skip to Main Content
ACCURATE Authorized Partner.
Cara Menggunakan Accurate Dan Jadi Ahli Dalam 90 Menit

Cara Menggunakan Accurate dan Jadi Ahli dalam 90 Menit

Ratusan perusahaan telah memercayakan pencatatan keuangannya dengan Accurate. Ratusan sekolah juga menggunakan Accurate Online sebagai media belajar para siswa. Sayangnya masih sedikit pengguna yang benar-benar tahu cara pakai Accurate dengan maksimal. Banyak fitur yang belum terjamah dan terkesan tidak berguna.

Padahal Accurate juga melayani pelatihan buat para pengguna baru. Tim akan ditunjuk untuk memperkenalkan, memandu, dan mengajarkan sistem operasi Accurate secara lebih mendalam. Apabila tak punya banyak waktu, Anda bisa membaca sendiri tutorial lengkap tentang cara pakai Accurate di website.

Kalaupun cara-cara itu masih terlalu merepotkan, cukup simak saja artikel ini sampai habis.  Anda akan dipandu untuk bisa menguasai Accurate Online dan jadi ahli hanya dalam waktu 90 menit.

Mendaftarkan Akun Baru

Cara Pakai Accurate

ABC Palem

 

Cara pakai Accurate yang pertama adalah dengan mendaftarkan akun baru. Untuk itu Anda wajib memiliki email dan memastikan telah berada di depan PC atau laptop yang terkoneksi internet.

  • Gunakan browser favorit Anda untuk membuka link berikut: https://accurate.id/?a=LWDRKL4G/.
  • Lalu temukan tombol bertuliskan “Daftar Akun Baru”, klik dan akan muncul formulir pendaftaran. Isilah setiap kolom pada panel tersebut.
  • Pada bagian bawah terdapat kotak persetujuan mengenai kebijakan perturan yang berlaku. Sebaiknya bacalah isinya. Jika sepakat, centang dan lanjutkan “Daftar Akun Baru”.
  • Pendaftaran sukses apabila muncul layar konfirmasi. Jika gagal, perbaiki kesalahan dan kembalilah ke tahap kedua.
  • Lakukan verifikasi pendaftaran melalui email. Carilah pesan baru dengan subjek “Verifikasi pendaftaran akun accurate.id”, ikuti petunjuknya.
  • Verifikasi berhasil, kini Anda telah memiliki akun Accurate yang siap digunakan. Log masuk memakai alamat surel dan kata sandi yang telah Anda buat.

Selain melalui prosedur di atas, Anda pun bisa melakukan registrasi dengan menghubungkan akun Facebook atau Google . Buka tautan https://accurate.id/?a=LWDRKL4G/ untuk mengaksesnya. Pilih salah satu akun yang ingin dihubungkan dengan Accurate milik Anda.

 

Membuat Database

Cara Pakai Accurate

Kerucut9

 

Cara pakai Accurate berikutnya adalah membuat database, yaitu gudang penyimpanan semua informasi.

  • Untuk membuat database, pertama-tama masuklah ke akun baru Anda. Lalu akan muncul panel bertitel “Database”.  Klik tanda “+” untuk membuat database
  • Selanjutnya akan muncul panel baru berisi kolom-kolom. Isilah semua kolom yang ada, tambahkan juga logo perusahaan agar database lebih Pastikan semua kolom sudah terisi dengan baik sebelum mengeklik “Simpan”.
  • Berikutnya adalah otorisasi p Masukkan kata sandi dari akun baru Anda tadi. Pastikan memasukkan kata sandi yang benar.

Database baru berhasil dibuat, tetapi masih memerlukan beberapa penyesuaian. Untuk melakukannya, silakan lanjutkan ke poin berikutnya.

 

Setup Awal Database

 

Accurate menyajikan sistem pengaturan lebih mudah pada Setup Awal Database ini. Menggunakan wizard, yaitu aplikasi interaktif berbentuk dialog. Wizard akan menuntun Anda memilih opsi pengaturan secara bertahap.

  1. Wizard Info Perusahaan

Bagian ini menampilkan sejumlah kolom, di antaranya Nama Perusahaan, Telepon, Faksimili, Email, Tanggal Mulai Data, Periode Akuntansi, Mata Uang, dan Alamat. Masukkan informasi sesuai kolom yang ada.

  • Tanggal Mulai Data adalah tanggal pertama transaksi dengan Accurate. Disarankan menentukan tanggal akhir bulan, agar pengguna dapat membandingkan perbedaan yang terjadi sebelum beralih ke Accurate.
  • Periode Akuntansi bisa disesuaikan menurut preferensi Anda sendiri. Setelah selesai, klik “Lanjut” menuju wizard
  1. Wizard Fitur Dasar

Wizard ini menampilkan beberapa pertanyaan seputar fitur dasar database Accurate. Centang kotak di bagian paling kanan setelah pertanyaan jika Anda menjawab “Ya”, tinggalkan jika tidak.

  1. Wizard Penjualan & Wizard Pembelian

Sama seperti sebelumnya, pada wizard penjualan dan pembelian terdapat pertanyaan seputar penjualan dan pembelian..

  1. Wizard Persediaan

Wizard Persediaan menampilkan beberapa pertanyaan tentang persediaan barang dan jasa. Terdapat juga dua pilihan metode perhitungan biaya, yakni Average (Rata-rata) dan FIFO (First In First Out). Pilihlah sesuai metode yang biasa dipakai.

  1. Wizard Lainnya

Anda diminta menentukan opsi terkait pencatatan biaya dan beban operasional tiap departemen dalam perusahaan. Jawablah sesuai kebijakan perusahaan Anda.

  1. Wizard Akun Perkiraan

Akun perkiraan merupakan akun untuk menampung semua catatan keuangan. Accurate akan membuat pengaturan default, jika Anda mencentang kotak “Ya”.

Setelah semua pertanyaan terjawab, klik “Selesai”. Ucapan selamat datang di Accurate Online akan menyambut Anda. Untuk mencegahnya tampil kembali, centang kotak di pojok kiri bawah.

Accurate akan menentukan pengaturan database berdasarkan jawaban-jawaban Anda tadi. Berikutnya, Anda akan dipandu untuk mengimpor data-data yang dibutuhkan.

 

Impor Master Data

Cara Pakai Accurate

Solusi UKM

 

Pada panduan cara pakai Accurate ini Anda akan diarahkan untuk membuat data Excel, kemudian mengimpornya ke dalam database Accurate. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Impor Data Akun

Anda mencentang semua kotak “Ya” pada Wizard Akun Perkiraan. Accurate secara otomatis membuat data akun default. Jika sebaliknya, berarti Anda harus mengimpornya sendiri.

  • Klik tombol Impor Akun di sebelah kanan. Tab Impor Akun muncul, berisi penjelasan mendetail tentang format data yang dibutuhkan.
  • Accurate menyediakan file Excel yang bisa Anda Silakan buat file data akun lewat Excel, lalu simpan dengan nama berbeda untuk menghindari masalah. Pastikan file Excel memenuhi kriteria sesuai contoh. Untuk melihat akun perkiraan yang sudah ada, kunjungi menu Buku Besar–Akun Perkiraan.
  • Klik ikon folder pada kolom “Pilih lokasi file impor” untuk mulai mengunggah. Temukan data Excel Anda, lalu klik “Open” dan “Unggah”.
  • Lakukan Pemetaan Kolom Data dengan menyesuaikan data unggahan sesuai dengan penggunaan kolom di Accurate. Sesuaikan setiap field Accurate dengan nama kolom pada data Excel, lalu “Lanjutkan”.
  • Terakhir, Konfirmasi Impor Data dan periksa daftar pratampil data Anda. Silakan mutakhirkan data akun Accurate bila perlu menggunakan data Excel yang baru. Setelah semua beres, “Lanjutkan” lagi.

Layar akan menampilkan kemajuan proses impor data dengan jelas. Jika terjadi kegagalan, Anda dapat mengeklik ikon Excel untuk melihat letak kesalahan data. Apabila tidak ada masalah, klik tombol “Tutup”.

  1. Proses Impor Lainnya

Setelah Impor Data Akun, masih ada 3 proses lagi yang perlu dijalani. Di antaranya Impor Data Pemasok, Impor Data Pelanggan, dan Impor Data Barang & Jasa.

Prosesnya sama seperti Impor Data Akun. Anda akan mendapatkan penjelasan rinci, kemudian diminta memasukkan data Excel  sesuai contoh, dan mengunggahnya hingga dinyatakan berhasil.

Anda juga dapat mengakses Impor data melalui tombol menu. Temukan menu Buku Besar-Akun Perkiraan untuk Impor Data Akun, Pembelian–Pemasok untuk Impor Data Pemasok, Penjualan–Pelanggan untuk Impor Data Pelanggan, dan Persediaan–Barang & Jasa untuk Impor Data Barang & Jasa. Setelah proses impor selesai semuanya, lanjutkan ke pengaturan terakhir.

 

Setting Preferensi :

Cara Pakai Accurate

Solusi UKM

 

Tahap ini lebih ringkas jika sebelumnya Anda memahami semua pengaturan yang tersaji pada wizard-wizard Setup Awal. Accurate secara otomatis mengaktifkan preferensi berdasarkan jawaban pada wizard tersebut.

Setting Preferensi  menampilkan pengaturan dasar plus beberapa penyesuaian tambahan yang belum ada di Setup Awal. Berikut beberapa pengaturan tambahan untuk setiap preferensi.

  1. Preferensi Fitur

Preferensi Fitur berhubungan dengan Wizard Fitur Dasar, Pembelian, Penjualan, Persediaan, dan Fitur Lainnya. Pengaturan tambahan di sini hanya ada 2, yaitu “Faktur Dimuka” dan “Tagihan Dimuka”.

  • Faktur Dimuka (Mendahului Pengiriman)

Berfungsi untuk membuat faktur penjualan barang. Konfirmasi pengiriman barang baru bisa dilakukan setelah faktur penjualan terbayar lunas.

  • Tagihan Dimuka (Mendahului Terima Barang)

Tagihan Dimuka digunakan untuk membuat faktur pembelian. Konfirmasi penerimaan barang hanya dapat terjadi setelah faktur dibuat dan selesai dibayar.

  1. Preferensi Pajak

Cara Pakai Accurate

ABC Palem

Kali ini Anda perlu mengisi kolom Info Pajak Perusahaan selengkap mungkin. Accurate juga akan meminta Anda memilih, apakah perusahaan menggunakan pajak PPN/PPNBM atau tidak.

  1. Preferensi Penjualan

Terdapat satu pengaturan tambahan di sini, bertuliskan “Perbarui Biaya Barang Saat Simpan Ulang Retur Penjualan”. Centang kotak tersebut apabila menginginkan nilai retur penjualan adalah 0 (nol), ketika terjadi retur saat stok kosong atau belum ada transaksi.

  1. Preferensi Pembelian

Pengaturan lebih lanjut di Preferensi Pembelian adalah menentukan akun yang digunakan untuk memuat beberapa jenis transaksi. di antaranya:

  • Akun Pembulatan
    Akun Pembulatan memuat nilai pembulatan pajak (pajak inklusif) dan pembulatan harga barang setelah diskon atau alokasi nilai biaya pembelian. Pada poin ini Accurate mengaktifkan akun Biaya Diskon Usaha Lainnya.
  • Akun Selisih Pada Transaksi Pembelian Di Mana Biaya Dibebankan Ke Pemasok Lain
    Akun yang digunakan adalah Beban Selisih Pembelian Barang. Akun ini menampung selisih biaya pada faktur barang dengan faktur tagihan.
  • Tanggal Jurnal

Tanggal Jurnal adalah perbedaan tanggal antara faktur tagihan dengan faktur barang pada jurnal.

  • Opsi Biaya Penerimaan Barang
    Pada kolom ini terdapat opsi untuk memperbarui nilai barang. Pilih opsi pertama untuk menentukan perbaruan nilai barang pada faktur penerimaan menurut data tagihan terbaru. Jika menginginkan sebaliknya, pilih opsi kedua.

Untuk opsi ketiga, Anda bisa memilih pembaruan nilai barang yang hanya bisa terjadi, jika faktur penerimaan dan tagihan terbaru terbit dalam periode bersamaan.

  • Akun Selisih Barang Tertagih

Akun ini berfungsi untuk menampung perbedaan angka penerimaan barang dengan faktur pembelian.  Akun default-nya adalah Beban Selisih Pembelian Barang.

  1. Preferensi Pembatasan

Preferensi Pembatasan lanjutan terbagi menjadi 3 poin, yaitu:

  • Tanggal Transaksi
    Terdapat 3 pilihan pembatasan tanggal transaksi, antara lain ‘Tidak dibatasi”, “Berdasarkan rentang waktu”, atau “Berdasarkan tanggal tertentu”. Pilihlah salah satu dari ketiga opsi ini. Anda pun bisa memberi peringatan atau mencegah pencatatan transaksi, memakai opsi “Peringati jika” dan “Cegah jika”.
  • Formulir Retur
    Centang kedua kotak pada poin ini, jika menghendaki penerbitan retur penjualan atau pembelian dari faktur yang sudah lunas.
  • Default Nomor Seri/Produksi Barang
    Preferensi pertama adalah pilihan untuk selalu menggunakan fitur nomor seri selama barang keluar masuk. Sedangkan yang kedua adalah pilihan untuk tetap mengaktifkan fitur nomor seri meskipun tidak ada stok sama sekali.
  1. Preferensi Persetujuan

Setiap aktivitas hanya dapat dilakukan melalui persetujuan. Untuk mengaturnya, centang poin-poin sesuai kebutuhan  pada Preferensi Persetujuan.

  1. Preferensi Akun Perkiraan

Accurate telah membuat Akun Perkiraan setelah Anda mencentang semua kotak jawaban pada Wizard Akun Perkiraan. Akun-akun tersebut perlu diatur terlebih dulu agar setiap perubahan bisa tercatat di jurnal. Untuk itu, aturlah poin-poin di bawah ini.

  • Barang
    Aturlah masing-masing akun sesuai field-nya. Setiap akun sudah diberi nama sesuai fungsinya, sehingga akan memudahkan pengisian.
  • Neraca
    Hanya terdapat 2 field, yaitu Ekuitas Saldo Awal dan Laba Ditahan. Pastikan Anda menentukan akun yang benar untuk setiap field pada poin ini.
  • Laba Rugi
    Poin Pajak Penghasilan harus diisi dengan akun beban pajak penghasilan.
  • Penyesuaian Persediaan
    Isilah kolom Akun Penyesuaian pada poin ini dengan akun penampung transaksi perubahan persediaan barang.
  • Pekerjaan Pesanan
    Untuk mengisi kolom “Akun Biaya”, disarankan menggunakan tipe akun persediaan bertitel “Barang dalam proses”. Sementara akun “Beban pokok biaya” atau “Beban” bisa ditentukan sebagai penampung “Selisih Biaya”.
  • Penerimaan/Pembayaran
    Poin “Akun diskon” bisa diisi dengan akun yang memuat nilai diskon.
  • Pajak Penghasilan Karyawan
    Tetapkan akun khusus untuk memuat nilai-nilai pajak penghasilan (PPh21) karyawan, kemudian masukkan pada field yang tersedia.
  1. Preferensi Lain-Lain

Cara Pakai Accurate

ABC Palem

 

Hal-hal yang membutuhkan pengaturan lebih lanjut pada preferensi ini adalah Umur Hutang/Piutang, Umur Persediaan, dan Komisi Penjual.

  • Umur Hutang/Piutang
    Rentang umur hutang/piutang diisi dengan periode laporan hutang/piutang. Kolom kedua, yakni “Umur dihitung dari”, merupakan perhitungan umur berdasarkan tanggal faktur atau tanggal jatuh tempo.
  • Umur Persediaan
    Sesuaikan angka pada poin ini dengan rentang umur pada laporan persediaan.
  • Komisi Penjual
    Ada dua pilihan untuk menentukan perhitungan komisi penjual. Pilihlah satu dari dua opsi, berdasarkan semua faktur atau khusus faktur yang sudah lunas saja.

Setelah semua penyesuaian dilakukan dengan baik, klik ‘Simpan’ untuk melanjutkan.

Terakhir : Pengenalan Menu Navigasi :

Anda telah sampai pada tahap akhir tutorial ini. Kenali semua fitur-fitur Accurate Online melalui panel Navigasi yang mudah ditemukan di layar database.

  1. Navigasi Akses Menu

Untuk membuka Navigasi Akses Menu, arahkan pointer mouse ke sebelah kiri dan akan muncul beberapa ikon. Klik satu per satu untuk melihat fitur-fitur yang tersedia.

  1. Navigasi Fitur

Navigasi fitur adalah berbagai sub-menu dari menu-menu utama dalam Navigasi Menu.

  1. Navigasi Bantuan

Cara Pakai Accurate

Solusi UKM

Navigasi Bantuan dapat ditemukan setiap kali mengakses fitur. Berada di sebelah pojok kanan atas, dengan ikon bergambar bohlam. Ketika mengeklik ikon tersebut, Anda akan diarahkan menuju Manual Book Accurate Online. Temukan jawaban dari permasalahan Anda di sana.

  1. Navigasi Daftar Data

Navigasi Daftar Data berada di tab fitur transaksi. Lokasinya di pojok kiri atas, tepat di sebelah nama tab. Navigasi ini akan menampilkan setiap transaksi yang telah dibuat.

  1. Navigasi Pindah Tab

Anda bisa membuka banyak tab di Accurate Online. Jika terlalu banyak, gunakan navigasi pindah tab di pojok kanan atas, tepat di bawah nama database. Terdapat tanda segitiga terbalik dan angka yang menunjukkan jumlah tab yang Anda buka.

  1. Navigasi Shortcut

Accurate juga dapat menerima perintah melalui pintasan tombol keyboard. Tekan Ctrl + Enter untuk memilih nama pelanggan, pemasok, atau barang dan jasa. Untuk mengamankan setiap aktivitas, simpanlah setiap saat dengan pintasan Ctrl + S.

Bisnis Anda Go Live

Cara Pakai Accurate

Entrepreneur Camp

90 Menit yang lalu, bisa saja Anda masih buta Accurate Online. Tapi setelah menyimak panduan di atas, sepertinya wawasan Anda telah jauh bertambah. Cara pakai Accurate begitu mudah, bukan?

Kalau selama ini Anda membuat laporan keuangan perusahaan secara manual, sebaiknya tinggalkan kebiasaan itu. Gunakan saja Accurate Online. Cukup dengan beberapa klik, seluruh transaksi tercatat dengan runut. Pertama-tama, klik tautan berikut https://abcpalem.com/ untuk mendapatkan program akuntansi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top