skip to Main Content
Integrasi Accurate Online Dan Moka POS, Solusi Mudah Kelola Bisnis Anda

Integrasi Accurate Online dan Moka POS, Solusi Mudah Kelola Bisnis Anda

Pencatatan setiap transaksi penjualan secara detail menjadi elemen mendasar dalam menjalankan roda bisnis Anda. Sebagai pebisnis yang mempunyai usaha seperti restoran, ritel, atau usaha lain berbasis sistem point-of-sale (POS),

Anda perlu memastikan pengelolaan keuangan terintegrasi optimal. Caranya, Anda cukup memakai teknologi terkini yang memungkinkan integrasi antara software akuntansi perusahaan dan sistem POS.

Bagi pengguna Accurate Online, sistem POS seperti Moka POS bukan hal baru. Sistem POS ini menyediakan fitur integrasi dengan software akuntansi yang memudahkan Anda mengelola bisnis. Mengapa hal ini perlu dilakukan?

Tentu Anda tahu dan paham bahwa setiap transaksi yang terjadi harus tercatat dengan rinci. Namun, memindahkan data transaksi satu per satu secara manual membutuhkan waktu tidak sebentar.

Peluang terjadinya kesalahan juga besar. Meski terkesan mudah, tetapi menyalin setiap data jelas butuh kecermatan dan ketelitian tinggi. Salah data, bisa berujung pada salah hitung, analisis, hingga laporan keuangan.

Lagipula, sudah bukan zamannya lagi Anda melakukan pembukuan secara manual di saat teknologi terus berkembang dan menawarkan berbagai kemudahan. Ada lebih banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dalam rangka pengembangan bisnis. Integrasi antara software akuntansi dan sistem POS bakal membuat waktu Anda lebih produktif.

Cukup entri data transaksi, aktifkan fitur integrasi Accurate Online dan Moka POS, maka secara otomatis data transaksi akan disinkronisasi dan diperbarui setiap hari. Ingin mengetahui bagaimana kerja kedua software ini. Mari simak ulasan berikut.

Apa itu Moka POS ?

Moka POS

Anda pemilik bisnis restoran, toko roti, ritel, salon dan barbershop, minimarket, atau layanan profesional lainnya? Tentu keberadaan kasir memainkan peranan penting dalam pencatatan transaksi bisnis Anda.

Kasir tidak hanya menghitung setiap penjualan, tetapi juga merekam secara rinci apa saja item yang terjual, data terjadinya transaksi, hingga metode pembayaran yang dipilih pembeli.

Semua data penjualan itu akan menjadi sumber data bagi pembukuan usaha Anda. Namun, mengandalkan struk dan data lain dari sistem kasir konvensional kerap menimbulkan masalah baru.

Pencatatan manual setiap transaksi dan memindahkan ke dalam sistem akuntansi yang Anda pakai justru memperbesar peluang terjadinya kesalahan atau human error. Padahal, salah input satu angka saja bisa mengubah hasil secara keseluruhan!

Seiring perkembangan teknologi, semakin banyak pula software atau aplikasi keuangan yang bisa memudahkan Anda dalam berbisnis, seperti sistem point of sale atau sering disebut sebagai kasir modern. Secara umum, aplikasi POS diterapkan pada garda terdepan transaksi sebuah usaha.

Sebagai contoh, usaha ritel modern (department store, supermarket, minimarket), restoran, dan toko atau kegiatan usaha lain yang mengutamakan penjualan tunai. Usaha tersebut biasanya mempunyai stok barang di satu gudang atau lebih.

Moka POS hadir sebagai usaha rintisan yang fokus pada penyediaan aplikasi kasir modern. Sistem POS ini sudah berbasis cloud, sehingga unggul dalam soal penyimpanan data.

Dengan cloud system, seluruh data atau file akan tersimpan aman dan mudah diakses dari mana saja. Bahkan, jika bisnis Anda mempunyai beberapa kantor cabang, Anda juga bisa langsung memantau semua transaksi yang terjadi saat itu alias real time, tanpa harus datang ke cabang tersebut.

Manfaat Menggunakan Software POS

Moka POS

Boleh jadi Anda bertanya-tanya. Mengapa harus merogoh kocek untuk membeli lisensi software kasir modern jika selama ini usaha Anda aman-aman saja dengan sistem konvensional?

Begini, tantangan terbesar bisnis zaman sekarang adalah digitalisasi. Kalau Anda membuka usaha di kota-kota besar, metode pembayaran non-tunai bukanlah hal aneh. Nyaris semua merchant menawarkan pembayaran digital dengan promo menggiurkan.

Artinya, menerima pembayaran secara tunai atau kartu kredit/debit tidak lagi cukup. Anda harus upgrade kasir ke sistem POS yang sudah menyediakan opsi pembayaran digital. Tidak hanya membuat meja kasir Anda lebih rapi, tetapi juga membuat semua proses transaksi lebih rapi dan efisien.

Di sisi lain, Anda juga dapat menikmati manfaat lebih dari penggunaan software POS. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  1. Memudahkan proses pencetakan invoice penjualan
  2. Mencatat data pelanggan secara rinci
  3. Membuat proses transaksi penjualan lebih cepat
  4. Mempermudah Anda mencari jumlah dan harga barang
  5. Menghubungkan sistem kasir dengan pemindai barcode
  6. Sinkronisasi pencatatan stok di lokasi usaha dan gudang
  7. Sebagai sumber data untuk membuat promo penjualan

Saat ini banyak software POS yang hanya berkutat pada sektor penjualan di toko atau gerai usaha saja. Sebetulnya, ini bisa dikembalikan pada bisnis apa yang Anda jalani. Setiap bisnis tentu mempunyai kebutuhan berbeda, bukan?

Jika memang usaha Anda hanya memerlukan fitur penjualan dan inventori, pemakaian software POS sebetulnya cukup. Namun, jika Anda juga membutuhkan pembukuan, pembayaran pajak, pengelolaan stok barang, hingga laporan keuangan, maka harus memilih software POS yang bisa terintegrasi dengan software akuntansi.

Kapan Perlu Mengintegrasikan Kedua Software Tersebut?

Moka POS

Sekali lagi, jawaban pertanyaan ini bergantung pada jenis bisnis yang tengah Anda jalankan. Ada baiknya Anda mengulik lagi bagaimana proses bisnis yang terjadi di perusahaan agar bisa lebih memahami software seperti apa yang sesungguhnya Anda butuhkan.

Sebagai panduan, Anda bisa membuat semacam check list berisikan pertanyaan pendek seperti tercantum di bawah ini.

  1. Apakah Anda menyimpan barang atau mempunyai stok barang di lebih dari satu gudang?
  2. Apakah terdapat transaksi yang bersifat kredit?
  3. Apakah ada memiliki tenaga penjual khusus?
  4. Apakah ada penjualan konsinyasi?
  5. Apakah Anda melakukan aktivitas pengiriman barang kepada pelanggan?
  6. Apakah Anda menggunakan kas kecil dan kas besar?
  7. Apakah Anda memberikan insentif kepada tenaga penjualan?
  8. Apakah toko Anda lebih dari satu cabang?
  9. Apakah bisnis Anda memerlukan perhitungan pajak dan sejenisnya?
  10. Apakah Anda memerlukan laporan keuangan lengkap (arus kas, jurnal, laba rugi, neraca, dst)?

Katakanlah dari sepuluh pertanyaan di atas, Anda menjawab “ya” untuk lima atau lebih pertanyaan. Jumlah jawaban tersebut mengindikasikan Anda perlu memakai software POS yang dapat terintegrasi dengan software akuntansi.

Semakin kompleks kegiatan bisnis Anda, semakin tinggi kebutuhan akan software keuangan yang mumpuni. Terlebih jika angka penjualan Anda menunjukkan peningkatan atau tren positif. Sulit rasanya kalau Anda hanya mengandalkan pembukuan manual.

Keuntungan Mengintegrasikan Accurate Online dan Moka POS

Moka POS

Pertanyaan berikutnya yang mungkin terlintas dalam benak Anda adalah apakah aplikasi POS dan software akuntansi online itu sama?

Jawabannya adalah tidak. Kedua software tersebut merupakan perangkat lunak berbeda, baik dari segi cara pengoperasian maupun manfaat yang Anda dapat setelah memakainya. Meskipun berbeda, kedua software ini justru bisa saling melengkapi satu sama lain.

Saat ini banyak software POS yang berdiri sendiri alias terpisah dengan software akuntansi. Hal ini terjadi lantaran sistem POS dalam software tersebut bekerja dengan cara berbeda alias tidak nyambung dengan sistem akuntansi lain.

Tentu memakai dua software keuangan yang berbeda “jalur” akan menyulitkan pengelolaan keuangan. Sama saja membuat Anda bekerja dua kali. Ketika software POS menghasilkan laporan penjualan, Anda harus melakukan entri data secara manual ke dalam software akuntansi.

Akibatnya, risiko kesalahan entri data juga meningkat, mulai dari salah memasukkan angka, ada data transaksi yang terlewat, hingga transaksi tidak tercatat. Padahal, laporan penjualan termasuk komponen penting dalam penyediaan laporan keuangan.

Solusi paling cerdas adalah bagaimana Anda bisa memilih software POS yang bisa terintegrasi dengan software akuntansi. Sebagai contoh, Moka POS dan Accurate Online. Lebih lanjut, berikut keuntungan yang akan Anda peroleh jika mengintegrasikan kedua software tersebut.

Cukup melakukan entri data di software POS

Setelah kedua software tersebut terintegrasi, Anda tidak perlu repot-repot mencatat setiap transaksi penjualan dua kali. Cukup lakukan entri data melalui software POS. Secara berkala Anda bisa memperbarui data penjualan itu dan langsung tercatat sebagai transaksi penjualan di software akuntansi. Lebih praktis kan?

Menghemat waktu

Mengurus pembukuan dari transaksi harian kini jauh lebih singkat. Otomatis Anda menghemat lebih banyak waktu untuk mengurus hal-hal kecil tapi mendasar ini. Waktu luang yang ada pun bisa Anda pakai guna mengembangkan bisnis. Misalnya, riset dan inovasi produk, membangun interaksi dengan pelanggan, atau menyiapkan promosi.

Sistem antarmuka yang mudah dioperasikan

Keuntungan berikutnya adalah kemudahan pengoperasian kedua software ini berkat sistem antarmuka yang user friendly. Siapa saja dapat mengoperasikan dan menguasainya dengan cepat, sehingga Anda tidak butuh waktu lama untuk melatih karyawan memakai software ini.

Informasi terbaru data transaksi dan stok barang

Berkat sinkronisasi data secara otomatis, Anda selalu bisa menarik data transaksi dan stok barang terkini. Seluruh data yang tampil dalam software Accurate Online akan sama persis dengan data yang dimasukkan melalui Moka POS alias data real time.

Seluruh data tersimpan rapi dan aman

Karena berbasis cloud system, seluruh data bisnis Anda tersimpan rapi dan aman dalam jaringan. Kapan pun dan di mana pun, Anda leluasa mengakses data-data tersebut. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan software POS dalam kondisi offline. Data yang tersimpan akan otomatis diperbarui begitu sistem jaringan terkoneksi internet kembali.

Mendapatkan laporan penjualan dan laporan keuangan sekaligus

Anda perlu menganalisis laporan penjualan dan laporan keuangan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis? Dengan mengintegrasikan kedua software ini, Anda dapat memperoleh lebih dari 200 laporan penjualan dan laporan keuangan secara instan. Kapan pun Anda memerlukannya, laporan siap ditampilkan sesuai kebutuhan.

Memudahkan perhitungan pajak secara otomatis

Sudah bukan eranya melakukan perhitungan pajak secara manual. Software akuntansi Accurate Online sudah mempunyai fitur perhitungan pajak otomatis. Beberapa jenis pajak yang bisa disajikan adalah PPN, PPh 23, PPh 15, PPh 4 ayat 2, PPh 21 dan 22, serta eFaktur dan eSPT. Anda tidak usah pusing entri data satu per satu maupun mengecek apakah format pelaporan pajak sudah sesuai ketentuan berlaku atau belum.

Setup awal mudah dan cepat dilakukan

Bagi Anda yang sudah menggunakan kedua software ini, Anda bisa melakukan setup awal secara mandiri. Proses setup juga mudah dilakukan secara cepat. Perlu Anda ingat, terdapat pengenaan biaya untuk menikmati layanan integrasi kedua software ini. Biayanya sebesar Rp30.000 per database Accurate Online atau per akun bisnis Moka POS. Penagihan akan dilakukan berbarengan dengan tagihan bulanan Accurate Online.

Langkah Integrasi Accurate Online dan Moka POS

Moka POS

Seperti sudah dijelaskan di atas, penggunaan sistem kasir terintegrasi dengan cloud accounting seperti Accurate Online memberi Anda banyak kemudahan dalam mengelola bisnis secara umum.

Secara khusus, transaksi penjualan pun bisa dilacak dan ditelusuri dalam waktu singkat karena seluruh data terekam lengkap. Dampaknya, Anda dapat mengendalikan data bisnis Anda dari mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.

Sebagai tambahan, Anda tidak usah merisaukan soal penyimpanan data. Seluruh data penjualan dan pembelian yang disimpan dalam database Accurate Online terjamin keamanannya. Begitu pula dengan informasi penting terkait stok barang dan data pelanggan.

Panduan Praktis

Apabila Anda sudah familier dengan sistem antarmuka kedua software ini, pasti tidak akan menemui kesulitan dalam mengintegrasikan keduanya. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda coba praktikkan sendiri.

  1. Buka Dashboard Accurate Online. Kemudian pilihlah kolom Penjualan, dan lanjutkan dengan memilih Faktur Penjualan.
  2. Pada opsi Daftar Faktur Penjualan, Anda bisa klik ikon gambar di pojok kiri atas, tepat di bawah tab Dashboard dan Faktur Penjualan.
  3. Kemudian, klik opsi Impor Data dan Impor Moka POS. Akhiri dengan klik Integrasi Moka.
  4. Secara otomatis sistem akan membawa Anda terhubung dengan halaman login Moka POS. Lanjutkan dengan login seperti biasa, yaitu isi username dan password akun Moka.
  5. Setelah proses login berhasil, akan muncul notifikasi yang mewajibkan Anda melakukan proses impor. Lalu, klik opsi “Saya Mengerti.”
  6. Usai melewati tahapan tersebut, Anda sudah dapat mengimpor data di akun Moka Anda dan memindahkannya ke akun Accurate Online. Lakukan dengan cara yang sama seperti nomor 3, klik Impor Data dan lanjutnya dengan opsi Impor Moka POS.
  7. Lanjut dengan menentukan periode waktu sinkronisasi data yang Anda inginkan. Baru klik Mulai Impor dan Anda tinggal duduk santai sambil menunggu seluruh proses sinkronisasi data selesai dilakukan.
  8. Apabila impor data telah usai, Anda akan memperoleh notifikasi bahwa proses impor data selesai dilakukan.
  9. Untuk selanjutnya, Accurate Online akan melakukan impor data atas transaksi di software POS secara otomatis setiap jam. Klik “Saya Mengerti” jika Anda menyetujui hal ini.
  10. Setelah langkah di atas, berarti Anda sudah menyelesaikan proses integrasi Accurate Online dan Moka POS.

Memastikan Proses Integrasi Sudah Berhasil

Moka POS

Anda ingin memastikan seluruh data yang dibutuhkan sudah diimpor dengan benar dan proses integrasi keduanya sudah berhasil? Lakukan beberapa langkah berikut untuk mengeceknya.

  1. Cocokkan detail barang pada kedua Klik menu Persediaan dan pilih Barang & Jasa.
  2. Pilih ikon Daftar Persediaan untuk mengeceknya.

Apabila daftar barang yang ada pada kedua akun itu sama, lengkap hingga detail harga, jumlah, dan transaksi yang sudah terjadi, maka proses integrasi sudah sukses dilakukan.

 

Demikian penjelasan bagaimana integrasi Accurate Online dan Moka POS adalah solusi mudah kelola bisnis Anda. Menggunakan software kasir modern dan akuntansi menjadi syarat utama dalam pengembangan bisnis masa kini.

Anda pun dapat menciptakan alur bisnis yang efektif dan efisien dalam manajemen keuangan lewat pengintegrasian kedua software ini. Belum mencobanya? Segera ikuti program gratis trial 30 hari Accurate Online untuk menikmati lebih banyak keuntungan dan kemudahan mengelola transaksi penjualan, pencatatan, hingga laporan keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top