skip to Main Content
Promo berlangganan Accurate Online dengan diskon hingga 25%

Hubungan Aplikasi POS dengan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh para pebisnis. Kenapa? karena hal tersebut akan sangat berdampak pada sukses atau tidaknya suatu bisnis. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kepuasan pelanggan adalah tolak ukur paling penting dalam menilai intensi dan juga loyalitas pelanggan. Pelanggan baru tentunya akan sangat puas bila ekspektasi produk atau layanan jasa mereka terpenuhi dengan baik. Namun, kita semua pasti sadar bahwa dewasa ini terjadi perubahan yang sangat signifikan pada bisnis, mulai dari transformasi digital, sampai penerapan berbagai sistem yang dilakukan untuk lebih memperbaiki pengalaman para pelanggan.

Salah satunya adalah penggunaan aplikasi mesin kasir digital atau software POS (point of sales). Tujuan akhirnya bukan hanya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, namun juga menciptakan basis pelanggan setia. Sehingga, bisnis bisa bertahan lebih baik dan bahkan berkembang maju. Lantas, bagaimana cara Software POS menjaga kepuasan pelanggan? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Hubungan Aplikasi POS dengan Kepuasan Pelanggan

Sebagian besar dari Anda mungkin bingung, kenapa sistem POS mampu meningkatkan kepuasan para pelanggan? Perlu Anda ketahui bahwa bisnis online diklaim mempunyai kelebihan dalam hal kemudahan berinteraksi dengan konsumen daripada bisnis offline. Terdapat banyak sekali alat yang bisa Anda gunakan untuk menjaga komunikasi Anda dengan konsumen, seperti dengan media website atau media sosial.

Namun, dikotomi ini terlihat sudah kurang sesuai. Karena, sebagian besar toko di luar jaringan pun sudah memiliki toko online nya masing-masing. Menggunakan sistem yang mampu menyederhanakan kegiatan operasional dan memperbaiki pengalaman pelanggan saat melakukan transaksi harus tetap dilakukan. Untuk itu, Anda harus lebih cermat ketika memilih provider sistem POS. Karena, sebagian besar konsumen akan melupakan gerai yang tidak mampu memberikan pengalaman menyenangkan dan memberikan kesan yang baik.

Contohnya, proses pemantauan inventaris yang menjadi sangat cepat, pun sama halnya dengan proses retur produk. Selain itu, penerimaan orderan juga tidak hanya harus dilakukan dengan cepat, namun juga harus akurat. Selain dikembangkan untuk bisa menghadirkan kecepatan dan juga kenyamanan, aplikasi POS juga mampu memberikan personalisasi pelayanan. Seperti yang kita ketahui, personalisasi adalah salah satu hal penting untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Pentingnya Menghubungkan Bisnis Offline dan Online

Dewasa ini, media sosial sudah bertransformasi sebagai marketplace. Disamping itu, berbagai perusahaan yang melakukan penjualan langsung pada pelanggan secara online terus terjadi peningkatan dalam hal bisnis. Sehingga, makin banyak bisnis yang kesulitan dalam mendapatkan konsumen yang datang langsung ke tokonya. Karena, saat ini konsumen lebih menginginkan pelayanan yang baik, seperti menginginkan kenyamanan, kemudahan dan personalisasi. Jika Anda ingin terus mengembangkan toko fisik Anda, maka Anda harus memastikan setiap konsumen bisa merasakan kemudahan dan juga kepraktisan dalam berbelanja online. Untuk itu, Anda harus menghubungkan bisnis offline Anda secara online. sehingga, para konsumen nantinya akan memperoleh pengalaman terbaik dalam melakukan interaksi dengan Anda.

Dalam hal ini, tentunya teknologi memiliki peran yang sangat penting. Itulah sebabnya Anda harus menggunakan aplikasi POS yang optimal dalam hal mengembangkan bisnis Anda. Carilah sistem POS yang sudah memiliki ekosistem digital. Sehingga, Anda akan lebih mudah dalam mengintegrasikan toko disik dengan marketplace atau layanan pesan antar makanan Anda. Dengan terintegrasinya sistem POS dan e-commerce, maka Anda bisa meminimalisir risiko kesalahan atau keterlambatan dalam pembaruan data, karena proses pemindahan data akan terjadi secara online, dan Anda tidak perlu lagi melakukannya secara manual.

Hal ini akan lebih menghemat waktu, tenaga, dan keuangan Anda. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam melakukan hal penting lainnya dalam mengembangkan bisnis. Karena pembaruan data penjualan dan juga persediaan sudah terjadi secara otomatis dengan sistem POS, maka berbagai data tersebut akan selalu diperbarui secara real time. Jadi, sudah tidak ada lagi transaksi yang harus Anda batalkan karena kehabisan stok produk. Berkat kehadiran pengoptimalan operasional bisnis ini, konsumen pun akan mempunyai pengalaman yang baik saat mereka berbelanja, baik itu secara offline ataupun online. Selain itu, kepuasan pelanggan juga akan meningkat, dan kemungkinan terciptanya basis pelanggan yang loyal pun akan semakin besar.

Kesimpulan

Pelayanan yang baik adalah salah satu hal yang mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan. Hal ini bisa Anda dapatkan dengan melakukan operasional bisnis yang lebih efektif dan efisien. Nah, salah satu caranya adalah dengan menggunakan software POS yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa menyederhanakan operasional bisnis dan memberikan layanan yang lebih bersifat personalisasi. Selain itu, Anda juga harus memilih software POS yang tepat dengan kondisi terkini, salah satu nya adalah software POS dari Accurate POS.

Accurate POS adalah software POS yang sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online. Aplikasi ini cocok digunakan untuk segala jenis bisnis, baik itu bisnis retail, F&B, atau layanan jasa. Dengan menggunakan Software Point of Sales (POS) ini, seluruh kegiatan pencatatan transaksi Anda akan jauh lebih cepat dan akurat, proses analisa hasil penjualan akan jadi lebih praktis, seluruh bentuk kesalahan yang terjadi di konter kasir bisa dihindari, dan yang lebih penting lagi pelanggan akan lebih loyal dengan adanya fitur diskon pelanggan. Accurate POS bisa Anda nikmati secara gratis untuk satu outlet per satu database hanya dengan berlangganan Accurate Online.

×