skip to Main Content
Hindari Risiko Kesalahan Transaksi Dengan Fitur Approval Accurate

Hindari Risiko Kesalahan Transaksi dengan Fitur Approval Accurate

Dalam sebuah usaha, transaksi bisnis merupakan hal paling krusial yang perlu diperhatikan. Ya, karena pada dasarnya transaksi bisnis merupakan sesuatu yang bernilai ekonomis serta berpengaruh terhadap kondisi keuangan perusahaan. Untuk menghindari risiko kesalahan dalam penerapannya, Anda bisa memanfaatkan software akuntansi seperti Accurate yang sekaligus mampu memaksimalkan proses bisnis Anda.

Pengaruh Transaksi Bisnis dalam Akuntansi

Accurate

Sebelum membahas mengenai manfaat Accurate, terlebih dahulu ketahui bagaimana pengaruh sebuah transaksi bisnis dalam kegiatan akuntansi. Dalam praktiknya, sebuah transaksi bisnis bisa menjadi beberapa bagian. Misalnya, transaksi bisnis eksternal seperti pembelian bahan produk. Selain itu, ada juga transaksi bisnis internal seperti pembayaran gaji karyawan. Contoh transaksi bisnis lainnya adalah penjualan barang dan pendapatan yang diperoleh.

Dalam kegiatan akuntansi, sebuah transaksi bisnis dapat memengaruhi 3 hal utama, yaitu aset, kewajiban/utang, serta modal perusahaan. Apabila terjadi perubahan pencatatan akuntansi, maka laporan keuangan yang dihasilkan pun turut berubah. Sekarang bayangkan bila usaha yang Anda kelola mengalami kesalahan prosedur ketika melakukan aktivitas ekonomis tersebut. Tentu bisa meningkatkan potensi kerugian.

Inilah alasan mengapa seorang pengusaha atau akuntan harus teliti ketika melakukan sebuah transaksi bisnis.

Apa Itu Fitur Approval pada Accurate?

Accurate

Untuk mengelola aktivitas bisnis secara cermat, ada baiknya Anda mulai menggunakan software akuntansi online seperti Accurate. Accurate Online menghadirkan fitur persetujuan atau approval, yang berfungsi menjalankan sejumlah transaksi yang diajukan oleh pengguna kepada pihak perusahaan yang diberi otoritas untuk menolak atau menyetujui transaksi tersebut.

Beberapa modul di Accurate Online yang memiliki batasan otorisasi adalah modul penjualan, pembelian, persediaan, buku besar, serta modul kas dan bank. Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur approval ini? Sebagai contoh, bagian produksi mengajukan permintaan pembelian bahan produk ke bagian pembelian, maka proses yang dilakukan ialah:

  1. Cari fitur Tambah Pengguna > tambahkan pengguna baru dengan jenis akses adalah Pengguna.
  2. Tentukan pihak lain yang berhak menyetujui permintaan transaksi
  3. Buat detail transaksi > klik tombol permintaan persetujuan
  4. Setelah itu, pihak yang memiliki otorisasi akan mendapatkan notifikasi dan e-mail
  5. Pihak tersebut bisa menolak atau menyetujui transaksi
  6. Apabila transaksi ditolak atau disetujui, pengguna yang mengajukan transaksi akan mendapatkan notifikasi atau e-mail

Keuntungan Menggunakan Fitur Approval

Accurate

Kabar gembira untuk Anda pengguna Accurate Online. Melalui fitur approval, maka proses transaksi bisnis pun bisa dijalankan lebih akurat. Hal ini dikarenakan sebelum menyetujui atau menolak transaksi, pihak yang diberi otoritas harus memvalidasi semua transaksi yang diajukan. Proses validasi inilah yang bisa menjadi penangkal praktik penipuan atau penggelapan dalam bisnis Anda. Hadirnya fitur approval turut membuat proses transaksi bisnis lebih efisien. Dengan begitu, produktivitas kerja pun meningkat, dan bisnis berjalan lancar.

Itulah manfaat menggunakan fitur approval pada Accurate Online untuk proses transaksi bisnis Anda. Informasi lebih lanjut mengenai produk software akuntansi terbaik ini, silakan lihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top