skip to Main Content
ACCURATE Authorized Partner.
Hal Kecil Yang Wajib Dilakukan Oleh Pengusaha. Meskipun Kecil, Imbalannya Besar

Hal Kecil yang Wajib Dilakukan oleh Pengusaha. Meskipun Kecil, Imbalannya Besar

Ketika menjalankan sebuah usaha, kita pasti akan focus pada hal-hal besar. Rata-rata para pengusaha mengabaikan hal-hal kecil untuk menuju tujuan besarnya. Padahal hal kecil gak berarti kecil banget loh, tapi pengaruhnya bisa besar.

Sering sekali para pengusaha pemula yang lebih sering fokus pada hal besar saja. Mereka menganggap sepele hal-hal kecil. Padahal dari hal kecil yang tidak diperhatikan bisa menjadi sebuah masalah besar dan menjadi masalah yang sulit diselesaikan jika hal kecil selalu diabaikan.

Sebagai pengusaha, Anda harus bisa fokus menyelesaikan dan menerapkan hal-hal kecil. Jadi Anda sebagai pengusaha pemula jangan hanya terfokus pada hal besar saja. Karena Anda harus lebih fokus pada hal kecil tapi pengaruhnya gak kecil buat Anda sebagai pengusaha. Baik dalam menerapkan pada bisnis maupun pada diri sendiri. Terlebih saat bertemu dengan partner bisnis. Akan menjabarkan beberapa point tentang hal kecil tapi pengaruhnya sangat besar. Terutama jika Anda adalah pebisnis

Ontime

Ketika Anda berjanji untuk melakukan pertemuan dengan calon klien, supplier, ataupun siapapun yang akan menjadi partner Anda. Maka Anda bisa mendapatkan nilai lebih baik dari sang partner tentang diri Anda ketika ontime. Ini akan menjadi kepuasan sendiri bagi partner Anda terhadap Anda.

Memang sih orang Indonesia sangat terkenal dengan orang yang tidak on time. Tetapi Anda tidak boleh melakukan hal itu. Karena itu hanya akan menjatuhkan harga diri Anda di hadapan partner bisnis. Meskipun si partner datang telat, dia akan malu dengan Anda.

Lebih Banyak Mendengar

Seseorang yang sedang mengobrol dengan Anda tentunya lebih senang untuk di dengar apa yang ia bicarakan. Sebab menjadi pendengar yang baik sangat diperlukan untuk menjaga hubungan baik dengan seseorang, termasuk kepada partner bisnis.

Tentunya ketika kita sedang mengobrol dengan partner bisnis. Usahakan untuk lebih banyak mendengarkan dibandingkan lebih banyak bicara dan membantah pernyataan lawan bicara Anda. Dengan lebih banyak mendengar, lawan bicara Anda akan menganggap Anda antusias mendengarkan pembicaraan ketika dia berbicara dengan Anda.

Tatap Mata Lawan Bicara

Saat Anda sedang bertemu dengan partner bisnis, dan si partner sedang berbicara kepada Anda. Usahakan Anda tetap menatap matanya. Apabila ketika dia berbicara dan Anda selalu melihat bola matanya serta memperhatikan bola matanya, ini menunjukan bahwa Anda tertarik dengan topik pembicaraannya.

Jangan Pernah Melupakan Nama

Ketika Anda baru pertama kali bertemu, berjumpa ataupun berhubungan dengan calon partner. Usahakan Anda tidak lupa dengan nama mereka. Dengan mengingat nama, tentunya ini akan menjadi salah satu hal yang membuat calon partner Anda merasa dipedulikan oleh Anda.

Terlebih jika Anda sudah cukup lama tidak berhubungan dengannya, namun suatu ketika kamu hubungi dia. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan kepercayaan partner bisnis terhadap Anda.

Keluarkan Kata-Kata Baik

Ketika Anda mengobrol dengan partner bisnis, Anda harus mengeluarkan kata-kata yang baik. Hindari mengeluarkan kalimat yang menjatuhkan. Karena itu hanya membuat lawan bicara menilai Anda dengan negatif.

Siapkanlah kata-kata bijak untuk Anda sampaikan kepada partner Anda. Sehingga partner Anda merasa nyaman berbicara dengan Anda. Apa bila partner Anda mengeluarkan kata-kata yang tidak mengenakan, jangan balas kalimat tersebut. Sebaiknya Anda diam saja.

Jangan Lupa Mengucapkan Kata Maaf, Tolong, Terima Kasih

Ayo budayakan tiga kata ini. Kata-kata ini sering sekali dilupakan oleh banyak orang. Termasuk bagi Anda para pengusaha. Usahakan ketiga kata-kata tersebut bisa selalu keluar. Karena kata-kata tersebut termasuk kata-kata sakti tidak akan membuat Anda tampak lebih rendah dihadapan partner.

Seperti hal mengucapkan kata ‘tolong’. Kata tersebut bukan berarti Anda merendahkan diri. Tetapi kata itu akan membuat kita menghormati orang yang ingin memberi bantuan kepada Anda. Lain lagi dengan kata ‘maaf’ merupakan salah satu kata yang paling sulit kita keluarkan dari mulut kita. Karena kata maaf akan membuat kita meruntuhkan ego kita.

Keenam hal kecil tersebut sebenarnya imbalannya tidaklah kecil terhadap diri Anda dan bisnis Anda. Bahkan keenam point tersebut sangat realistis untuk Anda lakukan. Mulailah dari hal kecil, maka hal besar akan mudah Anda lakukan. Jangan pernah mengecewakan hal-hal kecil. Jangan lupa dengan enam point di atas dalam bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top