fbpx
skip to Main Content
Ketahui 5 Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal

Ketahui 5 Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal

Pengertian Struktur Modal

Apa itu struktur modal? Pengertiannya adalah perbandingan atau perimbangan Antara modal asing dengan modal sendiri. Yang dimaksud dengan modal asing adalah utang jangka panjang dan jangka pendek. Sementara modal sendiri merupakan laba ditahan dan penyertaan kepemilikan perusahaan.

Hal ini sangat penting dalam suatu perusahaan, yaitu untuk bisa mengoptimalkan risiko dan pengembalian agar seimbang dan harga saham menjadi maksimal. Untuk penetapan struktur modal ini, perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa variabel penting yang mempengaruhinya.

Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal

Hal ini merupakan masalah yang cukup penting, khususnya bagi perusahaan. Faktor ini disebabkan adanya efek langsung terhadap posisi finansial dari perusahaan terkait. Khususnya, jika ada utang yang jumlahnya sangat besar, yang memberikan beban pada perusahaan.

Struktur modal dibuat untuk memadukan beberapa sumber dana yang permanen, yang digunakan untuk operasional perusahaan yang bisa meningkatkan nilai dari perusahaan itu sendiri. Lalu faktor apa saja yang mempengaruhi struktur modal, berikut adalah ulasannya:

Struktur Aktiva

Faktor yang pertama adalah tangibility atau struktur aktiva, dimana pada perusahaan industri sebagian besar modalnya akan tertanam di aktiva tetap, sehingga pemenuhan modal adalah dari modal sendiri.Adapun utang yang dimiliki, hanya sebagai pelengkap. Pemenuhan kebutuhan dana akan dipenuhi dengan utang.

Growth Opportunity

Growth opportunity yang dimaksud adalah penggabungan hubungan negative dengan leverage, yang mana jika leverage di suatu perusahaan tinggi, maka kesempatan untuk investasi akan baik dan menguntungkan. Hal ini juga dapat mempengaruhi struktur pada permodalan perusahaan.

Profitabilitas

Suatu perusahaan dengan profitabilitas tinggi, akan memiliki dana internal yang juga lebih banyak. Perusahaan yang tingkat pengembalianya tinggi, akan berinvestasi dengan utang yang kecil. Dengan begitu, pembiayaan kebutuhan pendanaan adalah dengan dana internal. Maka dari itu, hal ini berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan.

Ukuran Perusahaan

Perusahaan yang besar, akan melakukan diversifikasi usaha yang lebih banyak, maka kemungkinan gagal dalam menjalankanya usahanya atau bangkrut itu akan lebih kecil. Perusahaan besar bisa saja mengalami bangkrut, namun bagaimanapun perusahaan besar dianggap mampu untuk menghadapi krisis.

Risiko Bisnis

hal lain yang juga mempengaruhi struktur modal perusahaan adalah faktor risiko bisnis, dimana dengan adanya risiko bisnis ini akan mempersulit perusahaan dalam pendanaan eksternal. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada leverage dari perusahaan terkait.

Kesimpulan

Struktur modal merupakan salah satu hal yang penting dalam transaksi akuntansi perusahaan atau bisnis Anda. Jika hal ini tepat, maka Anda dapat lebih mudah dalam mengembangkan perusahaan dan merencanakan keuangan kedepannya. Selain itu, adanya struktur permodalan juga dapat membantu Anda memonitor kesehatan keuangan secara langsung, masuk dan keluarnya keuangan dalam bisnis dan perusahaan Anda.

Untuk lebih memudahkan dalam pemantauan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi terpercaya. Contohnya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah mendapatkan top brand award selama 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2016. Dengan fitur terlengkap dan mudah digunakan, Accurate Online menjadi pilihan banyak bisnis di Indonesia, mulai dari UKM sampai perusahaan multinasional.

Anda bisa mencoba segala fitur Accurate Online gratis selama 30 hari melalui link ini.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top