skip to Main Content
Ingin Ekspansi Bisnis? Lakukan 4 Strategi Pemasaran Produk Ke Luar Negeri

Ingin Ekspansi Bisnis? Lakukan 4 Strategi Pemasaran Produk ke Luar Negeri

Berbisnis memang gampang-gampang susah. Menjalankan roda bisnis hingga mencapai kondisi stabil baru satu pencapaian awal. Sementara, melebarkan sayap melalui pemasaran produk ke luar negeri jelas jadi tantangan tersendiri.

Strategi pemasaran produk di dalam negeri dan luar negeri tentu berbeda. Namun, Anda bisa memanfaatkan internet sebagai senjata utama. Seiring perkembangan dunia digital, website dan media sosial berperan sebagai tulang punggung pemasaran bisnis secara online. Cara ini dipandang efektif untuk memperkenalkan produk atau jasa yang Anda jalani ke pasar luar negeri.

4 Strategi Pemasaran Produk ke Luar Negeri

Lebih lanjut, Anda perlu menerapkan strategi berikut saat hendak memasarkan produk ke luar negeri.

Memastikan standar mutu produk

Strategi Pemasaran

Perlu Anda tahu, standar mutu produk pasar internasional cukup tinggi. Maka, mencari tahu standar mutu produk di negara tujuan ekspor adalah strategi pertama yang perlu dilakukan. Kalau produk belum sesuai standar dan mengantongi izin industri dari negara tujuan, tentu lebih sulit bagi Anda untuk memuluskan rencana ekspansi bisnis.

Mempelajari dan memahami aturan perdagangan luar negeri

Strategi Pemasaran

Mempelajari dan memahami aturan perdagangan luar negeri, seperti ekspor-impor, hukum perdagangan internasional, hak cipta, dan perlindungan konsumen, menjadi langkah berikut yang perlu Anda ambil. Ini modal berharga Anda untuk menggaet pasar internasional. Lakukan pula analisis rantai nilai atau value chain bisnis yang ingin Anda kembangkan, mulai dari supplier, produksi, hingga distribusi. Anda tidak ingin kan ekspansi bisnis Anda bersifat sementara saja?

Menjaga ketersediaan produk secara konsisten

Strategi Pemasaran

Begitu Anda berhasil menembus pasar ekspor, pikirkan juga bagaimana menjaga ketersediaan produk secara konsisten. Anda harus mampu memenuhi permintaan pasar domestik dan internasional, baik dari segi kualitas dan kuantitas. Atur langkah bagaimana meningkatkan kapasitas produksi secara efektif dan efisien. Plus, perhatikan pula soal manajemen stok barang agar semua produk bisa terjual dan tidak menumpuk terlalu lama.

Manfaatkan website, media sosial, dan marketplace internasional

Strategi Pemasaran

Manfaatkan website sebagai etalase online produk-produk Anda. Pasar internasional akan menaruh kepercayaan lebih pada bisnis Anda jika ada website resmi yang memajang produk. Media sosial menjadi kanal selanjutnya yang memudahkan Anda memasarkan produk sekaligus membangun engagement dengan pengguna produk. Sementara, marketplace internasional seperti Alibaba dan Amazon dapat menambah peluang Anda menggaet pasar lebih luas lagi.

 

Perkembangan teknologi yang pesat melalui internet memang menunjang strategi pemasaran produk Anda ke luar negeri. Ekspansi bisnis ke pasar internasional bukan lagi hal mustahil bagi UKM sekalipun. Namun, usahakan Anda juga tetap bisa menjaga kestabilan bisnis yang tengah berkembang dengan mengelola laporan keuangan secara optimal. Anda jelas tidak ingin bisnis jadi berantakan hanya karena manajemen keuangan yang buruk.

Menggunakan Accurate Online, software akuntansi berbasis cloud, adalah solusi tepat untuk UKM seperti bisnis Anda. Tersedia berbagai fitur yang sejalan dengan proses bisnis Anda, mulai dari pencatatan transaksi, arus kas dan buku besar, serta laporan keuangan.

Bahkan, terdapat fitur multi cabang yang memudahkan pengelolaan keuangan cabang secara real time, tanpa perlu datang langsung ke kantor cabang. Memantau kinerja perusahaan pun jauh lebih mudah dan praktis.

Sekarang Anda bisa mengikuti program gratis trial 30 hari software akuntansi online andalan lebih dari 10.000 UMKM dan perusahaan Indonesia ini. Jadi, segera manfaatkan program tersebut dan temukan kemudahan menjalankan roda bisnis Anda bersama Accurate Online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top