per bulan, per tiga bulan, atau per tahun. Jika sudah diketahui pengeluaran terbesar tentang apa atau di sisi mana tentu akan mudah untuk mengurangi pengeluaran.

Pahami Secara Mendalam tentang Pendapatan dan Pengeluaran

Setelah paham cara untuk meningkatkan penjualan atau pendapatan dari hal lain maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menerapkan strategi agar arus kas berjalan dengan lancar. Namun, jangan pernah lupa untuk mengontrol pengeluaran agar tidak menghabiskan pendapatan dalam jumlah besar. Perhatikan dengan benar tentang arus kas agar tidak terjadi pemborosan atau penurunan pendapatan yang tidak disadari.

Cara-cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pendapatan antara lain menyusun target klien yang lebih tinggi, berusaha keras dengan melakukan berbagai promosi atau menciptakan inovasi baru agar penjualan meningkat, mendekati klien-klien potensial yang telah ada dan mencari klien baru, serta membangun brand dan image dengan benar. Sedangkan cara untuk mengurangi pengeluaran antara lain memangkas biaya telepon, transportasi, dan lainnya; menghindari pinjaman atau utang jika tidak mendesak, belilah peralatan secara benar agar barangnya tetap awet, negosiasi ulang tentang pinjaman jika sulit untuk membayar angsuran, fokus pada target bisnis, dan hindari pengeluaran yang tidak diperlukan.

Itulah cara untuk memuluskan arus kas pada bisnis kecil yang cukup mudah untuk dilakukan. Pentingnya arus kas harus selalu diingat agar tidak terjadi pemborosan dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Jangan pernah lupa untuk menerapkan prinsip-prinsip akuntansi. Anda juga dapat menggunakan aplikasi akuntansi seperti Accurate Online untuk memudahkan Anda mengelola arus kas bisnis. Dengan Accurate Online, Anda bisa memantau perputaran arus kas, laporan laba rugi, dan laporan keuangan lainnya dengan mudah dan cepat.

Tunggu apalagi? Nikmati demo gratis selama 30 hari menggunakan Accurate Online.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×