fbpx
skip to Main Content
Ini 5 Manfaat Pembukuan Bagi Perkembangan Usaha Kecil

Ini 5 Manfaat Pembukuan bagi Perkembangan Usaha Kecil

Mencatat arus financial adalah hal yang mutlak dilakukan setiap pebisnis. Tidak peduli sekecil apa usaha yang Anda jalankan, transaksi keuangan yang rapi akan menyelamatkan bisnis Anda dari kebangkrutan. Lantas, apa saja manfaat pembukuan bagi perkembangan UMKM di Indonesia?

  1. Menekan Cost

Manfaat Pembukuan

Umumnya kebangkrutan bisnis disebabkan oleh pengeluaran yang tidak terkontrol. Cost ini bisa berupa belanja bahan baku, biaya operasional, gaji karyawan, dan lainnya. Dengan pembukuan yang rapi, cost bisnis bisa dikendalikan sehingga kemungkinan besar pasak dari pada tiang bisa dicegah.

  1. Memonitor Kesehatan Bisnis

Monitor bisnis bisa dilakukan dengan melihat kondisi keuangannya. Jumlah modal, beban pengeluaran, catatan utang-piutang, serta pendapatan yang diterima dalam satu periode tertentu wajib di dokumentasikan dalam jurnal akuntansi.

Catatan pembukuan semacam ini akan membantu Anda memantau kinerja bisnis, apakah untung atau justru mengalami kerugian. Jika menunjukkan tanda-tanda rugi, Anda pun bisa segera mengatur strategi agar bisnis tak sampai gulung tikar.

  1. Membantu Analisis Bisnis

Manfaat Pembukuan

Manfaat pembukuan berikutnya bagi perkembangan UMKM adalah membantu pebisnis melakukan analisis usaha. Analisis yang akurat mesti didukung oleh informasi keuangan yang lengkap. Dengan begitu, keputusan yang diambil pun akan lebih tepat dan berdampak baik bagi geliat usaha yang Anda kelola.

  1. Mengecek Transaksi Masuk dan Keluar

Kunci kelanggengan bisnis adalah pencatatan transaksi masuk dan keluar secara detail. Ini berguna untuk menghindari kebocoran keuangan sehingga bisnis yang dijalankan bisa terus berlangsung tanpa kendala.

Sistem akuntansi akan mempermudah Anda dalam mengecek penjualan dan pembelian, distribusi barang, total barang masuk dan keluar, jumlah uang yang masuk dan keluar setiap harinya, dan lain-lain, sehingga control bisnis pun menjadi lebih maksimal.

  1. Mempermudah Pelaporan Pajak

Manfaat Pembukuan

Pelaporan pajak bisnisĀ  akan menjadi hal yang sulit jika keuangan perusahaan berantakan. Itulah salah satu manfaat pembukuan. Lewat catatan keuangan yang rapi dalam satu tahun terakhir, kelengkapan faktur, serta tanda terima, proses pelaporan pajak pun bisa berjalan dengan lancar.

 

Accurate Online: Solusi Pembukuan Sederhana untuk UMKM

Manfaat Pembukuan

Tenang saja, Anda tak harus menguasai akuntansi untuk bisa memiliki system pembukuan yang rapi. Sekarang ada Accurate Online. Software keuangan berbasis cloud ini akan membantu Anda mencatat segala transaksi bisnis, menyusun laporan keuangan, serta membuat laporan pajak dengan mudah dan praktis.

Jangan ragu lagi, mulai kembangkan UMKM Anda bersama Accurate Online. Ayo, coba gratis selama 30 hari!

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top