skip to Main Content
Promo Cermat Accurate Online, diskon hingga Rp 2.000.000,- Kode Promo: CERMAT
Fitur Pencatatan Aset Di Accurate Online

Fitur Pencatatan Aset di Accurate Online

Fitur Pencatatan Aset berfungsi untuk mencatat nilai aset tetap yang dimiliki oleh perusahaan dan sekaligus melakukan perhitungan atas penyusutannya, sesuai dengan metode penyusutan dan masa manfaat. Proses perhitungan dan pencatatan penyusutan aset tetap akan dihitung otomatis oleh Accurate Online melalui fitur Proses Akhir Bulan.

Pengaktifan Fitur

Tidak seperti pada Accurate versi desktop, yang otomatis mengaktifkan atas fitur pencatatan Aset Tetap, pada Accurate online pengguna bisa memilih untuk menggunakan ataupun tidak menggunakan fitur ini. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Pencatatan Aset Tetap:

  1. Masuk ke menu Pengaturan
  2. Kemudian pilih Preferensi

  1. Masuk ke bagian Fitur kemudian pada Fitur Dasar, centang untuk fitur ‘Pencatatan Aset’

  1. Dengan mengaktifkan fitur ini maka akan tampil modul aset tetap pada Accurate Online Anda. Di dalam modul tersebut terdapat beberapa menu yang berfungsi dan berkaitan dengan pencatatan aset tetap.

Penggunaan dalam Transaksi

Ilustrasi yang digunakan akan mencakup semua fungsi menu pada modul pencatatan aset tetap.

Ilustrasi 1 – Mencatat Pembelian Aset Tetap Baru

Pada tanggal 15 Mei 2017, perusahaan membeli mobil untuk kendaraan operasional senilai Rp 250.000.000 (Dua ratus lima puluh juta rupiah). Mobil ini akan dicatat sebagai Aset Tetap, yang akan disusutkan menggunakan metode Garis Lurus dengan masa manfaat 4 tahun. Dealer mobil mengirimkan mobil tersebut pada tanggal 20 Mei 2017 dan siap untuk digunakan sebagai kendaraan operasional pada tanggal 5 Juni 2017.

Dengan ilustrasi diatas, maka langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mencatat aset tetap baru pada Accurate Online adalah:

  1. Langkah pertama adalah membuat Kategori Aset dari modul Aset Tetap | Kategori aset dan isikan kendaraan pada baris nama, atau isikan dengan nama/informasi yang sesuai dengan kategori aset di perusahaan Anda. Kemudian Simpan.

  1. Selanjutnya melakukan pencatatan aset tetap dengan mengklik ‘aset tetap’ dan isikan pada tab Data Baru.
  2. Isikan nama aset tetap dan masukan informasi tanggal beli dengan tanggal pembelian aset, sedangkan tanggal pakai diisikan dengan tanggal digunakannya aset tetap tersebut. Atau tanggal mulai diperhitungkannya penyusutan atas aset tersebut. Dalam ilustrasi ini tanggal beli diisikan dengan tanggal 5 Mei 2017 dan tanggal pakai adalah tanggal 5 Juni 2017.

This image has an empty alt attribute; its file name is nama-aset.png

  1. Selanjutnya melengkapi isian pada bagian informasi umum, yang terdiri dari pengisian akun terkait aset tersebut, masa manfaat, nilai sisa dan metode penyusutan yang akan digunakan.

  1. Klik icon i untuk mengisikan informasi terkait pajak, kategori aset, lokasi dsbnya.

Jika aset tetap Anda ingin dihitung penyusutannya secara pajak, maka centang informasi ‘Ya’ pada bagian Pajak dan pilih kategori aset pajak-nya. Secara default Accurate Online telah membuatkan Kategori Aset Pajak yang sesuai dengan UU Perpajakan.

  1. Dan untuk mencatat nilai asetnya klik icon RP dan disini Anda tidak bisa memilih langsung ke akun Kas/Bank atau hutang, Anda perlu memilih akun perantara untuk menampung nilai pegeluaran atas pembelian aset tetap ini. Biasanya dibuatkan akun perantara dengan tipe akun Aset Lancar lainnya dengan nama Transaksi Aset Tetap. Untuk nilai pengeluarannya, Anda bisa melakukan pencatatan dari modul lain seperti modul pembayaran, jurnal umum, dsbnya.

  1. Simpan transaksi pencatatan aset tetap tersebut dan aset tetap sudah tercatat di database Accurate Online Anda.

Pengeluaran kas/bank atas pembelian aset tetap tersebut bisa dilakukan melalui modul pembayaran, jurnal umum ataupun faktur pembelian dengan dilawankan ke akun Transaksi Aset Tetap. Sehingga jurnal yang terbentuk adalah (Dr) Transaksi Aset Tetap pada (Cr) Kas/Bank senilai harga aset tetapnya.

Lakukan proses akhir bulan setiap bulan-nya sehingga biaya penyusutan akan dihitung secara otomatis oleh Accurate Online. Penghitungan biaya penyusutan ditetapkan berdasarkan tanggal pakai dari masing-masing aset tetap.

Melakukan Proses Akhir Bulan

  1. Masuk ke menu Perusahaan | Proses Akhir Bulan

  1. Pilih periode bulan dan tahun yang akan disusutkan.

  1. Proses akhir bulan, selain menghitung Beban Penyusutan atas Aset Tetap, juga melakukan perhitungan Selisih Kurs atas akun perkiraan dengan mata uang asing, seperti kas/bank, hutang dan piutang. Silahkan masukan nilai kurs per periode tersebut untuk diperhitungkan nilai selisih kurs-nya.

  1. Untuk memproses-nya klik Save dan hasil dari transaksi proses akhir bulan ini akan dibuatkan formulir transaksi pada Jurnal Umum.
Bagi Anda yang belum menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari.
This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×